PENGELOLAAN KELAS OLEH GURU BAHASA JEPANG DI KELAS XI IPB SMA WIRABHAKTI SINGARAJA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbj.v5i3.21472Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru bahasa Jepang di kelas IX IPB SMA Wirabhakti Singaraja dalam pembelajaran bahasa Jepang. Data hasil penelitian akan dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Jepang di SMA Wirabhakti Singaraja. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bahasa Jepang di SMA Wirabhakti Singaraja sudah melakukan pengelolaan kelas dengan baik. Guru melakukan pengelolaan kelas dengan menerapkan pendekatan-pendekatan dalam pengelolaan kelas, prinsip-prinsip pengelolaan kelas, dan komponen-komponen keterampilan pengelolaan kelas. Dalam melakukan pengelolaan kelas guru tidak menggunakan pendekatan ancaman dan pendekatan resep serta prinsip keluwesan. Hal tersebut dikarenakan tingkah laku siswa di kelas masih bisa diatasi dengan baik oleh guru. Selain itu untuk mereaksi tingkah laku siswa disesuaikan dengan keadaan yang terjadi di kelas.Kata Kunci : Pendekatan, prinsip, komponen
本研究の目的は、ウィラバクティシンガラジャ高校の XI IPBクラスの日本語教師が日本語学習において教室管理をどのように実施するかを説明することを目的としている。研究データは、定性的記述方法を使用して分析される。研究の対象は、ウィラバクティシンガラジャ高校の日本語教師だった。データ収集は、観察、インタビュー、および文書化の方法によって行われる。その結果は、ウィラバクティシンガラジャ高校の日本語教師が教室をうまく管理していたことがわかった。教師は、教室管理、クラス管理の原則、および教室管理スキルの要素にアプローチを適用することにより、教室管理を実施する。教室の管理では、教師は脅威アプローチ、レシピアプローチ、柔軟性の原則を使用しない。これは、クラスの生徒の行動が教師によって依然として適切に処理されるためだ。応答するために行われるアクション生徒の行動は、クラスで発生する状況に合わせて調整される。`
keyword : アプローチ、原則、要素