Pemaknaan Bank Sampah Galang Panji sebagai Media Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v2i1.15333Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: (a) hal-hal yang melatarbelakangi Bank Sampah Galang Panji dilihat dari perspektif ilmu-ilmu sosial, (b) sistem pengelolaan Bank Sampah Galang Panji, dan (c) pengimplementasian Bank Sampah Galang Panji sebagai media pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 4 Singaraja. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Lokasi penelitian adalah Desa Panji, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali. Adapun informan kunci penelitian ini adalah: pendiri dan sekaligus Manager Bank Sampah Galang Panji, tokoh masyarakat Panji, nasabah bank sampah, guru dan siswa SMPN 4 Singaraja. Dalam penelitian ini sampel penelitian ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling. Pada kegiatan wawancara dalam rangka pengumpulan data, informan kunci diperluas dengan teknik snowball. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, kuesioner, dan studi dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif dengan mengikuti beberapa tahapan seperti reduksi data, menyajikan, menafsirkan, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) secara historis cikal bakal berdirinya Bank Sampah Galang Panji berasal dari dua orang pemuda Dusun Kelod Kauh, Desa Panji yang bergabung dalam Pemuda Peduli Lingkungan Bali (PPLB) dan melalui perjuangan yang gigih akhirnya pada bulan Oktober 2014 Bank Sampah yang diberi nama Bank Sampah Galang Panji berdiri secara resmi, (2) Bank Sampah Galang Panji dikelola oleh pengurus yang ditetapkan dengan Surat Keputusan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Buleleng dan didukung oleh Surat Keputusan Perbekel Desa Panji; yang mana pengelolaan Bank Sampah Galang Panji dilakukan secara sederhana karena tidak memiliki deskripsi tugas, dewan pengawas, serta anggaran dasar dan anggaran rumah tangga, dan (3) pengimplementasian Bank Sampah Galang Panji sebagai media pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS di SMPN 4 Singaraja dilakukan secara terintegrasi, terdapat enam strategi yang dapat dilakukan untuk pengimplemenntasian bank sampah sebagai media pendidikan karakter.Downloads
Published
2018-07-29
How to Cite
Agustini, T. (2018). Pemaknaan Bank Sampah Galang Panji sebagai Media Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.23887/jppp.v2i1.15333
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)