Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Struktural Numbered Heads Together (NHT) Menggunakan Model Four-D Materi Statistika
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.18156Abstract
Matematika sangat berperanan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu alasan rendahnya hasil belajar matematika siswa adalah pembelajaran masih berpusat pada guru. Hal ini berakibat peserta didik tidak aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa adalah model pembelajaran kooperatif adalah Numbered Heads Together (NHT). Numbered Heads Together (NHT). Model pembelajaran kooperatif NHT belum pernah diterapkan di SMK Negeri 1 Dlanggu, sehingga sejauh ini perangkat pembelajaran untuk materi statistika dengan menggunakan pembelajaran kooperatif NHT belum tersedia. Oleh karena itu perlu dikembangkan perangkat pembelajaran untuk materi statistika dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yaitu mengembangkan perangkat pembelajaran dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Adapun perangkat yang dikembangkan adalah 1) RPP, 2) LAS beserta alternatif kunci jawaban, dan 4) THB beserta alternatif kunci jawaban. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Proses pengembangan perangkat pembelajaran kooperatif dengan pendekatan structural Numbered Heads Together (NHT) materi statistika di kelas XI RPL 2 SMK Negeri 1 Dlanggu dilakukan dengan mengacu pada pengembangan model 4-D yang dimodifikasi, 2) Hambatan-hambatan yang dihadapi dalam proses pengembangan perangkat pembelajaran kooperatif dengan pendekatan structural Numbered Heads Together (NHT) materi statistika adalah belum tersedianya Lembar Aktivitas Siswa (LAS) yang dapat mengaktifkan siswa dalam kegiatan pembelajaran, kurangnya guru mengeksplore media pembelajaran yang dapat digunakan siswa memahami materi statistika serta penyajian materi oleh guru biasanya teridir dari a) definisi (pengertian konsep), b) contoh soal dan latihan soal sehingga siswa cenderung pasif dalam pembelajaran, 3) perangkat pembelajaran yang dikembangkan berkualitas baik dengan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.Downloads
Published
2019-07-05
How to Cite
Eka Yuliafarini, F. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Struktural Numbered Heads Together (NHT) Menggunakan Model Four-D Materi Statistika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(3), 149–158. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.18156
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)