Kelas Online Ibu Balita Untuk Pengetahuan Dan Keterampilan Ibu Dalam Mendeteksi Dan Menstimulasi Perkembangan Balita Pada Masa Covid-19

Authors

  • Ni Nyoman Ayu Desy Sekarini Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Gusti Ayu Pramita Aswitami Stikes Bina Husada Bali
  • Putu Irma Pratiwi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v8i3.34367

Keywords:

Kelas Online, Pengetahuan, Keterampilan, Perkembangan

Abstract

Anak merupakan asset berharga bangsa sebagai penerus bangsa. Upaya mewujudkannya diperlukan lingkungan yang kondusif untuk pertumbuhan dan perkembangan yang berkualitas sejak dini. Salah satu program pemerintah yaitu dibentuknya kelas ibu balita. Namun pada masa pandemic COVID-19 pelaksanaan kelas ibu balita ditunda sampai kondisi bebas dari pandemic COVID-19. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan pelaksanaan kelas ibu balita secara online atau sering disebut kelasonline ibu balita.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas kelas online ibu balita dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu dalam mendeteksi dan menstimulasi perkembangan anak. Penelitian ini menggunakan rancangan Pra Eksperimen dengan pendekatan One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini membandingkan pengetahuan dan keterampilan responden sebelum dan setelah perlakukan. Perlakuan yang diberikan yaitu berupa Kelas online ibu balita dengan media pembelajaran menggunakan aplikasi zoom dan Whatsapp Group. Jumlah responden yang digunakan yaitu yaitu 46 responden. Hasil penelitian diperoleh nilai p value 0,000 atau < 0,05 yang artinya bahwa kelas online ibu balita efektif meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu dalam mendeteksi dan menstimulasi  perkembangan Balita 0-5 tahun. Simpulan: kelas online ibu balita dapat meningkatakn pengetahuan dan keterampilan ibu dalam mendeteksi dan menstimulasi perkembangan balita.

Author Biography

Ni Nyoman Ayu Desy Sekarini, Universitas Pendidikan Ganesha

Dosen jabatan Lektor pada Prodi D3 Kebidanan Undiksha

References

Abdurrahman Naufal. (2020). Dampak Corona Terhadap Ekonomi Indonesia. Portal Resmi Republik Indonesia, 4(September), 384–388. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v4i2.179

Arosyd, I. M. R., & Usman, R. (2020). Analisis Kelemahan dan Kekuatan dalam pembelajaran daring di Fakultas Sastra Universitas Negri Malang. Journal Deutsch Als Fremdsprache in Indonesien, 4(2). http://journal2.um.ac.id/index.php/dafina/

Bahtiar, K., Harmayanthi, V. Y., & Kusumajati, W. K. (2020). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa melalui Teknik Simulasi Tiga Langkah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 181–187.

Gunawan, I. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Daring Peserta Didik Selama Pandemi Covid-19 Melalui Pemanfaatan Fitur Aplikasi Zoom Di Sd Negeri 77 Palembang. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 7(2), 152–163.

Hadi, A. (2016). Nilai-Nilai Pendidikan Keluarga Dalam Uu No. 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak. An-Nisa, IX(23), 101–121. https://adoc.pub/nilai-nilai-pendidikan-keluarga-dalam-uu-no-23-tahun-2002-te.html

Haryanti, T. (2018). Hubungan Pemanfaatan Sumber Informasi Dengan Pengetahuan Remaja Tentang Seksual Di Sma N.2 T. Balai. XI(1), 29–33.

Hasbi, M., & Sumarni, W. (2020). Pemanfaatan Platform Digital di Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Pascasarjana 2020: https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/601/519/

Hasiana, I. (2020). Peran Orangtua Dalam Pendidikan Seksual Anak Usia Dini. Wahana, 72(2), 118–125. https://doi.org/10.36456/wahana.v72i2.2725

Kemenkes. (2020). Panduan Pelayanan Kesehatan Balita Pada Masa Tanggap Darurat COVID-19. In Kementrian Kesehatan RI.

Lestari, S. (2012). Psikologi Keluarga; Penanaman Nilai dan penangan Konflik Dalam keluarga. Kencana.

Monica, J., & Fitriawati, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19 As An Online Learning Medium For Students During The Covid-19 Pandemic. Jurnal Communio : Jurnal Ilmu Komunikasi, IX(2), 1630–1640.

Mufida, S., Timur, F. G. C., & Waluyo, S. D. (2020). Strategi Pemerintah Indonesia Dalam Menangani Wabah Covid-19 Dari Perspektif Ekonomi. Independen Jurnal Politik Indonesia Dan Global, 1(2), 121–130. https://doi.org/10.24853/independen.1.2.121-130

Nandwijiwa, V., & Aulia, P. (2020). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3145–3151. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/821

Putra, N. P. (2020). Solusi Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Aplikasi Zoom Dan Whatsapp Group Di Era New Normal Pada Warga Belajar Paket C Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm) Bina Insani. Jipsindo, 7(2), 162–176.

Putri, K. A. K., & Sudhana, H. (2013). Perbedaan Tingkat Stres Pada Ibu Rumah Tangga yang Menggunakan dan Tidak Menggunakan Pembantu Rumah Tangga Ketut Ariyani Kartika Putri dan Hilda Sudhana. Jurnal Psikologi Udayana, 1(1), 94–105.

Putri, Y. R., Lazdia, W., & Oktriza, L. (2018). Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Anak Balita Usia 1-2 Tahun di Kota Bukittinggi. REAL in Nursing Journal ( RNJ ), 1(2), 84–94. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32883/rnj.v1i2.264.g92

Saadah, N., Suparji, & Sulikah. (2020). Stimulasi Perkembangan oleh Ibu melalui Bermain dan rekreasi pada Anak Usia Dini (B. Yulianto (ed.)). Scopindo Media Pustaka.

Sadikin, A., Hamidah, A., Pinang, K., Jl, M., Ma, J., Km, B., Indah, M., Jaluko, K., Kode, K. M., & Indonesia, P. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 ( Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic ). BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(1), 214–224. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Sudarto. (2016). Ketrampilan dan Nilai sebagai Pendidikan dalam perspektif Islam. ,Jurnal Al Lubab, 1(1), 105–120.

Sulisnadewi, N. L. K., Labir, I. K., & Yunianti, N. L. P. S. (2018). Implementasi Kelas Ibu Balita dalam Meningkatkan Kemampuan Ibu dalam Memberikan Stimulasi Tumbuh Kembang Anak di Kecamatan Sukawati. Jurnal Pengabmas Masyarakat Sehat, 2(1), 45–52. https://doi.org/https://doi.org/10.33992/ms.v2i1.992

Suryahadi, A., Izzati, R. Al, & Suryadarma, D. (2020). The Impact of COVID-19 Outbreak on Poverty: An Estimation for Indonesia. The SMERU Research Institute. https://smeru.or.id/en/content/impact-covid-19-outbreak-poverty-estimation-indonesia

Suwaryo, P. A. W., & Yuwono, P. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pengetahuan Masyarakat dalam Mitigasi Bencana Alam Tanah Longsor. University Research Colloquium, 305–314.

Tarigan, E. R. (2019). Hubungan Sumber Informasi Dengan Pengetahuan Remaja. 1(2), 107–112.

Tunjung, L., Jati, S., & Sumarni, W. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.

Wiresti, R. D. (2020). Analisis Dampak Work From Home pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 641–653. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.563

Yuliana. (2020). Corona virus diseases (Covid-19); sebuah tinjauan literatur. Wellness and Healthy Magazine, 2(February), 187–192. https://doi.org/https://doi.org/10.30604/well.95212020

Downloads

Published

2021-06-13

How to Cite

Sekarini, N. N. A. D., Aswitami, N. G. A. P., & Pratiwi, P. I. (2021). Kelas Online Ibu Balita Untuk Pengetahuan Dan Keterampilan Ibu Dalam Mendeteksi Dan Menstimulasi Perkembangan Balita Pada Masa Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(3), 191–198. https://doi.org/10.23887/paud.v8i3.34367

Issue

Section

Articles