PEMBENTUKAN MAKNA JUKUGO DALAM TERMINOLOGI PERDAGANGAN JEPANG
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbj.v7i3.37550Keywords:
bahasa jepang, morfologi, semantik, kanji, jukugoAbstract
Penelitian ini mengkaji pembentukan makna jukugo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan hubungan makna antar kanji pembentuk jukugo dan pembentukan makna kanji jukugo dalam terminologi perdagangan Jepang. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak catat. Teknik analisis data dilakukan menggunakan teknik perluas. Sumber data penelitian ini berupa 12 artikel koran daring Nikkei dan dalam 12 artikel tersebut ditemukan 18 data. Hasil analisis menunjukkan bahwa dari semua kata yang ditemukan makna kanji yang membentuk jukugo semuanya berkaitan dengan makna yang terdapat dalam kamus, dan ditemukan; 1) dua jukugo dengan makna kanji pembentuknya sama atau hampir sama, 2) dua jukugo dengan dua kanji yang memiliki arti berlawanan, 3) tiga belas jukugo yang terdiri dari dua kanji dengan kanji pertama menerangkan kanji, dan 4) satu jukugo yang kanji kedua berfungsi melengkapi atau mempertegas kanji pertama.