Implementasi Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Bahasa Jepang Bidang Perhotelan di Universitas Triatma Mulya

Authors

  • Anak Agung Ratih Wijayanti Universitas Triatma Mulya
  • Putu Cicilia Septipani Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v7i3.39118

Keywords:

Model Problem Based Learning, Perhotelan, Bahasa Jepang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model problem based learning yang diterapkan pada pembelajaran Bahasa Jepang bidang Perhotelan di Universitas Triatma Mulya serta untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam proses implementasi model pembelajaran tersebut. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Diploma IV Perhotelan semester 3 yang mengikuti mata kuliah Bahasa Jepang Perhotelan 3 (BJP 3) sejumlah 26 orang Tahun Akademik 2021-2020. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi dan wawancara. Observasi dilakukan untuk mengetahui penerapan model problem based learning dalam pembelajaran Bahasa Jepang Perhotelan 3 (BJP 3) secara daring melalui media zoom dan google classroom. Wawancara dilakukan kepada 7 orang mahasiswa untuk mengetahui kendala yang dihadapi mahasiswa dalam pembelajaran. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah penerapan model problem based learning dilakukan dengan pemberian mondai (masalah) untuk dapat melatih keterampilan berpikir kritis mahasiswa menggunakan bahasa Jepang. Kendala yang dihadapi mahasiswa adalah diperlukan penyelidikan dalam menentukan solusi pemecahan masalah, dan adanya kesalahan dalam penggunaan ragam hormat (keigo) dan tata bahasa Jepang.

Author Biographies

Anak Agung Ratih Wijayanti, Universitas Triatma Mulya

Perhotelan Diploma IV

Putu Cicilia Septipani, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan

Keperawatan

Downloads

Published

2021-11-20

Issue

Section

Articles