Pengaruh Model Pembelajaran Pair Check Berbasis Penilaian Kinerja terhadap Kompetensi Pengetahuan PKn

Authors

  • Arni Rahayuni

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v2i1.15339

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Pair Check berbasis penilaian kinerja terhadap kompetensi pengetahuan PKn siswa kelas IV SDN Gugus Pattimura Denpasar Selatan tahun pelajaran 2017/2018. Desain penelitian ini adalah Penelitian Eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Gugus Pattimura Denpasar Selatan yang berjumlah 301 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Sampel yang didapatkan disetarakan terlebih dahulu menggunakan teknik matching. Penentuan kelompok eksperimen dan  kelompok kontrol dilakukan dengan cara mengundi sehingga diperoleh siswa kelas IV SDN 1 Sesetan dengan jumlah 30 siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IV SDN 18 Sesetan dengan jumlah 30 siswa sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dalam bentuk tes objektif pilihan ganda biasa yang berjumlah 31 butir tes yang telah di validasi. Data kompetensi pengetahuan PKn  dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil analisis data diperoleh thitung = 3,870 sedangkan pada taraf signifikansi 5% dan dk = 58 diperoleh nilai ttabel = 2,000 sehingga thitung =  3,870 > ttabel = 2,000. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Pair Check berbasis penilaian kinerja terhadap terhadap kompetensi pengetahuan PKn siswa kelas IV SDN Gugus Pattimura Denpasar Selatan tahun pelajaran 2017/2018.

Downloads

Published

2018-07-29

How to Cite

Rahayuni, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Pair Check Berbasis Penilaian Kinerja terhadap Kompetensi Pengetahuan PKn. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.23887/jppp.v2i1.15339

Issue

Section

Articles