PROFIL STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI SMA NEGERI 1 UBUD

Authors

  • Ni Putu Mega Nandini Universitas Pendidikan Ganesha
  • Desak Made Sri Mardani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Satya Hermawan Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v5i2.18816

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru bahasa Jepang di SMA Negeri 1 Ubud, (2) faktor-faktor yang mendasari penggunaan strategi pembelajaran bahasa Jepang, dan (3) kendala-kendala yang dihadapi dalam kegiatan pembelajaran bahasa Jepang di SMA Negeri 1 Ubud. Subjek penelitian ini adalah satu orang guru bahasa Jepang di SMA Negeri 1 Ubud. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Jepang di SMA Negeri 1 Ubud yaitu strategi drill, tanya jawab, dan kerja kelompok kecil; (2) Guru bahasa Jepang di SMA Negeri 1 Ubud menggunakan strategi pembelajaran berdasarkan karakteristik siswa, keadaan siswa di kelas, dan alokasi waktu; dan (3) Kendala yang dihadapi guru bahasa Jepang di SMA Negeri 1 Ubud yaitu kendala meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa dan kendala alokasi waktu.
Kata Kunci : Kata kunci : bahasa Jepang, pembelajaran, profil, strategi pembelajaran

本研究の目的は、(1) ウブド第一国立高校の日本語教師が使用するストラテジー、(2) 当校日本語教師が使用するストラテジーの要因、(3) 日本語を担当する教師が、授業の際に直面する問題点を明らかにすることである。研究の対象は、ウブド第一国立高校の日本語教師である。調査方法は、観察、インタビュー及び、文献調査である。収集したデータ を定性記述法により分析した。分析した結果は、(1)日本語学習の目標を達成するため のストラテジーは、ドリルと応答練習と小グループワークである、(2) 日本語におけ る学習使用の要因は、生徒の特性と教室の生徒の状態と時間割である、(3) 日本語 ご障害は、生徒の興味と意欲を高めると時間割である。
keyword : キーヲード :日本語、学習、紹介、ストラテジー

Downloads

Published

2019-07-22

Issue

Section

Articles