PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS LENGKARA DENGAN AKSARA BALI DI KELAS X BOGA 2 SMK NEGERI 1 SERIRIT TAHUN PELAJARAN 2013/2014
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbb.v1i1.4426Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan langkah-langkah yang tepat dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis lengkara dengan aksara Bali di kelas X Boga2SMKN 1 Seririt, (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa menulis lengkara dengan aksara Bali setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, dan (3) mendeskripsikan respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran menulis dengan aksara Bali.Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas.Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X Boga2SMKN 1 Seririt. Objek penelitian dalam penelitian ini ada dua yaitu objek mencerminkan proses adalah penerapan model pembelajaran koperatif tipe STAD, sedangkan objek mencerminkan produk adalah kemampuan siswa menulis dengan aksara Bali. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, tes, dan kuesioner.Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif.Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat beberapa langkahyang tepat dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis lengkara dengan aksara Bali. Dalam proses pembelajaran, pembentukan kelompok secara heterogen membuat siswa senang dan termotivasi mengikuti pembelajaran menulis dengan aksara Bali, (2) terdapat peningkatan terhadap hasil tesmenulis lengkara dengan aksara Bali siswa.Pada siklus I, rata-rata hasil tes siswa adalah 73,82 yang berada pada kategori lebih dari cukup, mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata-rata77,73 yang berada pada kategori baik,(3) siswa memberikan respons sangat positif terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran menulis dengan aksara Bali.Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe STAD, menulis lengkara dengan aksara Bali
This study aims to (1) describe the exact steps in the implementation of STAD cooperative learning model to improve students 'ability to write improbable with the Balinese in class X Catering 2 SMK 1 Seririt, (2) describe an increase in students' ability to write improbable with the Balinese after implementation of STAD cooperative learning model, and (3) describe the student's response to the application of cooperative learning in the learning STAD writing Balinese script. This study uses classroom action research design. Subjects in this study were teachers and students of class X Catering 2 SMK 1 Seririt. The research object in this study there are two objects that reflect the process is the implementation of STAD cooperative learning models, while the object is the product reflects the student's ability to write the Balinese script. Data collection methods used in this study is the method of observation, tests, and questionnaires. Data were analyzed using descriptive techniques of quantitative and qualitative description. The results of this study were (1) there are some proper steps in the implementation of STAD cooperative learning model to improve students' ability to write improbable with Balinese script. In the learning process, the formation of heterogeneous groups make students happy and motivated to follow the teaching of writing with the Balinese, (2) there is an increase in the test results with the improbable Balinese script writing students. In the first cycle, the average student test results is 73.82 which is more than enough category, increased in the second cycle with an average of 77.73 which is in the good category, (3) students responded very positively to the application of STAD cooperative learning model in teaching writing Balinese script.
keyword : Model STAD Cooperative Learning, writing improbable with the Balinese
Published
07-11-2014
Issue
Section
Articles