PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM-ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBANTUAN MEDIA KARTU TANKETSU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGINGAT KOSAKATA BAHASA JEPANG

Authors

  • I Putu Anggela Agustin Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Eva Krishna Adnyani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Satya Hermawan Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v3i2.11192

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan kemampuan mengingat kosakata bahasa Jepang kelas XI IPB 1 SMA Negeri 1 Sawan tahun ajaran 2016/2017 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) berbantuan media kartu tanketsu, (2) mendeskripsikan respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) berbantuan media kartu tanketsu untuk meningkatkan kemampuan mengingat kosakata bahasa Jepang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPB 1 SMA Negeri 1 Sawan tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 26 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes dan kuesioner. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) berbantuan media kartu tanketsu mampu meningkatkan kemampuan mengingat kosakata bahasa Jepang siswa. Hasil pretest menunjukkan kondisi awal siswa dengan persentase ketuntasan 19% dengan rata-rata nilai 52,11. Sedangkan pada siklus I, persentase ketuntasan siswa adalah 50% dengan rata-rata nilai 68,17. Pada siklus II, persentase ketuntasan siswa meningkat menjadi 100% dengan rata-rata nilai 78,85. (2) Respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) berbantuan media kartu tanketsu tergolong positif. Pada siklus I, rata-rata respons siswa adalah 36,5 yang tergolong positif. Pada siklus II, rata-rata respons siswa adalah 40,4 yang tergolong positif.
Kata Kunci : team assisted individualization, kartu tanketsu, kosakata bahasa Jepang

要旨 本論の目的は、(1)2016年度公立サワン第一高等学校言語コース11年1組のグループ学習TAI法に基づくカードゲーム「たんけつ」の使用によって、学習者の日本語語彙記憶力を向上させること、(2)この学習法に対して当校学習者がどのような反応を示したかを明らかにすることである。この研究は、二周期に渡る教室実践活動調査である。調査対象は、2016年度公立サワン第一高等学校言語コース11年1組の生徒26名である。データは、インタビュー、観察、テスト、アンケートにより収集し、それを定性的及び定量的記述法により分析した。この結果は次の通りである。(1)この学習法によって、当校学習者の日本語語彙記憶力は向上したと言える。これは、予備テストの標準値を超えた学習者の割合が19%、平均点が52.11点だったのに対し、第一周期終了時には各々50%、68.17点、第二周期終了時には各々100%、78.85点に上昇したことから判る。(2)この学習法を使用した際の学習者の反応は、良に分類される。これは、第一周期終了時では36.5ポイント、第二周期終了時では40.4ポイントが良に分類されたことから言える。
keyword : TAI学習法、「たんけつ」カード、日本語語彙

Downloads

Published

2017-07-25

Issue

Section

Articles