SESELEH WANGUN LAN PIKENOH PENDIDIKAN KARAKTER CERPEN KETEMU RING TAMPAKSIRING RING MODUL PENDIDIKAN BASA DAERAH BALI SMA KELAS X

Authors

  • Ni Putu Nova Kartika Sari .
  • I Ketut Paramarta, S.S.,M.Hum. .
  • I Wayan Gede Wisnu, S.S., M.Si. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbb.v2i1.4568

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) unsur intrinsik cerpen Ketemu ring Tampaksiring dalam modul pendidikan bahasa daerah Bali SMA kelas X, (2) nilai pendidikan karakter cerpen Ketemu ring Tampaksiring dalam modul pendidikan bahasa daerah Bali SMA kelas X. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah modul pendidikan bahasa daerah Bali SMA kelas X. Objek penelitiannya adalah apa saja unsur intrinsik cerpen Ketemu Ring Tampaksiring dalam modul pendidikan bahasa daerah Bali SMA kelas X dan nilai pendidikan karakter apa saja yang ada di cerpen Ketemu ring Tampaksiring dalam modul pendidikan bahasa daerah Bali SMA kelas X. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode catatan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan tahapan (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penyimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) unsur intrinsik yang ada di cerpen Ketemu ring Tampaksiring dalam modul pendidikan bahasa daerah Bali SMA kelas X adalah tema, alur dan latar, tokoh dan penokohannya, sudut pandang, dan amanatnya, (2) pendidikan karakter yang ada di cerpen Ketemu ring Tampaksiring dalam modul pendidikan bahasa daerah Bali SMA kelas X adalah hanya 14 nilai pendidikan karater yang ada. Nilai-nilai karakter seperti religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial, dan tanggung jawab. Tetilikan puniki matetujon nlatarang (1) uning indik wangun cerpen Ketemu ring Tampaksiring ring modul pendidikan basa daerah Bali SMA Kelas X, lan (2) uning pikenoh pendidikan karakter sane wenten ring cerpen Ketemu ring Tampaksiring ring modul pendidikan basa daerah Bali SMA Kelas X. Tetilikan puniki nganggen palihan tetilik deskriptif kualitatif. Jejering ring tetilik puniki modul pendidikan basa daerah Bali SMA kelas X. Panandang tetilik puniki, sapunapi manten wangun sane wenten ring cerpen Ketemu ring Tampaksiring ring modul pendidikan basa daerah Bali SMA Kelas X lan pikenoh pendidikan karakter napi manten sane wenten ring cerpen Ketemu ring Tampaksiring ring modul pendidikan basa daerah Bali SMA Kelas X. Pamupulan data nganggen kramaning catatan dokumentasi. Kramaning data tureksa sane manggen ingih punika analisis kualitatif antuk pamargi (1) reduksi data, (2) penyajian data, lan (3) penyimpulan. Pikolih tetilikan puniki nyantenang (1) wangun sane wenten sajeroning cerpen Ketemu ring Tampaksiring ring modul pendidikan basa daerah Bali SMA Kelas X inggih punika unteng, lelintihan lan rerawatan, pragina lan pangabahannyane, telisik sang pangawi, lan piteketnyane, (2) pendidikan karakter sane wenten sajeroning cerpen Ketemu ring Tampaksiring ring modul pendidikan basa daerah Bali SMA Kelas X inggih punika wantah wenten 14 pikenoh pendidikan karakter. Pikenoh-pikenoh karakter punika minakadi keniskalaan (religius), arawa (jujur), awiwahara (toleransi), plapan (disiplin), teleb ring parikarya (kerja keras), mandiri, kedeh mapiuning (rasa ingin tahu), semangat kebangsaan, menghargai prestasi, pasawitran (bersahabat/komunikatif), sarat ring sukerta (cinta damai), oneng ngwacen (gemar membaca), urati ring pakraman (peduli sosial), lan paripurna ring parikarya (tanggung jawab).
Kata Kunci : analisis struktur, pendidikan karakter, cerpen | wangun, pendidikan karakter, cerpen

The purpose of this experiment are to explain anything like (1) intrinsic element the story of Ketemu ring Tampaksiring in the book of Balinese language of education department 10 grade of senior high school, (2) the value of education character story of Ketemu ring Tampaksiring in the book of Balinese language of education department. This experiment is created as used were qualitative analysis. The subject of this experiment is the book of Balinese language of education department 10 grade of senior high school. Object of this experiment is anything of intrinsic element the story of Ketemu ring Tampaksiring in the book of Balinese langage of education department 10 grade of senior high school and all of the value of education character that you can find in the story of Ketemu ring Tampaksiring in the book of Balinese language of education department 10 grade of senior high school. Collecting all of the data use documentation note method. Data analysis method that you use is qualitative analysis by steps (1) data reduction, (2) data presenting, (3) process of drawing a conclusion. Product of this experiment showed that (1) unsure intrinsic in the story of Ketemu ring Tampaksiring in the book of Balinese language of education department 10 grade of senior high school are theme, plot and surface, character and characterization, viewpoint, and moral value from the story, (2) education character in the story of Ketemu ring Tampaksiring in the book of Balinese language of education department 10 grade of senior high school are only 14 value of education character. The value of education character like, religious, honest, tolerance, discipline, work hard, stand alone, want to know something, patriotism, respect to many achievement, friendly and communicative, love in peace, diligent to read something, care about social, and responsible.
keyword : analysis of structure, education character, the story

Published

03-02-2015

Issue

Section

Articles