Edutourism Digital Laboratory: Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD dalam Upaya Penguatan Karakter dan Potensi Madura
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.55806Keywords:
Edutourism Digital Laboratory, Multimedia pembelajaran, Keterampilan berpikir kritisAbstract
Minat anak untuk mengenal dan memahami wisata lokal daerah saat ini sangat rendah. Jika hal ini terus terjadi maka potensi wisata lokal tidak akan mampu terjadi regenerisasi. Penelitian ini bertujuan menciptakan suatu laboratorium wisata edukasi digital untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SD dalam upaya penguatan karakter dan potensi. Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode RnD dengan model pengembangan Borg and Gall meliputi 10 tahapan. Pemilihan subjek uji coba menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data mengguanakan studi literatur, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif. Hasil validasi ahli didapat skor 92,5% (sangat valid), hasil keefektifan mendapat skor 93,7% (sangat efektif). Hasil observasi didapat skor 90% (sangat efektif), hasil kemenarikan didapat skor 98,2% (sangat menarik). Kesimpulan penelitian ini bahwa produk multimedia dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan menguatkan karakter dan potensi Madura. Implikasi penelitian ini diharapkan multimedia Edutourism Digital Laboratory dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk membantu mengembangkan informasi terkait potensi wisata.
References
Alpizar, D., Vo, T., FFrench, B., & Hand, B. (2022). Growth of critical thinking skills in middle school immersive science learning environments. Thinking Skills and Creativity, 46, 101192. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2022.101192. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tsc.2022.101192
Amali, K., Kurniawati, Y., & Zulhiddah, Z. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Sains Teknologi Masyarakat Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 70. https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.8151. DOI: https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.8151
Astri, N. K. D., Wiarta, I. W., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Datar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 575–585. https://doi.org/10.31004/JPDK.V4I3.4371.
Astriani, S. A. (2018). Prinsip dan Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran. In Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo. DOI: https://doi.org/10.31219/osf.io/52qvt
Destrinelli, D., Hayati, S., Mahdalena, M., & Rianti, S. (2022). Model Evaluasi Berbasis HOTS untuk Pembelajaran Blended. Jurnal Basicedu, 6(2), 6439 – 6452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1837. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1837
Dewi, F. F., & Handayani, S. L. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi En-Alter Sources Berbasis Aplikasi Powtoon Materi Sumber Energi Alternatif Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2530 – 2540. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1229. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1229
Dewi, N. K. A. A., & Kristiantari, M. G. R. (2022). Multimedia Interaktif Ceria pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas IV SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 72–80. https://doi.org/10.23887/JPPP.V6I1.46150. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.46150
Dharma, P. K. D., & Agung, A. A. G. (2021). Pengembangan Multimedia Online pada Muatan Pelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 115–123. https://doi.org/10.23887/JIPP.V5I1.32164. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32164
Donna, R., Egok, A. S., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Powtoon pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3799–3813. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V5I5.1382. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1382
Effendi, E. A. (2018). Pengembangan Media Edu-Tourism Berbasis Video untuk Kawasan Desa Wisata Pesisir. In FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Febriandi, R. (2020). Efektivitas Multimidia Interaktif Terhadap Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 58 Lubuklinggau. Journal of Elementary School (JOES), 3(2), 120–128. https://doi.org/10.31539/JOES.V3I2.1897. DOI: https://doi.org/10.31539/joes.v3i1.1252
Febrianto, P. T., & Sulaiman. (2014). Kajian strategis dan prioritas pembangunan pendidikan menengah untuk meningkatkan mutu pendidikan di Pulau Madura Strategic studies and secondary education development priorities to improve the quality of education in Madura Island Pendahuluan Sebagai upa. Masyarakat, Kebudayaan Dan Politik, 27(4), 211–220. DOI: https://doi.org/10.20473/mkp.V27I42014.211-220
Gusnia, N. E. (2022). Pengembangan Media Kanoraya dalam Pembelajaran Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku Kelas 4 SDN Karangtengah 4 Ngawi. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(4), 843–854.
Hadi, W. P., & Ahied, M. (2017). Kajian Etnosains Madura dalam Proses Produksi Garam sebagai Media Pembelajaran IPA Terpadu. Rekayasa, 10(2), 79. https://doi.org/10.21107/rys.v10i2.3608. DOI: https://doi.org/10.21107/rys.v10i2.3608
Hidayati, N., & Warnana, D. D. (2017). Analisis Kelayakan Finansial Pengembangan Kelas Alam Terbuka Kebumian Dan Lingkungan Berkonsep Rekreasi Dan Inspirasi Untuk Anak Di Surabaya. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu &Call for Papers Unisbank Ke-3(Sendi_U 3) , 3(Sendi_U 3), 650–656.
Irwan, S. N. R., Rogomulyo, R., Suprihanto, J., & Hadi, S. (2019). The Edutourism Of Mangunan Girirejo Yogyakarta: A Plan Strategy In Educational Innovation Of Universitas Gadjah Mada. , 10(4 (36)), . Journal of Environmental Management & Tourism, 10(4), 892–902. https://doi.org/10.14505/iemt.v10.4(36).21. DOI: https://doi.org/10.14505//jemt.v10.4(36).21
Kwangmuang, P., Jarutkamolpong, S., Sangboonraung, W., & Daungtod, S. (2021). The development of learning innovation to enhance higher order thinking skills for students in Thailand junior high schools. Heliyon, 7(6), e07309. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07309. DOI: https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07309
Maydiantoro, A. (2019). Model-Model Penelitian Pengembangan (Research and Development). Jurnal Metode Penelitian, 10, 1–8.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Il-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171. DOI: https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Rahmadani, & Taufina. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 938–946. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V4I4.465. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.465
Rajendra, I. M., & Sudana, I. M. (2018). The Influence of Interactive Multimedia Technology to Enhance Achievement Students on Practice Skills in Mechanical Technology. Journal of Physics: Conference Series, 953(1), 012104. https://doi.org/10.1088/1742-6596/953/1/012104. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/953/1/012104
Sari, N. P., & Ana, S. (2022). Meningkatkan Potensi Wisata Edukasi Kampung Nanas Desa Palaan Melalui Event Marketing dan Digital Marketing. I-Com: Indonesian Community Journal, 2(2), 436–444. https://doi.org/10.33379/icom.v2i2.1643. DOI: https://doi.org/10.33379/icom.v2i2.1643
Simbolon, N., Suartama, I. K., & Mahadewi, L. P. P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Prakarya untuk Siswa SMP Kelas VIII. Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(1), 40–50. https://doi.org/10.30599/utility.v4i02.1153. DOI: https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i1.634
Sulaiman, A. I., Chusmeru, C., & Kuncoro, B. (2019). The Educational Tourism (Edutourism) Development Through Community Empowerment Based on Local Wisdom and Food Security. International Educational Research, 2(3). https://doi.org/10.30560/ier.v2n3p1. DOI: https://doi.org/10.30560/ier.v2n3p1
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Fachrur Rozie
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)