PERPADUAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) DENGAN METODE BRAINSTORMING MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA SISWA SMPN 2 RENDANG KARANGASEM
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpb.v3i2.8319Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui perpaduan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) dengan brainstorming meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif IPA. Penelitian ini menggunakan rancangan quasi experimental dengan Non-Equivalent Pre-test Post-test Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMPN 2 Rendang tahun pelajaran 2016/2017 dengan sampel 69 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan dengan tes hasil belajar dan angket motivasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan statistik Manova. Uji Manova menggunakan program SPSS-PC 21 for Windows dengan hipotesis taraf signifikansi 5%. Hasil analisis data menunjukan bahwadiperoleh nilai F = 15,306 dangan nilai p = 0,0001 untuk motivasi belajar. Pada hasil belajar kognitif diperoleh nilai F= 7,578 dengan nilai p = 0,008. Dapat ditarik simpulan sebagai berikut (1) terjadi peningkatan yang bermakna motivasi dan hasil belajar kognitif siswa (2) terjadi peningkatan yang bermakna motivasi belajar perpaduan pada model pembelajaran TGT dengan metode brainstorming sebesar 6,78% dengan nilai p = 0,0001 (p<0,05)); (3) terjadi peningkatan yang bermakna hasil belajar IPA pada perpaduan model pembelajaran tipe TGT dengan metode brainstorming sebesar 10,08% dengan nilai p = 0,008 (p<0,05).Kata Kunci : brainstorming, hasil belajar IPA, model pembelajaran TGT ,motivasi
This research aimed to know the effect of combining Cooperative learning model named Team Games Tournament (TGT) with brainstorming to improve students’ motivation and cognitive learning outcomes in science class. This research used quasi-experimental design with Non-Equivalent Pre-test Post-test Control Group Design. The population of this research was the eight grade students at SMPN 2 Rendang in academic year of 2016/2017 with 69 students chosen as samples. The data of this research was collected through test and questionnaire. The data analysis techniques used were descriptive analysis and statistics Manova. Manova testing used was SPSS-PC 21 for Windows with the hypothesis significance level of 5%. The results of the data analysis showed that obtained value F = 15.306 with p = 0.0001 for the motivation to learn. In the cognitive learning obtained value F = 7.578 with p = 0.008. Conclusions can be drawn as follows (1) there was significant increase in students’ motivation and their cognitive learning outcomes(2) there was significant increase of students’ learning motivation throughcombining TGT learning model withbrainstormingby 6,78% with a value of p = 0,0001 (p <0, 05)); (3) there was significant increase in students’ science learning outcomes through combining TGT learning model withbrainstorming by 10,08% with value of p = 0.008 (p <0.05).
keyword : brainstorming, motivation , science learning outcomes, TGT learning model.
Published
2016-08-09
Issue
Section
Articles