Meningkatkan Prestasi Belajar Agama Hindu Melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatatif Tipe TGT (Team Game Turnament)
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v2i1.15332Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di Kelas IX-13 SMP Negeri 2 Singaraja pada smester ganjil tahun pelajaran 2016/2017, dengan tujuan adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Hindu siswa kelas IX-13 SMP Negeri 2 Singaraja pada semester ganjil Tahun pelajaran 2016/2017 melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Type Team Game Turnament (TGT). Metode pengumpulan datanya melalui tes prestasi belajar, yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Data disajikan dalam bentuk rata-rata prestasi belajar dan prosesntase ketuntasan belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan data awalnya rata-rata hasil belajar siswa hanya 72,58 dengan siswa yang tuntas sebanyak 44,22 %. Pada siklus I setelah dilaksanakan implementasi strategi pembelajaran kooperatif tipe TGT ternyata terjadi kenaikan prestasi belajar yang ditandai dengan rata-rata 78,24 ketuntasan belajar 75,00 %. Dan Setelah memperbaiki kekurangan-kekurangan yang masih terjadi pada siklus I, maka pada siklus II memperoleh data prestasi belajar meningkat menjadi rata-rata 79,06 ketuntasan belajar 86,11 %. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah Implementasi Strategi Pembelajaran Kooperatif Type Team Game Turnamen (TGT) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada kelas IX-13 smester ganjil tahun pelajaran 2016/2017Downloads
Published
2018-07-29
How to Cite
Watis, N. N. (2018). Meningkatkan Prestasi Belajar Agama Hindu Melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatatif Tipe TGT (Team Game Turnament). Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.23887/jppp.v2i1.15332
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)