Potret Penguasaan Aspek Mekanis Bahasa Indonesia Baku Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.41487Keywords:
keterampilan berbahasa, pendidikan dasarAbstract
Bahasa Indonesia merupakan Bahasa yang menghubungkan antarsesama penutur berbagai dialek, sehingga harus dikuasai dengan baik oleh masyarakat. Hanya saja kenyataan dilapangan menunjukkan bahwa tidak semua mahasiswa mampu berbahasa yang baik dan baku. Sehingga tujuan dari penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan penguasaan aspek mekanis bahasa Indonesia mahasiswa di tahun pertama dalam analisis kalimat efektif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskripitif, dengan subjek penelitian yakni 20 orang mahasiswa. Pengumpulan data pada penelitian dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan penyebaran angket. Dengan instrument berupa angket penguasaan aspek mekanis Bahasa Indonesia baku mahasiswa. Data yang diperoleh pada penelitian dianalisis secara induktif yaitu peneliti menganalisis data berdasarkan fokus kajian penelitian yang meliputi aspek fonologis, morfologis dan sintaksis yang kemudian digambarkan secara umum tentang penguasaan aspek mekanis bahasa Indonesia baku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 70% penguasaan fonologis mahasiswa tinggi, 20% sedang, dan 10% rendah; 20% mahasiswa mampu menguasai morfologis pada reduplikasi dari bentuk dasar; dan 20% mahasiswa mampu menguasai sintaksis. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa penguasaan Bahasa Indonesia baku mahasiswa masih tergolong rendah dan masih membutuhkan pembinaan.
References
Achsan, F. (2021). Analisis Kesalahan Kontruksi Sintaksis dalam Karangan Narasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Wiradesa Tahun Ajaran 2018/2019. Konferensi Ilmiah Pendidikan, 737–742. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip/article/view/804.
Amilia, F. (2018). Pemahaman dan Habituasi untuk Membangun Kompetensi Menulis Praktis dan Ilmiah. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(1). https://doi.org/10.30651/lf.v2i1.1401. DOI: https://doi.org/10.30651/lf.v2i1.1401
Andhika, M. R. (2021). Peran Orang Tua Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 73. https://doi.org/10.47498/tadib.v13i01.466. DOI: https://doi.org/10.47498/tadib.v13i01.466
Asdiqoh, S. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) IAIN Salatiga. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 18–37. https://doi.org/10.46963/mash.v2i1.23. DOI: https://doi.org/10.46963/mash.v2i1.23
Badelah, B., Mahsun, M., & Burhanuddin, B. (2019). Tindak Tutur Kesantunan Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Sakra: Tinjauan Pragmatik. LINGUA : Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 16(2), 219–234. https://doi.org/10.30957/lingua.v16i2.604. DOI: https://doi.org/10.30957/lingua.v16i2.604
Desrochers, A., Manolitsis, G., Gaudreau, P., & Georgiou, G. (2018). Early Contribution of Morphological Awareness to Literacy Skills Across Languages Varying in Orthographic Consistency. Reading and Writing, 31(8), 1695–1719. https://doi.org/10.1007/s11145-017-9772-y. DOI: https://doi.org/10.1007/s11145-017-9772-y
Fransiska, M., & Listyarini, I. (2017). Analisis Kemampuan Penggunaan Ejaan dalam Karangan Narasi Siswa Kelas V SDN Tlogosari Kulon 05 Semarang. Lingua, 13(1), 68–76. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/lingua/article/view/8759.
Gusnayeti. (2020). Pentingnya Penggunaan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Ensiklopedia of Journal, 2(3), 15–22. https://doi.org/10.33559/eoj.v2i3.460. DOI: https://doi.org/10.33559/esr.v3i2.803
Hafrison, M., Sari, I. P., & Ratna, E. (2020). Kontribusi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Deskripsi Terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Padang. Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(3), 182. https://doi.org/10.24036/107514-019883. DOI: https://doi.org/10.24036/107514-019883
Heriyudananta, M. (2021). Analisis Kompetensi Menulis Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa di Indonesia. Ascarya: Journal of Islamic Science, Culture, and Social Studies, 1(1), 47–55. https://doi.org/10.53754/iscs.v1i1.5. DOI: https://doi.org/10.53754/iscs.v1i1.5
Humaira, H. W., & Firdaus, A. (2021). Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia pada Makalah Mahasiswa. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(3), 35–48. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/lgrm/article/view/5098/2761. DOI: https://doi.org/10.31000/lgrm.v10i3.5098
Irwandi. (2019). Kemampuan Penguasaan Bahasa Indonesia Mahasiswa Prodi Pgmi Iain Lhoksemawe. Jurnal Pendidikan Pionir, 8(1), 5–24. https://doi.org/10.22373/pjp.v8i1.4584.
Jumaiyah, A., Kurniaman, O., & Antosa, Z. (2020). Analisis Penggunaan Ejaan dalam Menulis Karangan Narasi pada Siswa Kelas V Sd Negeri 136 Pekanbaru. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 54–67. https://psn.prosiding.unri.ac.id/index.php/PSN/article/view/7884.
Kamhar, M. Y., & Lestari, E. (2019). Pemanfaat Sosial Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia DI Perguruan Tinggi. Inteligensi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.33366/ilg.v1i2.1356. DOI: https://doi.org/10.33366/ilg.v1i2.1356
Kang, Y. (2021). Does the Simple View of Reading Explain Korean Elementary EFL Learners’ Reading Comprehension? English Teaching, 76(1), 57–78. https://doi.org/10.15858/engtea.76.1.202103.57. DOI: https://doi.org/10.15858/engtea.76.1.202103.57
Kurniawan, R., Yanti, N., & Suhartono, S. (2018). Penguasaan Materi Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 2(1), 72–82. https://doi.org/10.33369/jik.v2i1.5559. DOI: https://doi.org/10.33369/jik.v2i1.5559
Listiani, F. D. (2020). Faktor Penyebab Kesulitan Menulis Fabel Dan Model Pembelajaran Yang Diharapkan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Universitas Sanata Dharma. Kredo : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 4(1), 112–128. https://doi.org/10.24176/kredo.v4i1.4883. DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v4i1.4883
Logvinenko, T., Cheek, C., Khalaf, S., Prikhoda, N., Zhukova, M. A., & Grigorenko, E. L. (2021). Individual Differences in Word-Level Skills and Paragraph Reading Comprehension in a (Semi-) Transparent Orthography. Learning Disability Quarterly, 44(3), 210–224. https://doi.org/10.1177/0731948720963664. DOI: https://doi.org/10.1177/0731948720963664
Low, E. L. (2021). EIL Pronunciation Research and Practice: Issues, Challenges, and Future Directions. RELC Journal, 52(1), 22–34. https://doi.org/10.1177/0033688220987318. DOI: https://doi.org/10.1177/0033688220987318
Meaux, A. B., Wolter, J. A., & Collins, G. G. (2020). Forum: Morphological Awareness as a Key Factor in Language Literacy Success for Academic Achievement. Language, Speech, and Hearing Services in Schools, 51(3), 509–513. https://doi.org/10.1044/2020_LSHSS-20-00064. DOI: https://doi.org/10.1044/2020_LSHSS-20-00064
Mudopar, M. (2018). Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak Usia Dini (Kajian Psikolinguistik: Pemerolehan Fonologi pada Anak Usia 2 Tahun). Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 56. https://doi.org/10.33603/deiksis.v5i1.996. DOI: https://doi.org/10.33603/deiksis.v5i1.996
Muharudin, E., Badarudin, & Eko Sri Israhayu. (2022). Kesantunan Berbahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Daring (Online) Di Masa Pandemi Covid-19. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 230–243. https://doi.org/10.31943/bi.v7i1.210. DOI: https://doi.org/10.31943/bi.v7i1.210
Nastiti, A., & Yuliarti, Y. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Makalah Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Semarang. ALFABETA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.33503/alfabeta.v3i2.1083. DOI: https://doi.org/10.33503/alfabeta.v3i2.1083
Nita, O. (2020). Penguasaan Morfologi dalam Menulis Artikel Populer. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran), 3(2), 298–307. https://doi.org/10.31539/kibasp.v3i2.1100. DOI: https://doi.org/10.31539/kibasp.v3i2.1100
Norman, M. N. (2021). Kesantunan Imperatif Dan Strategi Bertutur Guru-Siswa. Sertaimplikasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 3(1), 92–100. https://doi.org/10.34012/bip.v3i1.1576. DOI: https://doi.org/10.34012/bip.v3i1.1576
Palupi, B. S., Subiyantoro, S., & Rukayah. (2019). A Portrait About Writing Explanatory Skills of Fifth-Grade Elementary School. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(7), 733–738. https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i7.1706. DOI: https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i7.1706
Pramudibyanto, H., Wijaya, G. H., Widyasari, & Safari, N. K. (2016). Bahasa Indonesia Tatabahasa dan Komposisi. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Qi, Z., Sanchez Araujo, Y., Georgan, W. C., Gabrieli, J. D. E., & Arciuli, J. (2019). Hearing Matters More Than Seeing: A Cross-Modality Study of Statistical Learning and Reading Ability. Scientific Studies of Reading, 23(1), 101–115. https://doi.org/10.1080/10888438.2018.1485680. DOI: https://doi.org/10.1080/10888438.2018.1485680
Rini, W. P., & Sahar, S. (2018). Pemahaman Penggunaan Ejaan terhadap Kemampuan Menulis Karangan Siswa Sekolah Dasar. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 3(1), 81–86. https://doi.org/10.21154/ibriez.v3i1.46.
Riwu, L., & Janjaan, B. J. (2017). Penyimpangan Kaidah Ejaan Bahasa Indonesia dalam Karangan Deskripsi Siswa Kelas XI IPS 1 SMA YPPK Yoanes XXIII Merauke. Jurnal Magistra, 4(2), 114–122. https://doi.org/10.35724/magistra.v4i2.701.
Sahari, S., & Rini, W. P. (2018). Pemahaman Penggunaan Ejaan Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Siswa Sekolah Dasar. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 3(1), 81–86. https://doi.org/10.21154/ibriez.v3i1.46. DOI: https://doi.org/10.21154/ibriez.v3i1.46
Santoso. (2020). Hubungan Penguasaan Sintaksis dan Penalaraan dengan Kemampuan Menulis Paragraf Eksposisi (Penelitian Korelasi di STKIP Kusuma Negara Jakarta). Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(3), 137. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v5i3.984 DOI: https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v5i3.984
Selfiati, F., Lian, B., & Wardarita, R. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru SMP Se-Kecamatan Sako Palembang. Jurnal Pendidikan, 9(1). https://doi.org/https://doi.org/10.36232/pendidikan.v9i1.604 DOI: https://doi.org/10.51878/manajerial.v1i2.572
Sibawae. (2017). Peningkatan Kemampuan Penggunaan Ejaan dan Tanda Baca dalam Menulis Teks Laporan Observasi dengan Metode Jigsaw. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 1(1), 15–20. http://dx.doi.org/10.23887/jppp.v1i1.12616 DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v1i1.12616
Slamet, S. Y. (2017). Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah dan Kelas Tinggi Sekolah Dasar. UNS Press.
Sukirman, S. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2), 72–81. https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/42/38
Susetyo, S., Basuki, R., & Noermanzah, N. (2020). Peningkatan Profesionalisme Guru Bahasa Indonesia di Kabupaten Musirawas Sumatera Selatan Melalui Pelatihan Menulis Artikel Jurnal Ilmiah. ABDI: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 28–34. https://doi.org/10.24036/abdi.v2i1.35 DOI: https://doi.org/10.24036/abdi.v2i1.35
Tussolekha, R. (2019). Kesalahan Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia pada Makalah Karya Mahasiswa. AKSARA Jurnal Bahasa Dan Sastra, 20(1), 35–43. https://doi.org/10.31943/bi.v5i1.58 DOI: https://doi.org/10.23960/aksara/v20i1.pp35-43
Vebryanti, V., & Syah, E. F. (2021). Tindak Tutur Pada Penggunaan Aplikasi Zoom Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Hikari Tangerang Selatan. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(4), 306. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v2i4.101 DOI: https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v2i4.101
Wicaksa, A. (2019). Pelatihan penulisan ilmiah sebagai upaya peningkatan keterampilan menulis ilmiah. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 1(1), 8. https://doi.org/10.30872/plakat.v1i1.2690 DOI: https://doi.org/10.30872/plakat.v1i1.2690
Wijayanti, L. M. (2021). Penguasaan Fonologi dalam Pemerolehan Bahasa : Studi Kasus Anak Usia 1 . 5. Absorbent Mind: Journal of Psychology and Child Development Avaliable, 1(1), 12–24. https://doi.org/10.37680/absorbent_mind.v1i1.783 DOI: https://doi.org/10.37680/absorbent_mind.v1i1.783
Wu, C.-Y., Vissiennon, K., Friederici, A. D., & Brauer, J. (2016). Preschoolers’ Brains Rely on Semantic Cues Prior to The Mastery of Syntax During Sentence Comprehension. NeuroImage, 126, 256–266. https://doi.org/10.1016/j.neuroimage.2015.10.036 DOI: https://doi.org/10.1016/j.neuroimage.2015.10.036
Yahya, M., Andayani, & Saddhono, K. (2018). Hubungan Penguasaan Kosakata Dengan Kesalahan Diksi Dalam Kalimat Bahasa Indonesia Mahasiswa Bipa Level Akademik. Kredo : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 1(2). https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2121 DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2121
Yanti, N., Suhartono, S., & Hiasa, F. (2018). Keterampilan Menulis Akademik Mahasiswa S 1 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i1.4. DOI: https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i1.4
Yuliana, W. P., Utami, H., & Larasati, L. (2020). Penerapan Metode Picture and Picture Pada Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 41. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.25015. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.25015
Zulfika, I. (2022). Peningkatan Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Tindak Tutur Direktif Dalam Pembelajaran Daring. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 110–114. https://doi.org/10.55784/jupeis.Vol1.Iss2.50. DOI: https://doi.org/10.55784/jupeis.Vol1.Iss2.50
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)