Meningkatkan Keterampilan Siswa dalam Berparibasa Bali Menggunakan Media Audio Visual Lawak Bali
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbb.v9i2.46724Keywords:
audio visual, keterampilan, paribasa baliAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tata cara menggunakan media audio visual lawak Bali untuk meningkatkan keterampilan berparibasa Bali siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Sukawati, mengetahui keterampilan siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Sukawati setelah menggunakan media audio visual lawa Bali dalam berparibasa Bali, serta pendapat dari siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Sukawati tentang media audio visual lawak Bali dalam pembelajaran Paribasa Bali. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Sukawati, dan objek dari penelitian adalah pembelajaran menggunakan media audio visual lawak Bali. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa (1) tata cara guru menggunakan media audio visual lawak Bali dalam pelajaran Paribasa Bali sesuai dengan rencana pembelajaran yang sudah dibuat, (2) menggunakan media audio visual lawak Bali dapat meningkatkan keterampilan siswa berparibasa Bali, terdapat peningkatan nilai rata-rata siklus I 70,88 dan siklus II 81,63, (3) pendapat siswa tentang penggunaan media audio visual lawak Bali dalam pembelajaran Paribasa Bali pada siklus I baik, dengan skor 10,80 dan pada siklus II sangat baik, dengan skor 14,61. Berdasarkan hasil tersebut dalam disimpulkan terdapat pengaruh yang baik dan signifikan ketika menggunakan media audio visual lawak Bali dalam pembelajaran Paribasa Bali siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Sukawati.
Kata kunci: Audio Visual, Keterampilan, Paribasa Bali
References
AB., Simpen Wayan. 2010. Basita Paribasa. Denpasar: PT. Upada Sastra
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Arya, Ketut; Wirawan, I Made Agus; Pradnyana, Gede Aditra. 2019. “Aplikasi Pengenalan Paribasa Bali Berbasis Mobile”. Singaraja. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha
Erlina, Ni Putu Pande Mirah Sri Erlina. 2021. “Media Audio Visual Lagu Pop Bali Meningkatkan Kemampuan Paribasa Bali”. Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa Bali, Vo. 8, No. 2. 2021. Universitas Pendidikan Ganesha https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBB/article/view/35602
Gautama, Wayan Budha. 2007. Kasusastraan Bali. Denpasar: PARAMITA Surabaya
Ginarsa, Ketut. 1985. Paribasa Bali. Denpasar: CV. Kayumas Agung
Handayani, Luh Putu Novyta. 2016. “Kawigunan Media Audio-Visual Marupa Gending Pop Bali Maaksara Latin Sisia Kelas XI MIPA 1 Multimedia 2 SMK Negeri 1 Sukasada”. Singaraja: Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Universitas Pendidikan Ganesha
KBBI.2016. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/lawak (diakses pada 24 November 2021, 18.27 WITA)
Medera, I Nengah, dkk. 2007. Kasusastraan Bali. Denpasar: Dinas Kebudayaan Provinsi Bali.
Rispintari, Ni Made. 2019. “Ngawigunayang Media Audio Visual Kanggen Nincapang Kawagedan Tembang Pupuh Ginada Sisia Kelas XI MIPA 1 IBB 1 SMA Negeri 3 Singaraja”. Singaraja: Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Universitas Pendidikan Ganesha
Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran. Depok : PT Rajagrafindo Persada
Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group
Sugita, I Wayan; Pastika, I Gede Tilem. 2021. “Nilai-Nilai Pendidikan Agama Hindu Yang Terkandung Dalam Paribasa Bali Suguhan Pertunjukan Wayang Kulit Cenk Blonk”. Denpasar. UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia
Tinggen, I Nengah. 1982. Aneka Sari Gending-gending Bali. Singaraja: Rhika Dewata
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.