Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan melalui Pembelajaran IPA di Sekolah Bimbingan (SB) Hulu Klang, Selangor Malaysia
Keywords:
Peduli lingkungan; Pendidikan Karakter; Project Based LearningAbstract
Latar belakang masalah ini adalah siswa belum sepenuhnhya menerapkan sikap peduli lingkungan. Kesadaran siswa terhadap kepedulian lingkungan masih sangat rendah. Hal itu, bisa terlihat berdasarkan sikap siswa yang masih suka membuang sampah sembarangan. Sikap siswa tersebut menunjukkan bahwa karakter peduli lingkungan siswa masih belum terbentuk. Karakter yang baik dapat dibentuk melalui pendidikan, salah satunya melalui pendidikan karakter yang terintegrasi pada pembelajaran IPA. Hal tersebut merupakan tujuan dari penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui observasi dan wawancara dengan menggunakan sampel 10 siswa kelas rendah dan 10 siswa kelas tinggi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa semua sampel sudah mempunyai karakter peduli lingkungan melalui pembelajaran IPA. Oleh karena itu pembelajaran IPA dapat membentuk karakter peduli lingkungan dengan cara menggunakan metode PjBL (Project Based Learning).
References
Ardianti, S. D., Wanabuliandari, S., & Rahardjo, S. (2017). Peningkatan perilaku peduli lingkungan dan tanggung jawab siswa melalui model Ejas dengan pendekatan Science Edutainment. Jurnal Imiah Pendidikan Dasar, 4(1), 1–7. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/pendas/article/view/995
Badarudin, B. sikap peduli lingkungan dan prestasi belajar I. menggunakan M. P. B. L. berbasis literasi pada subtema lingkungan tempat tinggalku di K. I. M. M. K. (2018). Peningkatan sikap peduli lingkungan dan prestasi Belajar IPA menggunakan Model Problem Based Learning berbasis literasi pada subtema lingkungan tempat tinggalku di Kelas IV MI Muhammadiyah Kramat Badarudin. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 3(2), 50–56. https://doi.org/10.26737/jpdi.v3i2.793
Hafza, A., Siregar, R. R., Ani, S., & Ginting, H. F. (2023). Membentuk karakter peduli lingkungan pada siswa Sekolah Dasar melalui pembelajaran IPA dengan media audio visual (menonton video). Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS), 9(1), 82–88. https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/sigma/article/view/3771
Hidayat, A. (2017). Kesenjangan sosial terhadap pensisikan sebagai pengaruh era globalisasi. Jurnal Justisi Hukum, 2(1), 15–25. https://core.ac.uk/download/pdf/322468389.pdf
Ilyas, M. (2008). Lingkungan hidup dalam pandangan islam. Jurnal Sosial Humaniora, 1(2), 154–166. https://doi.org/10.12962/j24433527.v1i2.672
Ismail, M. J. (2021). Pendidikan karakter peduli lingkungan dan menjaga kebersihan di sekolah. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 59–68. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.67
Munawar, M., & Suarja, Z. A. (2014). Hubungan antara Pengetahuan Alam dan Lingkungan Hidup (PALH) dengan perilaku siswa dalam pengelolaan kebersihan lingkungan sekolah di SMA 15 Adidarma Banda Aceh. Serambi Saintia, 2(2), 134–142. https://ojs.serambimekkah.ac.id/serambi-saintia/article/view/96/0
Muryanto, M., Sunarno, W., & Ashadi, A. (2016). Pengembangan modul IPA terpadu tema ekosistem dengan kepedulian lingkungan dan kemampuan analisis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS), 269–278. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/9847/0
Mutmainnah, M. (2019). Lingkungan dan perkembangan anak usia dini dilihat dari perspektif psikologi. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 5(2), 15–32. https://doi.org/10.22373/equality.v5i2.5586
Novianti, R. (2021). Model pembelajaran untuk menumbuhkan karakter peduli lingkungan mata pelajaran IPA. JPB - Jurnal Pendidikan Biologi, 2(2), 16–23. http://journal.unirow.ac.id/index.php/jpb/article/view/550
Nurrahman, A., Rismaningsih, F., Hernaeny, U., Pratiwi, L., Wahyudin, W., Rukyat, A., Yati, F., Lusiani, L., Riaddin, D., & Setiawan, J. (2021). Pengantar statistika 1. Media Sains Indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/Pengantar_Statistika_1/Vm1XEAAAQBAJ? l=en&gbpv=1&dq=Pengantar+statistika+1&pg=PR1&printsec=frontcover
Permana, M. S., Damiri, D. J., & Bunyamin, H. (2015). Pengembangan media pembelajaran interaktif Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berbasis multimedia. Jurnal Algoritma, 11(2), 254–263. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.11-2.254
Rezkita, S., & Wardani, K. (2018). Pengintegrasian pendidikan lingkungan hidup membentuk karakter peduli lingkungan di Sekolah Dasar. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(2), 327–331. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu/article/view/2237
Riza, M. A. A., Firmandhani, S. W., & Iswardhani, T. K. (2018). Faktor penyebab kerusakan lingkungan sekitar akibat pembangunan Underpass studi kasus : Underpass Makamhaji, Sukoharjo. Jurnal UNDIP, 18(2), 97–100. https://doi.org/10.14710/mdl.18.2.2018.97-100
Santika, I. G. N. (2018). Strategi meningkatkan kualitas SDM masyarakat Desa Padangsambian Kaja melalui pendidikan karakter berbasiskan kepedulian lingkungan untuk membebaskannya dari bencana banjir. Widya Accarya, 9(2), 1–10. http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyaaccarya/article/view/941
Santika, I. G. N. (2021). Pendidikan kewarganegaraan (Studi Komparatif Konstitusi dengan UUD 1945) (1st ed.). Lakeisha. https://books.google.co.id/books?id=2XAYEAAAQBAJ&printsec=copyright&redir esc=y#v=onepage&q&f=false
Santika, I. G. N., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2022). Membentuk karakter peduli lingkungan pada siswa Sekolah Dasar melalui pembelajaran IPA. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 10(1), 207–212. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3382%0Ahttp://journal.ipts.ac.id/i dex.php/ED/article/download/3382/2182
Sugiyono, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta R&D. Bandung: ALFABETA. https://www.scribd.com/document/391327717/Buku-Metode Penelitian-Sugiyono#
Tanjung, R., Dalimunthe, E. M., Ramadhini, F., & Sari, D. M. (2021). Penerapan model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan kepedulian siswa terhadap lingkungan pada pembelajaran IPS kelas IV B MI model panyabungan. ITTIHAD Jurnal Pendidikan, 5(1), 93–97. https://ejournal ittihad.alittihadiyahsumut.or.id/index.php/ittihad/article/viewFile/120/110
Utaminingsih, R. (2015). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Laboratorium Alam Pada Pembelajaran IPA SD. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 2(1), 215–220. https://media.neliti.com/media/publications/259106-pemanfaatan-lingkungan sebagai-laborator-697b485a.pdf
Yahya, M. S. (2019). Integrasi pendidikan karakter peduli lingkungan dalam kegiatan pembelajaran di SDIT Imam Syafi’i Petanahan Kebumen. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 24(2), 232–246. https://doi.org/10.24090/insania.v24i2.3065
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.