SESELEH GUNASARAT SANE WENTEN RING SATUA NAGA LOLOK DRUWEN GEDONG KIRTYA SINGARAJA BALI MIWAH PAIKETANNYANE SARENG PANGAJAHAN

Authors

  • ANAK AGUNG GEDE INDRAYANA .
  • Ida Bagus Rai, S.S., M.Pd .
  • Drs. Gede Gunatama, M.Hum. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbb.v2i1.4579

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui nilai-nilai apa saja yang terkandung dalam satua Naga Lolok milik Gedong Kirtya Singaraja, Bali, (2) mengetahui kaitan nilai-nilai yang ada dalam satua Naga Lolok milik Gedong Kirtya Singaraja, Bali dengan pembelajaran, (3) mengetahui manfaat nilai-nilai yang terkandung dalam satua Naga Lolok. Penelitian ini berupa penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah satua Naga Lolok sedangkan objeknya adalah nilai-nilai yang terkandung dalam satua Naga Lolok dan kaitannya dengan pembelajaran. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1) nilai-nilai yang terkandung dalam satua Naga Lolok adalah nilai pendidikan, nilai keindahan, nilai kultural atau budaya, nilai moral/nasihat, nilai religius, miwah sosiologis. Diantara semua nilai-nilai tersebut ada salah satu nilai yang dibagi lagi menjadi 18, yaitu nilai pendidikan. 18 nilai tersebut adalah nilai pendidikan karakter. Dalam satua Naga Lolok ini ditemukan 12 nilai pendidikan karakter, yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, demokratis, rasa ingin tahu, bersahabat/komunikatif, gemar membaca, peduli sosial, dan tanggung jawab. (2) kaitan nilai dengan pembelajaran ialah,diantara semua nilai-nilai tersebut, ada salah satu nilai yang prasida diterapkan saat pembelajaran di sekolah. Nilai tersebut adalah nilai pendidikan, karena nilai pendidikan tersebut terdapat nilai pendidikan karakter, yang bisa diterapkan untuk membangun karakter bangsa para siswa. Seperti yang sering digunakan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). (3). Manfaat nilai-nilai dalam satua Naga Lolok yaitu, semua nilai-nilai yang terkandung dalam satua tersebut sangat bermanfaat. Karena di dalam nilai-nilai tersebut kita bisa tahu mana yang baik dan tidak untuk dilakukan dan diterapkan dalam kehidupan ini.
Kata Kunci : Nilai-nilai, Satua Naga Lolok, Pembelajaran

This research has some purposes (1) to know the values in the folklore entitled “Naga Lolok” which was created by Gedong Kirtya Singaraja, Bali, (2) to know the relation of the values in the folklore to teaching – learning process, (3) to know the advantages of the values in the folklore. This research is in form of descriptive qualitative research. The subject of the research is “Naga Lolok” folklore, while the object is the values which can be taken from the folklore and the relation to the teaching - learning process. To collect the data, this research uses documentation method. The results of this research are: (1) the values of the folklore entitled “Naga Lolok” are the values of education, beauty, culture and tradition, moral/advice, religious, and sociology. Among thosev values, there is a vause which can be divides into eighteen, that is the value of education. Those eighteen values are the value of character education. In the folklore of “Naga Lolok”, twelve values of character education is found, those are: religious, honest, tolerance, discipline, hard work, creative, democratize, curiosity, friendly/communicative, love to read, social, and responsibility. (2) the relation of the values to the teaching – learning process are among of all values which is there in the folklore, there is one value that can be implemented in teaching learning process in school. The value is education values, because in the value of education, there is character education values which can be implemented to build students character of nationalism. Like what can be found often in Lesson Plan. (3) The advantages of the values in the “Naga Lolok” folklore are all of the values in the story are very good, because we are able to know which one is good and bad to do and which one is right or wrong from the story that can be used or implemented in this life
keyword : Values, Folklore Naga Lolok, Teaching – learning process

Published

03-02-2015

Issue

Section

Articles