Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan melalui Pembelajaran IPA di Sekolah Bimbingan (SB) Hulu Klang, Selangor Malaysia

Authors

  • Erina Syafa'ah Universitas Muhammdiyah Malang

Keywords:

Peduli lingkungan; Pendidikan Karakter; Project Based Learning

Abstract

Latar belakang masalah ini adalah siswa belum sepenuhnhya menerapkan sikap peduli lingkungan. Kesadaran siswa terhadap kepedulian lingkungan masih sangat rendah. Hal itu, bisa terlihat berdasarkan sikap siswa yang masih suka membuang sampah sembarangan. Sikap siswa tersebut menunjukkan bahwa karakter peduli lingkungan siswa masih belum terbentuk. Karakter yang baik dapat dibentuk melalui pendidikan, salah satunya melalui pendidikan karakter yang terintegrasi pada pembelajaran IPA. Hal tersebut merupakan tujuan dari penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui observasi dan wawancara dengan menggunakan sampel 10 siswa kelas rendah dan 10 siswa kelas tinggi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa semua sampel sudah mempunyai karakter peduli lingkungan melalui pembelajaran IPA. Oleh karena itu pembelajaran IPA dapat membentuk karakter peduli lingkungan dengan cara menggunakan metode PjBL (Project Based Learning).

References

Ardianti, S. D., Wanabuliandari, S., & Rahardjo, S. (2017). Peningkatan perilaku peduli lingkungan dan tanggung jawab siswa melalui model Ejas dengan pendekatan Science Edutainment. Jurnal Imiah Pendidikan Dasar, 4(1), 1–7. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/pendas/article/view/995

Badarudin, B. sikap peduli lingkungan dan prestasi belajar I. menggunakan M. P. B. L. berbasis literasi pada subtema lingkungan tempat tinggalku di K. I. M. M. K. (2018). Peningkatan sikap peduli lingkungan dan prestasi Belajar IPA menggunakan Model Problem Based Learning berbasis literasi pada subtema lingkungan tempat tinggalku di Kelas IV MI Muhammadiyah Kramat Badarudin. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 3(2), 50–56. https://doi.org/10.26737/jpdi.v3i2.793

Hafza, A., Siregar, R. R., Ani, S., & Ginting, H. F. (2023). Membentuk karakter peduli lingkungan pada siswa Sekolah Dasar melalui pembelajaran IPA dengan media audio visual (menonton video). Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS), 9(1), 82–88. https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/sigma/article/view/3771

Hidayat, A. (2017). Kesenjangan sosial terhadap pensisikan sebagai pengaruh era globalisasi. Jurnal Justisi Hukum, 2(1), 15–25. https://core.ac.uk/download/pdf/322468389.pdf

Ilyas, M. (2008). Lingkungan hidup dalam pandangan islam. Jurnal Sosial Humaniora, 1(2), 154–166. https://doi.org/10.12962/j24433527.v1i2.672

Ismail, M. J. (2021). Pendidikan karakter peduli lingkungan dan menjaga kebersihan di sekolah. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 59–68. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.67

Munawar, M., & Suarja, Z. A. (2014). Hubungan antara Pengetahuan Alam dan Lingkungan Hidup (PALH) dengan perilaku siswa dalam pengelolaan kebersihan lingkungan sekolah di SMA 15 Adidarma Banda Aceh. Serambi Saintia, 2(2), 134–142. https://ojs.serambimekkah.ac.id/serambi-saintia/article/view/96/0

Muryanto, M., Sunarno, W., & Ashadi, A. (2016). Pengembangan modul IPA terpadu tema ekosistem dengan kepedulian lingkungan dan kemampuan analisis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS), 269–278. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/9847/0

Mutmainnah, M. (2019). Lingkungan dan perkembangan anak usia dini dilihat dari perspektif psikologi. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 5(2), 15–32. https://doi.org/10.22373/equality.v5i2.5586

Novianti, R. (2021). Model pembelajaran untuk menumbuhkan karakter peduli lingkungan mata pelajaran IPA. JPB - Jurnal Pendidikan Biologi, 2(2), 16–23. http://journal.unirow.ac.id/index.php/jpb/article/view/550

Nurrahman, A., Rismaningsih, F., Hernaeny, U., Pratiwi, L., Wahyudin, W., Rukyat, A., Yati, F., Lusiani, L., Riaddin, D., & Setiawan, J. (2021). Pengantar statistika 1. Media Sains Indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/Pengantar_Statistika_1/Vm1XEAAAQBAJ? l=en&gbpv=1&dq=Pengantar+statistika+1&pg=PR1&printsec=frontcover

Permana, M. S., Damiri, D. J., & Bunyamin, H. (2015). Pengembangan media pembelajaran interaktif Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berbasis multimedia. Jurnal Algoritma, 11(2), 254–263. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.11-2.254

Rezkita, S., & Wardani, K. (2018). Pengintegrasian pendidikan lingkungan hidup membentuk karakter peduli lingkungan di Sekolah Dasar. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(2), 327–331. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu/article/view/2237

Riza, M. A. A., Firmandhani, S. W., & Iswardhani, T. K. (2018). Faktor penyebab kerusakan lingkungan sekitar akibat pembangunan Underpass studi kasus : Underpass Makamhaji, Sukoharjo. Jurnal UNDIP, 18(2), 97–100. https://doi.org/10.14710/mdl.18.2.2018.97-100

Santika, I. G. N. (2018). Strategi meningkatkan kualitas SDM masyarakat Desa Padangsambian Kaja melalui pendidikan karakter berbasiskan kepedulian lingkungan untuk membebaskannya dari bencana banjir. Widya Accarya, 9(2), 1–10. http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyaaccarya/article/view/941

Santika, I. G. N. (2021). Pendidikan kewarganegaraan (Studi Komparatif Konstitusi dengan UUD 1945) (1st ed.). Lakeisha. https://books.google.co.id/books?id=2XAYEAAAQBAJ&printsec=copyright&redir esc=y#v=onepage&q&f=false

Santika, I. G. N., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2022). Membentuk karakter peduli lingkungan pada siswa Sekolah Dasar melalui pembelajaran IPA. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 10(1), 207–212. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3382%0Ahttp://journal.ipts.ac.id/i dex.php/ED/article/download/3382/2182

Sugiyono, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta R&D. Bandung: ALFABETA. https://www.scribd.com/document/391327717/Buku-Metode Penelitian-Sugiyono#

Tanjung, R., Dalimunthe, E. M., Ramadhini, F., & Sari, D. M. (2021). Penerapan model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan kepedulian siswa terhadap lingkungan pada pembelajaran IPS kelas IV B MI model panyabungan. ITTIHAD Jurnal Pendidikan, 5(1), 93–97. https://ejournal ittihad.alittihadiyahsumut.or.id/index.php/ittihad/article/viewFile/120/110

Utaminingsih, R. (2015). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Laboratorium Alam Pada Pembelajaran IPA SD. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 2(1), 215–220. https://media.neliti.com/media/publications/259106-pemanfaatan-lingkungan sebagai-laborator-697b485a.pdf

Yahya, M. S. (2019). Integrasi pendidikan karakter peduli lingkungan dalam kegiatan pembelajaran di SDIT Imam Syafi’i Petanahan Kebumen. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 24(2), 232–246. https://doi.org/10.24090/insania.v24i2.3065

Downloads

Published

2023-12-08

Issue

Section

Articles