Pengembangan Media Katela untuk Operasi Hitung Perkalian Pada Siswa 2 Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.29741Keywords:
media, perkalian, matematika, siswa kelas rendahAbstract
. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kelayakan media pembelajaran perkalian yakni media katela untuk operasi hitung perkalian kelas II SD di kecamatan Sulang. Metode penelitian ini mengacu pada teori Borg dan Gall, dengan menggunakan tujuh langkah pelaksanaan penelitian yakni pengumpulan informasi, perencanaan penelitian, mengembangkan produk awal, pengujian lapangan, revisi, validasi, perbaikan akhir. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan angket. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan kualitatif meliputi observasi pembelajaran dan validasi produk bahan ajar. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas II dan guru kelas II di kecamatan Sulang. Kelayakan produk dilihat dari hasil validasi ahli media, ahli materi serta ahli video animasi. Dari proses validasi ahli media diperoleh hasil rata-rata 3,6 dengan prosentase 90% dan kategori sangat baik. Validasi ahli materi memperoleh hasil 77% dengan rata-rata 3,09 dan kategori baik. Validasi ahli video animasi memperoleh hasil rata-rata 3,6 dengan prosentase 90% dan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil validasi maka media katela untuk operasi hitung perkalian dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaranReferences
Almanshur, & Ghony,Djunaidi.2012.Metode Penelitian Kualitatif.Jogjakarta:Ar-Ruzz Media
Almira,A.2014.Pembelajaran Matematika SD dengan Menggunakan Media Manipulatif.Forum Pedagogik 6 (01)
Arikunto, S.2010.Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik.Jakarta:Rineka Cipta
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Burhanuddin,dkk.2010.Teori Belajar dan Pembelajaran .Jogjakarta:Ar-Ruzz Media
Dimyati&Mudjiono.2002.Belajar dan Pembelajaran.Jakarta:Rieneka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri.2002.Rahasia Sukses Belajar.Jakarta:Rineka Cipta.
Hamalik,Oemar.2011 Kurikulum dan Pembelajaran.Jakarta: Bumi Aksara
Hanin,Fanida Purwanto.2014.Pengembangan Strategi Hitung dengan Struktur dan Pola Bilangan pada Siswa Sekolah Dasar.
Hardini,I&Puspitasari,D.2012.Strategi PembelajaranTerpadu.Yogyakarta:Familia
Heruman.2008.Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar.Bandung:PT Remaja Rosdakarya
Maulana, dkk.2015.Ragam ModelPembelajaran Di Sekolah Dasar.Sumedang: UPI Sumedang Press
Muchlas,Samani.2007.Pendidikan Bermkna:Integrasi Life Skill-KBK-CTL-MBS.Surabaya:SIC
Muhsetyo, Gatot. 2012. Pembelajaran Matematika SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Pribadi, Benny Agus.2009.Model Desain Sistem Pembelajaran.Jakarta:Dian Rakyat.
Sadiman,Arief S, dkk.2014.Media Pendidikan :Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya.Jakarta:Rajawali Pers.
Sardiman, A.M.2011.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta:Rajawali Pers.
Soesilowindradini.2019. Psikologi Perkembangan (Masa Remaja).Surabaya:Usaha Nasional
Sri Anitah,dkk. 2008.Strategi Pembelajaran di SD.Jakarta:Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Slavin,Robert E.(2005).Cooperative Learning.London:Allymand Bacon
Sudjana.2005.Metode Statistika.Bandung:Tarsito
Sugiyono.2015.Metode Penelitian & Pengembangan.Bandung:Alfabeta.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Dilengkapi dengan Metode R& D. Bnadung: Alfabeta.
Sumiati & Asra.2009.Metode Pembelajaran.Bandung: Wacana Prima.
Sundayana, Rostina. 2014. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika.Bandung: Alfabeta.
Supandi.1992.Strategi Belajar Mengajar Penjaskes.Jakarta:Depdikbud Dirjen Dikti Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
Sagala, Syaiful.2011.Konsep Dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar Dan Mengajar.Bandung: Alfabeta.
SahajaIrwan.2014.PengertianPembelajaranMatematika.https://irwansahaja.blogspot.com/2014/06/pengertian -pembelajaran-matematika.html.Diunduh 3 Maret 2020.
Vula Eda.2011.Collaborative Action Research: Teaching of Multipolication and Division in the Second Grade.https://files.eric.ed.gov. Diunduh 5 Januari 2020.
McGuire WD.2017.Teaching multiplication facts during physical education:the effects on third-grade student academic development and on teacher perception.commons.lib.niu.edu/handle/10843/21074.Diunduh 9 Mei 2020
Sriyanti, Mustafa .dkk.2018. The Use of DakonmatikaMedia Game As Efforts to Increase Mathematics Learning Result of the fourth Grade Student at SD Negeri 61 Parepare.https://www.atlantis-press.com/proceedings/incomed-17/25893802.vol.160. Diunduh 9 Mei 2020
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)