Korelasi antara Sikap Ilmiah dalam Belajar dengan Kompetensi Inti Pengetahuan IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v2i1.15338Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi yang signifikan antara sikap ilmiah dalam belajar dengan kompetensi inti pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus Kapten Kompyang Sujana Denpasar Barat Tahun Pelajaran 2017/2018.Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan korelasi yang bersifat asimetris.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Gugus Kapten Kompyang Sujana, Denpasar Barat Tahun Pelajaran yang berjumlah 637 orang. Penentuan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling dengan taraf signifikansi 5% dan diperoleh banyak sampel dari populasi adalah 227 orang. Data kompetensi inti pengetahuan IPA diperoleh dari pencatatan dokumen dan sikap ilmiah dalam belajar diperoleh dengan menggunakan kuesioner. Sebagai uji persyarat adalah uji normalitas sebaran data.Selanjutnya data dianalisis dengan korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis maka r_(xy hitung) diperoleh sebesar 0,202 dan untuk n = 227 pada taraf signifikansi 5%, maka diperoleh r_(xy tabel) sebesar 0,138 sebagai pembanding. Karena r_(xy hitung)>r_(xy tabel) = 0,202 > 0,138 maka dapat diartikan bahwa H_0 yang berbunyi tidak terdapat korelasi yang signifikan antara sikap ilmiah dalam belajar dengan kompetensi inti pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus Kapten Kompyang Sujana Denpasar Barat Tahun Pelajaran 2017/2018 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara sikap ilmiah dalam belajar dengan kompetensi inti pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus Kapten Kompyang Sujana Denpasar Barat Tahun Pelajaran 2017/2018, dengan arah korelasi positif, artinya semakin tinggi sikap ilmiah siswa dalam belajar maka semakin tinggi pula kompetensi inti pengetahuan IPA yang diperoleh siswa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)