PENGEMBANGAN UNIT KEGIATAN BELAJAR MANDIRI BERBASIS PENDEKATAN STEM PADA MATERI SISTEM RESPIRASI DENGAN BERBANTUAN EDMODO UNTUK KELAS XI MIPA DI SMA
Keywords:
Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM), pendekatan STEM, materi sistem respirasi, edmodo, model ADDIEAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) berbasis pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) pada materi sistem respirasi dengan bantuan e- learning edmodo sebagai pengiriman bahan ajar dan menguji kelayakan, kepraktisan dan keefektifan dari UKBM yang dikembangkan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, dan evaluation). Subjek uji coba produk dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 3. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah angket dan soal materi sistem respirasi. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kelayakan UKBM berbasis pendekatan STEM dari ahli media mendapatkan presentase skor sebesar 90,6% dengan kriteria sangat layak dan dari ahli materi mendapatkan presentase skor sebesar 80,9% dengan kriteria layak, (2) kepraktisan UKBM berbasis pendekatan STEM mendapatkan presentase sebesar 89,8% dengan kriteria sangat praktis, (3) keefektifan UKBM berbasis pendekatan STEM mendapatkan presentase sebesar 77,78% dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, UKBM berbasis pendekatan STEM materi sistem respirasi dapat digunakan sebagai alternatif baru dalam bahan ajar di sekolah.
References
Abdias, R. Hilarius, J. D. Yuniarti, E.U. & Arsad, B. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Biologi Berbasis Kinerja pada Materi Protista, Jurnal Pendidikan Biologi. 4 (2), 75-83
Adi, C.P. Ibrohim. Murni, S. 2016. Pengembangan Modul Pembelajaran Inkuiri Berbasis Labortorium Virtual, Jurnal Pendidikan. 1 (6), 1090-1097
Arikunto. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara
Arofah, R. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model, Halaqa : Islamic Education Journal. 3 (1), 35-43
Awwali, C. R. Misbahul, J. & Fera, A. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) Di SMA/MA, Jurnal Phi : Jurnal Pendidikan Fisika dan Fisika Terapan. 1 (4), 20-26
Branch, R. M. 2009. Instructional Design : The ADDIE Approach. New York : Springer Science & Business Media
Fadriyati. 2017. A Model of Discovery Learning Based - Text Book of Character and Islamic Education : An Accuracy Analysis of Student Book in Elementary School, Jurnal Ta’dib. 20 (2), 188-202
Fitri, R. Ramadhan, S. & Linda A. 2015 Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) yang Dilengkapi Peta Konsep untuk SMA Kelas XI. Jurnal Pendidikan Biologi Kolaboratif. 2(2), 52–59
Halim, S. Andika, S. & Nanda, A. M. 2019. Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Science, Technology, Engineering, dan Mathematics (STEM) Untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa, Jurnal Pelita Pendidikan. 7 (4), 170-177
Harlis. Retni, S. & Budiarti. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Praktikum dan Instrumen Penilaian Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Mata Kuliah Mikologi, Jurnal Biodik. 3 (2), 102-112
Indra, M.M. & Suharto, L. 2019. Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) Materi Usaha dan Energi Berbasis Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa, Unnes Physics Education Journal. 8 (3), 229-238
Lisya, Untari. 2019. Keefektifan Pelaksanaan UKBM (Unit Kegiatan Belajar Mandiri) Pada Pembelajaran Matematika Di Kabupaten Sidoarjo. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Mudzakir, A. S. 2009. Penulisan Buku Teks yang Berkualitas, Jurnal bahasa dan Sastra. 9 (1), 34-46
Nasiroh, D. & Himmawati. 2014. Pengembangan Modul Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Barisan Dan Deret Untuk Siswa SMP Terbuka Kelas IX, Journal Universitas Negeri Yogyakarta. 5 (3)
Nuha, U. Mohamad, A. Umie, L. 2016. Pengembangan Buku Ajar Berbasis Penelitian Evolusi dan Filogenetik Molekuler Untuk Mata Kuliah Evolusi di Universitas Jember, Jurnal Pendidikan. 1 (9), 1791—1796
Pakpahan, R. & Yuni, F. 2020. Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona COVID-19, Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh. 4(2), 30-36
Putranti, N. 2013. Cara Membuat Media Pembelajaran Online Menggunakan Edmodo, Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains. 2 (2), 139-147
Putri, A. P. S. Mohamad, A. & Betty, L. 2017. Buku Ajar Bioteknologi Berbasis Bioinformatika Dengan Model ADDIE, Jurnal Pendidikan. 2 (6), 768-772
Riduwan. 2010. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung : Alfabeta
Rusyati, R. Anna, P. & Didit, A. 2019. Rekontruksi Bahan Ajar Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Literasi Sains Dan Teknologi Siswa Pada Konsep Kemagnetan, Journal of Science Education And Practice. 2 (2), 10-22
Rochmad, R. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika, Jurnal Kreano. 3 (1), 59–72
Subramaniam, M.M. June, A. Kenneth, R. F. & Allison, D. 2012. Reimagining the role of school libraries in STEM education : Creating hybrid spaces for exploration. The Library Quarterly, 82(2), 161-182
Sulystyaningsih, S.N. 2019. Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) Kimia Berbasis Discovery Learning Pada Materi Reaksi Redoks Kelas X MIA SMA Negeri 1 Maumere, Jurnal Akrab Juara. 4 (3), 80-92
Tegeh, I. M., Jampel, N & Pudjawan, K. 2015. Pengembangan Buku Ajar Model Penelitian Pengembangan Dengan Model ADDIE. Seminar Nasional Riset Inovatif IV. Universitas Pendidikan Ganesha
Ulva, L. I. 2018. Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Menggunakan Pendekatan Science, Technology, Engineering And Mathematic (STEM) Pada Materi Kesetimbangan Kimia, Jurnal Pendidikan Kimia. 2 (2), 27-37
Widoyoko, E. P. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Winatha, K. R. Naswan, S. Agustini, K. 2018. Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X di SMK TI Bali Global Singaraja, Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia. 8 (1), 13-25