PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 UBUD

Authors

  • Ni Wayan Sri Santika Dewi .
  • Prof. Dr.Ida Bagus Putu Arnyana, M.Si .
  • Drs. Sanusi Mulyadiharja,M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpb.v2i1.5400

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Biologi antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC kelas XI di SMA Negeri 1 Ubud. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi exsperiment) dengan rancangan Non-Equivalent Pre-test Post-test Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ubud sebanyak 213 siswa yang terdistribusi ke dalam 7 kelas. Sebanyak 2 kelas (60 siswa) dipilih sebagai sampel penelitian yang ditentukan dengan teknik acak (random sampling). Data hasil belajar Biologi siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar Biologi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Biologi yang sangat signifikan antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (t = 6,115, p = 0,000). Kualifikasi nilai rata-rata hasil belajar Biologi yang dicapai oleh siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL lebih baik dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL sebesar 81,24 sedangkan nilai rata-rata yang diperoleh siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC sebesar 77,58.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran PBL, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC

The aim of this research was to know the differences of biology learning outcomes between students who learned through problem based learning model and students who learned through cooperative integrated reading and composition model of grade XI at SMA Negeri 1 Ubud. This research was a quasi-experimental research with non-equivalent pre-test post-test control group design. The population of this research was all of students of grade XI at SMA Negeri 1 Ubud consisted of 213 students which distributed into 7 classes. Two classes (60 students) were selected as the research sample which determined by random sampling technique. Data of biology learning outcomes was collected by biology learning outcomes test. The method of data analysis used in this research were descriptive analysis and t-test. Research results show that there are very significant differences of biology learning outcomes between students who learned through problem based learning model and students who learned through cooperative integrated reading and composition model (t = 6,115, p = 0,000). The mean qualification of biology learning outcomes achieved by students who learned through problem based learning model is better than students who learned through cooperative integrated reading and composition model. The mean obtained by students who learned through problem based learning model is 81.24 while the mean obtained by students who learned through cooperative integrated reading and composition model is 77.58.
keyword : Learning Outcomes, Problem Based Learning Model, Cooperative Integrated Reading and Composition Model

Published

2015-07-23

Issue

Section

Articles