Korelasi antara Sikap Ilmiah dalam Belajar dengan Kompetensi Inti Pengetahuan IPA

Authors

  • Putu Suryantini

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v2i1.15338

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi yang signifikan antara sikap ilmiah dalam belajar dengan kompetensi inti pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus Kapten Kompyang Sujana Denpasar Barat Tahun Pelajaran 2017/2018.Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan korelasi yang bersifat asimetris.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Gugus Kapten Kompyang Sujana, Denpasar Barat Tahun Pelajaran yang berjumlah 637 orang. Penentuan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling dengan taraf signifikansi 5% dan diperoleh banyak sampel dari populasi adalah 227 orang. Data kompetensi inti pengetahuan IPA diperoleh dari pencatatan dokumen dan sikap ilmiah dalam belajar diperoleh dengan menggunakan kuesioner. Sebagai uji persyarat adalah uji normalitas sebaran data.Selanjutnya data dianalisis dengan korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis maka r_(xy hitung) diperoleh sebesar 0,202 dan untuk n = 227 pada taraf signifikansi 5%, maka diperoleh r_(xy tabel) sebesar 0,138 sebagai pembanding. Karena r_(xy hitung)>r_(xy tabel) = 0,202 > 0,138 maka dapat diartikan bahwa H_0 yang berbunyi tidak terdapat korelasi yang signifikan antara sikap ilmiah dalam belajar dengan kompetensi inti pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus Kapten Kompyang Sujana Denpasar Barat Tahun Pelajaran 2017/2018 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara sikap ilmiah dalam belajar dengan kompetensi inti pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus Kapten Kompyang Sujana Denpasar Barat Tahun Pelajaran 2017/2018, dengan arah korelasi positif, artinya semakin tinggi sikap ilmiah siswa dalam belajar maka semakin tinggi pula kompetensi inti pengetahuan IPA yang diperoleh siswa.

Downloads

Published

2018-07-29

How to Cite

Suryantini, P. (2018). Korelasi antara Sikap Ilmiah dalam Belajar dengan Kompetensi Inti Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.23887/jppp.v2i1.15338

Issue

Section

Articles