PENGEMBANGAN SILABUS PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG BERBASIS STANDAR PROSES KURIKULUM 2013 REVISI UNTUK SEKOLAH DASAR DI BALI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbj.v6i1.23493Keywords:
penelitian dan pengembangan (R&D), kurikulum 2013 revisi, Silabus bahasa JepangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan silabus mata pelajara bahasa Jepang yang sesuai dengan Kurikulum 2013 Revisi untuk Sekolah Dasar di Bali. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development). Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan 4-D models dari Thiagarajan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Jepang Sekolah Dasar di Bali. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis deskritif kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) silabus yang dikembangkan sesuai dengan Kurikulum 2013 Revisi, yang menyertakan keterampilan abad 21, (2) berdasarkan uji ahli silabus yang dikembangkan dinialai sangat sesuai dan layak digunakan, (3) berdasarkan hasil responden guru silabus yang dikembangkan dinilai sangat sesuai.Kata Kunci : penelitian dan pengembangan (R&D), kurikulum 2013 revisi, Silabus bahasa Jepang
本研究は, バリ島の小学校を向け、日本語のシラバスを作成することを目的としたものであり、2013年改正カリキュラムプロセスを基にした。調査では、Thiagarajanの 4Dモデルを使用した。調査協力は、バリ島の小学校日本語教師である。本研究は、R & Dであり、データは アンケートにより収集し、定性的記述法により分析したものである。結果, (1) シラバスは、2013年改正カリキュラムに則したものであると認められた。 (2) 日本語内容に関して専門家の検閲によって、作成したシラバスは適していることである、(3) 教師の返事によって、作成したシラバスは適していることである。
keyword : 日本語シラバス、2013年改定カリキュラムプロセス、調査開発研究 (R & D)
References
Erviana, Vera yuli. 2016. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Sosiokultural bagi Siswa Sekolah Dasar”. Prima Edukasia, Volume 4, nomor 2 (hlm.222-232).
Mardani, Sri, dkk. 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bahasa Jepang Berbasis Standar Proses Kurikulum 2013 Revisi untuk Sekolah Dasar di Bali. Laporan Penelitian (tidak diterbitkan). Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang, UNDKSHA Singaraja.
Mulyasa, H.E. 2018. Implementasi Kurikulum 2013 Revisi. Jakarta: PT Bumi Aksara
Siswanto, Irman, dkk. (2015). “Inovasi Kurikulum dalam Pengembangan Pendidikan”. Jurnal Edukasi, Volume 1, Nomor 2 (hlm. 217-227).
The Japan Foundation. 2017. Survey Report on Japanese Language Education Aboard 2015. Tokyo: The Japan Foundation.