Edutourism Digital Laboratory: Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD dalam Upaya Penguatan Karakter dan Potensi Madura

Authors

  • Fachrur Rozie Universitas Trunojoyo Madura, Madura, Indonesia
  • Ahmad Sudi Pratikno Universitas Trunojoyo Madura, Madura, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.55806

Keywords:

Edutourism Digital Laboratory, Multimedia pembelajaran, Keterampilan berpikir kritis

Abstract

Minat anak untuk mengenal dan memahami wisata lokal daerah saat ini sangat rendah. Jika hal ini terus terjadi maka potensi wisata lokal tidak akan mampu terjadi regenerisasi. Penelitian ini bertujuan menciptakan suatu laboratorium wisata edukasi digital untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SD dalam upaya penguatan karakter dan potensi. Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode RnD dengan model pengembangan Borg and Gall meliputi 10 tahapan. Pemilihan subjek uji coba menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data mengguanakan studi literatur, observasi, dan  wawancara.  Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif. Hasil validasi ahli didapat skor 92,5% (sangat valid), hasil keefektifan mendapat skor  93,7% (sangat efektif). Hasil observasi didapat skor 90% (sangat efektif), hasil kemenarikan didapat skor 98,2% (sangat menarik). Kesimpulan penelitian ini bahwa produk multimedia dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan menguatkan karakter dan potensi Madura. Implikasi penelitian ini diharapkan multimedia Edutourism Digital Laboratory dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk membantu mengembangkan informasi terkait potensi wisata.

References

Alpizar, D., Vo, T., FFrench, B., & Hand, B. (2022). Growth of critical thinking skills in middle school immersive science learning environments. Thinking Skills and Creativity, 46, 101192. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2022.101192. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tsc.2022.101192

Amali, K., Kurniawati, Y., & Zulhiddah, Z. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Sains Teknologi Masyarakat Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 70. https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.8151. DOI: https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.8151

Astri, N. K. D., Wiarta, I. W., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Datar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 575–585. https://doi.org/10.31004/JPDK.V4I3.4371.

Astriani, S. A. (2018). Prinsip dan Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran. In Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo. DOI: https://doi.org/10.31219/osf.io/52qvt

Destrinelli, D., Hayati, S., Mahdalena, M., & Rianti, S. (2022). Model Evaluasi Berbasis HOTS untuk Pembelajaran Blended. Jurnal Basicedu, 6(2), 6439 – 6452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1837. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1837

Dewi, F. F., & Handayani, S. L. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi En-Alter Sources Berbasis Aplikasi Powtoon Materi Sumber Energi Alternatif Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2530 – 2540. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1229. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1229

Dewi, N. K. A. A., & Kristiantari, M. G. R. (2022). Multimedia Interaktif Ceria pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas IV SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 72–80. https://doi.org/10.23887/JPPP.V6I1.46150. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.46150

Dharma, P. K. D., & Agung, A. A. G. (2021). Pengembangan Multimedia Online pada Muatan Pelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 115–123. https://doi.org/10.23887/JIPP.V5I1.32164. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32164

Donna, R., Egok, A. S., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Powtoon pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3799–3813. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V5I5.1382. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1382

Effendi, E. A. (2018). Pengembangan Media Edu-Tourism Berbasis Video untuk Kawasan Desa Wisata Pesisir. In FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Febriandi, R. (2020). Efektivitas Multimidia Interaktif Terhadap Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 58 Lubuklinggau. Journal of Elementary School (JOES), 3(2), 120–128. https://doi.org/10.31539/JOES.V3I2.1897. DOI: https://doi.org/10.31539/joes.v3i1.1252

Febrianto, P. T., & Sulaiman. (2014). Kajian strategis dan prioritas pembangunan pendidikan menengah untuk meningkatkan mutu pendidikan di Pulau Madura Strategic studies and secondary education development priorities to improve the quality of education in Madura Island Pendahuluan Sebagai upa. Masyarakat, Kebudayaan Dan Politik, 27(4), 211–220. DOI: https://doi.org/10.20473/mkp.V27I42014.211-220

Gusnia, N. E. (2022). Pengembangan Media Kanoraya dalam Pembelajaran Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku Kelas 4 SDN Karangtengah 4 Ngawi. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(4), 843–854.

Hadi, W. P., & Ahied, M. (2017). Kajian Etnosains Madura dalam Proses Produksi Garam sebagai Media Pembelajaran IPA Terpadu. Rekayasa, 10(2), 79. https://doi.org/10.21107/rys.v10i2.3608. DOI: https://doi.org/10.21107/rys.v10i2.3608

Hidayati, N., & Warnana, D. D. (2017). Analisis Kelayakan Finansial Pengembangan Kelas Alam Terbuka Kebumian Dan Lingkungan Berkonsep Rekreasi Dan Inspirasi Untuk Anak Di Surabaya. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu &Call for Papers Unisbank Ke-3(Sendi_U 3) , 3(Sendi_U 3), 650–656.

Irwan, S. N. R., Rogomulyo, R., Suprihanto, J., & Hadi, S. (2019). The Edutourism Of Mangunan Girirejo Yogyakarta: A Plan Strategy In Educational Innovation Of Universitas Gadjah Mada. , 10(4 (36)), . Journal of Environmental Management & Tourism, 10(4), 892–902. https://doi.org/10.14505/iemt.v10.4(36).21. DOI: https://doi.org/10.14505//jemt.v10.4(36).21

Kwangmuang, P., Jarutkamolpong, S., Sangboonraung, W., & Daungtod, S. (2021). The development of learning innovation to enhance higher order thinking skills for students in Thailand junior high schools. Heliyon, 7(6), e07309. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07309. DOI: https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07309

Maydiantoro, A. (2019). Model-Model Penelitian Pengembangan (Research and Development). Jurnal Metode Penelitian, 10, 1–8.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Il-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171. DOI: https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Rahmadani, & Taufina. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 938–946. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V4I4.465. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.465

Rajendra, I. M., & Sudana, I. M. (2018). The Influence of Interactive Multimedia Technology to Enhance Achievement Students on Practice Skills in Mechanical Technology. Journal of Physics: Conference Series, 953(1), 012104. https://doi.org/10.1088/1742-6596/953/1/012104. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/953/1/012104

Sari, N. P., & Ana, S. (2022). Meningkatkan Potensi Wisata Edukasi Kampung Nanas Desa Palaan Melalui Event Marketing dan Digital Marketing. I-Com: Indonesian Community Journal, 2(2), 436–444. https://doi.org/10.33379/icom.v2i2.1643. DOI: https://doi.org/10.33379/icom.v2i2.1643

Simbolon, N., Suartama, I. K., & Mahadewi, L. P. P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Prakarya untuk Siswa SMP Kelas VIII. Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(1), 40–50. https://doi.org/10.30599/utility.v4i02.1153. DOI: https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i1.634

Sulaiman, A. I., Chusmeru, C., & Kuncoro, B. (2019). The Educational Tourism (Edutourism) Development Through Community Empowerment Based on Local Wisdom and Food Security. International Educational Research, 2(3). https://doi.org/10.30560/ier.v2n3p1. DOI: https://doi.org/10.30560/ier.v2n3p1

Downloads

Published

2022-12-28

How to Cite

Rozie, F., & Pratikno, A. S. (2022). Edutourism Digital Laboratory: Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD dalam Upaya Penguatan Karakter dan Potensi Madura. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 393–398. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.55806

Issue

Section

Articles