Pengaruh Penerapan Problem Based Learning Berbasis Outdoor Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMPK Frateran Ndao

Authors

  • Morison Moa Bolong Universitas Flores

Keywords:

1; Problem based learning 2; Outdoor learning 3; Kemampuan pemecahan masalah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa SMPK Frateran Ndao. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPK Frateran Ndao. Sampel penelitian berjumlah 60 orang yang diperoleh dengan teknik probability sampling dengan tipe simple random sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan SPSS 26.0 for Windows. Hasil penelitian adalah bahwa penerapanproblem based learning berbasis outdoor learning berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa SMPK Frateran Ndao.

References

Asmara, W. (2019). Penggunaan Bahan Ajar Outdoor Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 90-95. https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i1.7535

Hasanah, Z., Tenri Pada*, A. U., Safrida, S., Artika, W., & Mudatsir, M. (2021). Implementasi Model Problem Based Learning Dipadu LKPD Berbasis STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(1), 65–75. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18134

Jatisunda, M. G. (2017). Hubungan self-efficacy siswa SMP dengan kemampuan pemecahan masalah matematis. Jurnal Theorems (The Original Research of Mathematics), 1(2), 24–30. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13182

Kono, R., Mamu, H. D., & Tangge, L. N. (2016). Pengaruh model PBL terhadap pemahaman konsep biologi dan keterampilan berpikir kritis siswa tentang ekosistem lingkungan di SMA Negeri 1 Sigi. Jurnal Sains Dan Teknologi Tadulako, 5(1), 28–38. http://jurnаl.untаd.аc.id/jurnаl/index.php/JSTT/аrticle/downloаd/6958/5595

Maulidiyahwarti, G., Ach, S., & Amirudin. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Outdoor Study terhadap Hasil Belajar Siswa kelas XI ISS SMA. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(2), 475–479. http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i3.6175

Nurjannah, E., & Susiyawati, E. (2021). Keterаmpilаn Pemecаhаn Mаsаlаh Melаlui Penerаpаn model Problem Bаsed Leаrning Berbаsis Sаins Outdoor. PENSA E-JURNAL : PENDIDIKAN SAINS. 9(1), 29–34. https://ejournаl.unesа.аc.id/index.php/pensа/аrticle/view/38488

Palestina, S. M. F., Samingan, S., & Apriana, E. (2014). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Konsep Sistem Pernapasan Manusia. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 2(1), 70-76. https://doi.org/10.22373/biotik.v2i1.237

Rahmah, N. (2013). Belajar Bermakna Ausubel. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1), 43–48. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i1.54

Sari, P. C., Eriani, N. D., Audina, T., & Setiawan, W. (2019). Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Geogebra Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP. Journal of Education, 01(03), 411–416. https://doi.org/10.31004/joe.v1i3.182

Sugiyono. 2019. Metode Penelitiаn Kuаntitаtif, Kuаlitаtif dаn R&D. Bаndung: Аfаbetа.

Supriantoro, D., Meini, S. S., & Nurmida, C. S. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Dengan Model Problem Based Learning Berbasis Outdoor Learning. Jurnal Pijar MIPA. 14(2), 42-48. doi: 10.29303/ jpm.v14i2.1195

Waseso, H. P. (2018). Kurikulum 2013 Dalam Prespektif Teori Pembelajaran Konstruktivisme. Ta’lim, 1(1), 59–72. http://e-jurnаl.unisdа.аc.id/index.php/tаlim/аrticle/view/632

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global [The transformation of 21st century education as a demand for human resource development in the global era]. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016, 1, 263–278.

Zahra, P., Gresinta, E., & Pratiwi, R. H. (2021). Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran Biologi. EduBiologia: Biological Science and Education Journal, 1(1), 48. https://doi.org/10.30998/edubiologia.v1i1.8087

Downloads

Published

2023-12-08

Issue

Section

Articles