KOMPARASI MAKE A MATCH DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP

Authors

  • Ni Wayan Lina Astiani .
  • Dra.Desak Made Citrawathi,M.Kes .
  • Dr. I Wayan Sukra Warpala,S.Pd,M.Sc .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpb.v3i2.8012

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pebedaan antara motivasi belajar dan hasil belajar siswa secara bersama-sama antara siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT), (2) mengetahui perbedaan motivasi belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT), dan (3) mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental Research) dengan rancangan non equivalent pre test-post test control group design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes Teknik analisis data yang digunkan adalah Multivariate analysis of covariance (Mancova). Hasil penelitian ini menunjukan taraf signifikansi dari uji Mancova adalah P<0,05 sehingga dikatakan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dan teams games tournament. Kelas yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match memiliki motivasi belajar dan hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament.
Kata Kunci : hasil belajar, make a match , motivasi belajar , teams games tournament

The purposes of this study was to (1) knowing the difference between learning motivation and learning outcomes all together between students that learned using cooperative learning model type make a match and students that learned using cooperative learning model type teams games tournament (TGT), (2) knowing the difference of motivation in science learning between students that learned using cooperative learning model type make a match with students that learned using cooperative learning model type teams games tournament (TGT), and (3) determine the differences in learning outcomes between students that learned using cooperative learning model type make a match and students that learned using cooperative learning model type teams games tournament (TGT). This study was a quasi-experimental research with nonequivalent pretest-posttest control group design. The Methods of data collection was the test method. The data analysis technique using mainly Multivariate analysis of covariance (Mancova). The results of data analysis showed significance level of the test Mancova is P <0.05, so it can said that there are differences in learning motivation and learning outcomes between students that learn using cooperative learning model type make a match and teams games tournament. Student that learn using cooperative learning model type make a match has higher motivation to learn and learning outcomes than students who learn using cooperative learning model type teams games tournament.
keyword : learning motivation, learning outcomes ,make a match, teams games tournament,

Published

2016-07-27

Issue

Section

Articles