Kelas Online Ibu Balita Untuk Pengetahuan Dan Keterampilan Ibu Dalam Mendeteksi Dan Menstimulasi Perkembangan Balita Pada Masa Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.23887/paud.v8i3.34367Keywords:
Kelas Online, Pengetahuan, Keterampilan, PerkembanganAbstract
Anak merupakan asset berharga bangsa sebagai penerus bangsa. Upaya mewujudkannya diperlukan lingkungan yang kondusif untuk pertumbuhan dan perkembangan yang berkualitas sejak dini. Salah satu program pemerintah yaitu dibentuknya kelas ibu balita. Namun pada masa pandemic COVID-19 pelaksanaan kelas ibu balita ditunda sampai kondisi bebas dari pandemic COVID-19. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan pelaksanaan kelas ibu balita secara online atau sering disebut kelasonline ibu balita. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas kelas online ibu balita dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu dalam mendeteksi dan menstimulasi perkembangan anak. Penelitian ini menggunakan rancangan Pra Eksperimen dengan pendekatan One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini membandingkan pengetahuan dan keterampilan responden sebelum dan setelah perlakukan. Perlakuan yang diberikan yaitu berupa Kelas online ibu balita dengan media pembelajaran menggunakan aplikasi zoom dan Whatsapp Group. Jumlah responden yang digunakan yaitu yaitu 46 responden. Hasil penelitian diperoleh nilai p value 0,000 atau < 0,05 yang artinya bahwa kelas online ibu balita efektif meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu dalam mendeteksi dan menstimulasi perkembangan Balita 0-5 tahun. Simpulan: kelas online ibu balita dapat meningkatakn pengetahuan dan keterampilan ibu dalam mendeteksi dan menstimulasi perkembangan balita.References
Abdurrahman Naufal. (2020). Dampak Corona Terhadap Ekonomi Indonesia. Portal Resmi Republik Indonesia, 4(September), 384–388. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v4i2.179
Arosyd, I. M. R., & Usman, R. (2020). Analisis Kelemahan dan Kekuatan dalam pembelajaran daring di Fakultas Sastra Universitas Negri Malang. Journal Deutsch Als Fremdsprache in Indonesien, 4(2). http://journal2.um.ac.id/index.php/dafina/
Bahtiar, K., Harmayanthi, V. Y., & Kusumajati, W. K. (2020). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa melalui Teknik Simulasi Tiga Langkah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 181–187.
Gunawan, I. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Daring Peserta Didik Selama Pandemi Covid-19 Melalui Pemanfaatan Fitur Aplikasi Zoom Di Sd Negeri 77 Palembang. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 7(2), 152–163.
Hadi, A. (2016). Nilai-Nilai Pendidikan Keluarga Dalam Uu No. 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak. An-Nisa, IX(23), 101–121. https://adoc.pub/nilai-nilai-pendidikan-keluarga-dalam-uu-no-23-tahun-2002-te.html
Haryanti, T. (2018). Hubungan Pemanfaatan Sumber Informasi Dengan Pengetahuan Remaja Tentang Seksual Di Sma N.2 T. Balai. XI(1), 29–33.
Hasbi, M., & Sumarni, W. (2020). Pemanfaatan Platform Digital di Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Pascasarjana 2020: https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/601/519/
Hasiana, I. (2020). Peran Orangtua Dalam Pendidikan Seksual Anak Usia Dini. Wahana, 72(2), 118–125. https://doi.org/10.36456/wahana.v72i2.2725
Kemenkes. (2020). Panduan Pelayanan Kesehatan Balita Pada Masa Tanggap Darurat COVID-19. In Kementrian Kesehatan RI.
Lestari, S. (2012). Psikologi Keluarga; Penanaman Nilai dan penangan Konflik Dalam keluarga. Kencana.
Monica, J., & Fitriawati, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19 As An Online Learning Medium For Students During The Covid-19 Pandemic. Jurnal Communio : Jurnal Ilmu Komunikasi, IX(2), 1630–1640.
Mufida, S., Timur, F. G. C., & Waluyo, S. D. (2020). Strategi Pemerintah Indonesia Dalam Menangani Wabah Covid-19 Dari Perspektif Ekonomi. Independen Jurnal Politik Indonesia Dan Global, 1(2), 121–130. https://doi.org/10.24853/independen.1.2.121-130
Nandwijiwa, V., & Aulia, P. (2020). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3145–3151. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/821
Putra, N. P. (2020). Solusi Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Aplikasi Zoom Dan Whatsapp Group Di Era New Normal Pada Warga Belajar Paket C Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm) Bina Insani. Jipsindo, 7(2), 162–176.
Putri, K. A. K., & Sudhana, H. (2013). Perbedaan Tingkat Stres Pada Ibu Rumah Tangga yang Menggunakan dan Tidak Menggunakan Pembantu Rumah Tangga Ketut Ariyani Kartika Putri dan Hilda Sudhana. Jurnal Psikologi Udayana, 1(1), 94–105.
Putri, Y. R., Lazdia, W., & Oktriza, L. (2018). Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Anak Balita Usia 1-2 Tahun di Kota Bukittinggi. REAL in Nursing Journal ( RNJ ), 1(2), 84–94. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32883/rnj.v1i2.264.g92
Saadah, N., Suparji, & Sulikah. (2020). Stimulasi Perkembangan oleh Ibu melalui Bermain dan rekreasi pada Anak Usia Dini (B. Yulianto (ed.)). Scopindo Media Pustaka.
Sadikin, A., Hamidah, A., Pinang, K., Jl, M., Ma, J., Km, B., Indah, M., Jaluko, K., Kode, K. M., & Indonesia, P. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 ( Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic ). BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(1), 214–224. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Sudarto. (2016). Ketrampilan dan Nilai sebagai Pendidikan dalam perspektif Islam. ,Jurnal Al Lubab, 1(1), 105–120.
Sulisnadewi, N. L. K., Labir, I. K., & Yunianti, N. L. P. S. (2018). Implementasi Kelas Ibu Balita dalam Meningkatkan Kemampuan Ibu dalam Memberikan Stimulasi Tumbuh Kembang Anak di Kecamatan Sukawati. Jurnal Pengabmas Masyarakat Sehat, 2(1), 45–52. https://doi.org/https://doi.org/10.33992/ms.v2i1.992
Suryahadi, A., Izzati, R. Al, & Suryadarma, D. (2020). The Impact of COVID-19 Outbreak on Poverty: An Estimation for Indonesia. The SMERU Research Institute. https://smeru.or.id/en/content/impact-covid-19-outbreak-poverty-estimation-indonesia
Suwaryo, P. A. W., & Yuwono, P. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pengetahuan Masyarakat dalam Mitigasi Bencana Alam Tanah Longsor. University Research Colloquium, 305–314.
Tarigan, E. R. (2019). Hubungan Sumber Informasi Dengan Pengetahuan Remaja. 1(2), 107–112.
Tunjung, L., Jati, S., & Sumarni, W. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.
Wiresti, R. D. (2020). Analisis Dampak Work From Home pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 641–653. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.563
Yuliana. (2020). Corona virus diseases (Covid-19); sebuah tinjauan literatur. Wellness and Healthy Magazine, 2(February), 187–192. https://doi.org/https://doi.org/10.30604/well.95212020
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)