Pelaksanaan Full Day School di SMA Negeri 4 Singaraja Meningkatkan Kelelahan dan Kebosanan serta Kontribusinya terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI MIPA
Keywords:
Full day school, kelelahan, kebosanan, prestasi belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan full day school di SMA Negeri 4 Singaraja dapat meningkatkan kelelahan dan kebosanan serta kontribusinya terhadap siswa. Penelitian ini berupa eksperimental lapangan (field eksperimental) dengan rancangan randomized pre and post test group design, dilakukan penilaian berupa: (a) peningkatan kelelahan siswa akibat full day school yang didata dengan kuesioner 30 items of rating scale of general fatigue; (b) peningkatan kebosanan dalam pembelajaran akibat full day school yang didata dengan kesioner kebosanan dalam pembelajaran; (c) kontribusi kelelahan dan kebosanan terhadap prestasi belajar yang didata dengan soal tes pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Pendataan dilakukan sebelum dan sesudah pembelajaran terhadap 33 sampel selama 3 (tiga) hari. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji t-dependent sampel pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kelelahan sebesar 42,07%, kebosanan dalam pembelajaran adalah 33,70% (p<0,05), dan kontribusi terhadap prestasi belajar adalah 7,4% (p>0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan full day school di SMA Negeri 4 Singaraja meningkatkan kelelahan dan kebosanan serta kontribusinya terhadap prestasi belajar hanya sedikit.
References
Aienna, A., Adyatma, S., & Arisanty, D. 2016. Kenyamanan Termal Ruang Kelas di Sekolah Tingkat SMA Banjarmasin Timur. Jurnal Pendidikan Geografi, 3(3).
Alfandy, E. F. D., & Sarai, D. R. K. 2017. Hubungan Indeks Masa Tubuh (Imt) Dengan Kecepatan Berjalan Pada Remaja Di SMA Negeri 1 Blora. Doctoral dissertation: Universitas Muhammadiyah Surakarta
Alfian, I., Fitriana, F., & Risma, R. 2018. Perbandingan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII Sistem Full Day School dengan Sistem Reguler pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Nalar Pendidikan, 6(2), 79-85
Alvita, G. 2017. Hubungan Faktor Kelelahan terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran Angkatan 2017. Skripsi. Fakultas Kedokteran Universitas Hasanudin
Amri. 2011. Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran. Jakarta: PT Pustakaraya
Apriyanti, D. A. 2014. Pengaruh Lingkungan Belajar, Kelelahan, dan Kreativitas Siswa terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pejagoan Kabupaten Kebumen. Doctoral dissertation: Pendidikan Ekonomi-FKIP
Baharuddin, 2009. Pendidikan dan Psikologi Perkembangan, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Baharuddin. 2010. Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Fahmi, Z. 2018. Perbandingan Tingkat Status Gizi antara Siswa Sekolah Berstatus Negeri dengan Swasta Menurut IMT/U di Pulau Bawean (Studi Pada Kelas XII SMAN 1 Sangkapura dan SMA Umar Masud Sangkapura). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 6(2).
Halil, A., Yanis, A., & Noer, M. 2015. Pengaruh Kebisingan Lalulintas terhadap Konsentrasi Belajar Siswa SMP N 1 Padang. Jurnal Kesehatan Andalas, 4(1).
Hastuti, L. S., dan Kurnia, R. 2017. Pengaruh Workplace Strecth Exercise Terhadap Kebosanan Belajar dan Kelelahan Belajar Mahasiswa Poltekes Surakarta. Jurnal Keterapian Fisik, 2(2)
Hawi, H. A. 2015. Sistem Full Day School di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Studi Kasus di Izzudin Palembang. Istinbath XIV. No (16) 71-87
Islami, M. F., Giatman, M., Apdeni, R., & Silalahi, J. 2018. Tinjauan Kelayakan Ruang, Peralatan dan Kondisifasilitas Bengkel Program Keahlian Konstruksi Kayu di Smk Negeri 2 Lubuk Basung. CIVED, 5(3).
Kroemer, K. H. E & Grandjean, E. 2000. Fitting the task to the Human. Textbook of Occupational Ergonomis. Fifth ed. Taylor and Francis.
Latif, S., Rahim, R., & Hamzah, B. 2016. Analisis Kenyamanan Termal Siswa di Dalam Ruang Kelas (Studi Kasus SD Inpres Tamalanrea IV Makassar).
Mappalotteng, A. M., & Syahrul, S. 2015. Analisis Penerangan pada Ruangan di Gedung Program Pascasarjana UNM Makassar. Indonesian Journal of Fundamental Sciences, 1(1).
Manuaba, A. 2008. Membangun Bali atau Membangun di Bali. Makalah. Denpasar: Bagian Ilmu Faal Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.
Miski, R. 2017. Pengaruh Sarana Dan Prasarana Terhadap Hasil Belajar Siswa. Tadbir Muwahhid, 4(2).
Nugroho, H. 2014. Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan Ergonomi Partisipatori (Pep) Berbasis Asesmen Portofolio Terhadap Kelelahan dan Hasil Belajar IPA (Biologi) Siswa Kelas X SMA Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Bakti Saraswati (JBS), 3(02).
Nurmianto, E. 2008. Ergonomi: Konsep Dasar dan Aplikasinya Edisi Kedua. Surabaya: Guna Widya.
Nursyaidah, N. 2014. Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar peserta didik. In forum paedagogik
Putra, Y. W., & Rizqi, A. S. 2018. Index Massa Tubuh (IMT) Mempengaruhi Aktivitas Remaja Putri SMP Negeri 1 Sumberlawang. Gaster, 16(1), 105-115.
Rahayu, R. P. P. 2013. Efektivitas Musik pengiring Kerja dalam Mengurangi Kelelahan dan Kebosanan Kerja. Skripsi. Bandung: Fakultas Psikologi Universitas Pendidikan Indonesia
Rohman, M. A. 2018. Kejenuhan Belajar pada Siswa di Sekolah Dasar Full Day School. Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).
Rilatupa, J. 2008. Aspek Kenyamanan Termal pada Pengkondisian ruang dalam. EMAS Jurnal Sains dan Teknologi, 18(3), 191-198.
Subagyo, A. 2017. Kualitas Penerangan yang Baik Sebagai Penunjang Proses Belajar Mengajar di Kelas. Orbith: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa dan Sosial, 13(1).
Sumiratno. 2010. Laporan Suhu Udara di Wilayah III. Denpasar: Balai Besar Meteorologi dan Geofisika Wilayah III Denpasar
Susanti, L., & Aulia, N. 2013. Evaluasi kenyamanan termal ruang sekolah SMA negeri di kota Padang. Jurnal Optimasi Sistem Industri, 12(1), 310-316.
Sutajaya, I. M. 2006. Pembelajaran Melalui Pendekatan SHIP Mengurangi Kelelahan, Keluhan Muskuloskeletal, dan Kebosanan serta Meningkatkan Luaran Proses Belajar Mahasiswa Biologi IKIP Singaraja. Disertasi. Denpasar: Universitas Udayana
Sutajaya, I. M. 2017. Ergonomi. Singaraja: Jurusan Pendidikan Biologi Undiksha
Sutajaya, I. M. 2018. Ergonomi. Depok: PT Rajagrafindo Persada
Safarina, F. 2008. Perbedaan Tingkat Kejenuhan Belajar Antara Siswa di Full Day School SD Muhammadiyah GKB dan Non Full Day School SDN Sidokumpul I Gresik Kelas IV Ditinjau dari Lamanya Waktu Belajar. Doctoral dissertation. Universitas Muhammadiyah Gresik.
Sari, D. M. 2018. Pengaruh Program Full Day School terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi pada Siswa-Siswi Kelas XI SMA Global Madani, Rajabasa, Bandar Lampung). Skripsi: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Negeri Lampung.
Sholehani, M. F. 2018. Hubungan Tingkat Kelelahan dengan Prestasi Belajar Siswa Sistem Full Day School di SMAN 2 Probolinggo. Skripsi keperawatan.
Suryani, Y. 2012. Hubungan Tingkat Ergonomi Kursi dengan Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Lendah Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta.
Susihono, W. 2014. Analisis Kelelahan Kerja, Kebosanan Kerja, Kepuasan Kerja sebagai Dasar Rekomendasi Perbaikan Fisiologis Pekerja. Udayana
Tarwaka. 2010. Ergonomi Industri Dasar-dasar Pengetahuan Ergonomi dan Aplikasi di Tempat Kerja. Surakarta: Harapan Press.
Wizma, W. 2017. Dampak Pelaksanaan Sistem Full Day School di SMA Negeri 1 Pasaman. Doctoral Dissertation, STKIP.
Yudefrizal. 2017. Dampak Sistem Full Day School terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Skripsi Thesis, UIN Sunan Kalijaga.
Yusuf, M., & Santiana, A. 2014. Analisis Beban Kerja Mahasiswa Praktek di Bengkel Teknologi Mekanik Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Bali. Jurnal Energi dan Manufaktur, 7(2)
Zikri, M. R. 2015. Analisis Dampak Kebisingan Terhadap Komunikasi dan Konsentrasi Belajar Siswa Sekolah Pada Jalan Padat Lalu Lintas. Jurnal Teknologi Lingkungan Lahan Basah, 3(1).