PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN PERMAINAN BINGO UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN HURUF HIRAGANA SISWA KELAS X IBB 1 SMA NEGERI 1 SUKASADA TAHUN AJARAN 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbj.v5i2.18686Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan penguasaan huruf hiragana setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif berbantuan permainan bingo siswa kelas XIBB 1 SMA N 1 Sukasada tahun ajaran 2018/2019 dan (2) mendeskripsikan respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif berbantuan permainan bingo untuk meningkatkan penguasaan huruf hiragana siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X IBB 1 SMA N 1 Sukasada sebanyak 24 orang siswa pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, tes, kuesioner, dan wawancara. Data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran kooperatif berbantuan permainan bingo mampu meningkatkan penguasaan huruf hiragana siswa kelas X IBB 1 SMA N 1 Sukasada tahun ajaran 2018/2019. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase ketuntasan klasikal yaitu, pada pretest ketuntasan klasikal sebesar 20,83%. Pada siklus I terjadi peningkatan sebesar 62,50%. Pada siklus II meningkat menjadi 100%. (2) Respons siswa positif terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif berbantuan permainan bingo.Kata Kunci : Kata kunci: model pembelajaran kooperatif, permainan bingo, huruf hiragana
本研究は、(1) 2018/2019年度第一スカサダ国立高等学校言語クラスの10年生における平仮名を身につけるためのビンゴゲームを通じる協同学習方法の利用、(2) 平仮名を身につけるためのビンゴゲームを通じる協同学習方法の利用に対する学習者の反応を明らかにすることを目的としている。調査は二周期に教室実践活動調査である。研究の対象は2018/2019年度第一スカサダ国立高等学校言語クラスの一年生の24名である。データ収集方法は観察、テスト、アンケート、及びインタビューである。そのデータを定量的および定性的な記述法により分析した結果、(1) 2018/2019年度第一スカサダ国立高等学校言語クラスの一年生がビンゴゲームを通じる協同学習方法平仮名を身につけることが出来た。それは合格率の向上による示された。事前テストの合格率が20.83%、一回目のサイクルの合格率が62.50%、二回目のサイクルの合格率が100% に達した。(2) 平仮名を身につけるためのビンゴゲームを通じる協同学習方法の利用に対する学習者の反応がポジティブである。
keyword : キーワード : 協同学習方法、ビンゴゲーム、平仮名