ANALISIS METODE PEMBELAJARAN 4C DALAM PEMBELAJARAN DARING BAHASA JEPANG KELAS X BAHASA SMAN 1 BATU
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbj.v8i1.41177Keywords:
metode pembelajaran, 4C, bahasa jepang, daringAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi implementasi metode pembelajaran 4C (communication, collaboration, critical thinking dan creative) dalam pembelajaran secara daring di kelas X Bahasa di SMAN 1 BATU. Di dalam penelitian ini akan dibahas mengenai 1) alur pembelajaran 4C yang dilakukan secara daring, 2) kendala yang dihadapi oleh siswa dan guru pada pembelajaran daring. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini, yaitu kualitatif deskriptif. Dari hasil analisis penelitian ini ditemukan bahwa pelaksanaan pembelajaran 4C pada SMAN 1 Batu sudah berjalan dengan baik, namun ada beberapa keterampilan yang dapat ditingkatkan lagi. Adapaun keterampilan yang perlu ditingkatkan adalah critical thinking dan creative. Siswa masih kurang mampu dalam mengidentifikasi wacana baru yang diberikan dan masih perlu banyak bimbingan. Selain itu kendala yang sangat terlihat adalah pada koneksi jaringan internet tidak terlalu stabil sehingga membuang lebih banyak waktu saat pembelajaran tatap muka daring berlangsung.
References
I. B. P. Arnyana, "Pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi 4c (communication, collaboration, critical thinking dan creative thinking) untukmenyongsong era abad 21." Prosiding: Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi 1.1, 2019, pp. i-xiii.
I. Supena, A. Darmuki, and A. Hariyadi. "The Influence of 4C (Constructive, Critical, Creativity, Collaborative) Learning Model on Students’ Learning Outcomes." International Journal of Instruction 14.3, 2021, pp. 873-892.
N. K. W.Dewi, K. E. K. Adnyani, and D. M. S. Mardani. "IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG BERBASIS 4C DI SMK NEGERI 1 SINGARAJA." Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha 5.2, 2019, pp. 247-258.
N. L. P. Berliandani, D. M. S. Mardani, and I. W. Sadyana. "Persepsi Guru Terhadap Proses Pembelajaran Bahasa Jepang SMK Berbasis Daring di Kota Singaraja." Jurnal Penelitian Mahasiswa Indonesia 1.1, 2021, pp. 43-54.
M. A. R. Pratama, M. A. Rizqi, E. Cahyono, and Y. U. Aggraito. "Implementation of problem based learning model to measure communication skills and critical thinking skills of Junior High School Students." Journal of Innovative Science Education 8.3, 2019, pp. 324-331.
R. Septikasari, and R. N. Frasandy. "Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran pendidikan dasar." Tarbiyah al-Awlad 8.2, 2018, pp. 107-117.
S. Haryati, and S. Sukarno. "INOVASI PEMBELAJARAN DARING DI ERA PANDEMI COVID-19." Indonesian Journal of Education and Learning 4.2, 2021, pp. 479-485.
S. Zubaidah, "Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran." Seminar Nasional Pendidikan. Vol. 2. No. 2. 2016.
V. E. Satya, "Strategi Indonesia menghadapi industri 4.0." Info Singkat 10.9, 2018, pp. 19-24.
W. Darmalaksana, et al. "Analisis pembelajaran online masa wfh pandemic covid-19 sebagai tantangan pemimpin digital abad 21." Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2020, pp. 1-12.
Z. Munqidzah. Model Pembelajaran Bahasa Jepang di SMA Diponegoro Tumpang. Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 1(1), 2014, pp. 20-32.