PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI LEMBAGA PELATIHAN KERJA (LPK) BULAN PALAPA DESA LANDIH BANGLI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbj.v7i1.31854Keywords:
Metode pembelajaran, Strategi pembelajaran, Pembelajaran di LPK, å¦ç¿’法, 授æ¥ã®ã‚¹ãƒˆãƒ©ãƒ†ã‚¸ãƒ¼, ブラン・パラパ技能訓練å”会ã®å¦ç¿’Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) metode pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Jepang di LPK Bulan Palapa, 2) strategi pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Jepang di LPK Bulan Palapa, 3) kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran bahasa Jepang di LPK Bulan Palapa. Subjek pada penelitian ini adalah dua orang pengajar bahasa Jepang di LPK Bulan Palapa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) metode yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Jepang di LPK Bulan Palapa yaitu GTM, direct method, dan metode audiolingual. (2) strategi yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Jepang yaitu strategi drill, tanya jawab, dan pemberian tugas. (3) kendala yang dihadapi dalam pembelajaran bahasa Jepang di LPK Bulan Palapa yaitu kemampuan pemahaman siswa yang berbeda-beda.
要旨
本研究の目的は1) ブラン・パラパ技能訓練協会における日本学習法、2)日本学習のストラテジー, 3)日本学習の問題点を明らかにすることである。調査対象はブラン・パラパ技能訓練協会の日本語教師である。データ収集方法は観察、インタビュー、及び教授法、教科書、教材などである。それを定性的な記述法により分析した。結果、1)指導法はGTM、ダイレクト法、視聴覚方法、2) 日本学習法はドリル、応答練習、習得のタスク、3) 問題点として、学習者の理解力はざまざまであることが分かった。
References
Adiatman. 2011. Efektifitas Penerapan Metode Pemberian Tugas (Resitasi) Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Biologi Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Uin Alauddin Makassar.
Anggriani, Risva. 2017. Keefektifan Metode Role Playing Terhadap Keaktifan dan Kerja Sama Siswa Dalam Pembelajaran IPS. Harmoni Sosial.Volume 4. Nomor 2 (Hal 212-221)
Astina, I Ketut Widi. 2019. Profil Strategi Pembelajaran Bahasa Jepang di LPK Terakoya Bali. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang, Jurusan Bahasa Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja.
Astutik, Yuli. 2017. “Metode Total Physical Response (TPR) pada Pengajaran Bahasa Inggris Siswa Taman Kanak-kanak”. http//dx.doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v17i2.9658, Volume 17, Nomor 12 (hal.196-207)
Basrudin, dkk. 2013. Penerapan Metode Tanya Jawab untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Sumber Daya Alam di Kelas IV SDN Fatufia Kecamatan Bahodopi. Kreatif Tadulako Online. Volume 1, Nomor 1 (hal 214-227)
Budiarso, Iwan. 2019. Analisis Metode Communicative Language Teaching Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Guru-Guru SMK dan SMP Islam Mandiri Bojong Gede Bogor. SAP. Volume 3. Nomor 3 (hal 239-247).
DPN SBMI. 2020. Daftar Sending Organization atau LPK Pemagangan Jepang. Tersedia di https://sbmi.or.id/?p=10809 (Diakses pada 13 November 2020)
Fuadah, Evi Nur. 2014. Efektivitas Metode Audiolingual untuk Meningkatkan Penguasaan Bahasa Jepang di SMA Negeri 1 Ungaran. Skripsi. Prodi Pendidikan Bahasa Jepang, Jurusan Bahasa Asing dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang
Irwan, dkk. 2018. Penerapan Metode Diskusi dalam Peningkatan Minat Belajar. IQRO. Volume 1, Nomor 1 (hal 43-54)
Jati, Aufrida Wulan Cahyeng. 2014. Faktor-Faktor Penghambat Proses Pembelajaran Biola Grade 1 di Jogja Music School (JMS) Yogyakarya. Skripsi. Jurusan Pendidikan Musik, Fakultas Baahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta.
Kartikasari, Dewi. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pelajaran Bahasa Inggris Melalui Metode Kerja Kelompok di SMP Negeri 3 Palembang. Wahana Didaktika. Volume 15, Nomor 3 (hal 42-52)
Lailaa, Hikmatul. 2016. Penerapan Metode Community Language Learning di Luar Kelas dalam Pembelajaran Mahárah Al-Kalám. Skripsi. Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Padmadewi, Ni Nyoman. 2012. Strategi Pembelajaran Bahasa. Singaraja: Undiksha.
Romadhon, Beril Firmansyah. 2018. Mode Pendidikan Nonformal Lembaga Bimbingan Belajar Mentari Ilmu 3 Kecamatan Sukun Kota Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Malik Ibrahim Malang.
Sari, Mila. 2016. “Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Drill and Practive Terhadap Aktivitas Belajar Siswa (Studi Kasus Mata Pelajaran Akuntansi Pokok Bahasan Jurnal Umum Kelas X SMAN 5 Kota Sukabumi Tahun Ajaran 2015-2016) ”. Skripsi.. Program Studi Pendidikan Ekonomi (Bidang Keahlian Khusus Pendidikan Akuntansi) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasudan, Bandung.
Septyana, Hardike. 2013. Manajemen Pembelajaran Berbasis Kompetensi Pelatihan Menjahit di Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS) Fortuna Dukuh Siberuk Desa Siberuk Kabupaten Batang. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment. Volume 2, Nomor 2 (Hal 46-50)
Sodiqin, Ahmad. 2015. Pengaruh Pembelajaran Kooperatig Metode Scramble Terhadap Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. Artikel Penelitian. Program Studi pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura Pontianak
Sulasamono, Bambang Suteng. 2012. Problem Solving: Signifikansi, Pengertian dan Ragamnya. Satya Widya. Volume 28, Nomor 2 (hal. 155-165)
Tambak, Syahraini. 2014. Metode Ceramah: Konsep dan Aplikasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam. TARBIYAH. Volume 21, Nomor 2 (hal 375-401)
The Japan Foundation. 2018. Survey Report on Japanese Language Education Abroad 2018. Tersedia pada https://www.jpf.go.jp/e/project/japanese/survey/result/survey18.html (diakses pada 24 September 2020)