Ketidaksesuaian Penulisan Huruf Hiragana Pada Pemelajar Pemula Bahasa Jepang

Authors

Keywords:

Hiragana Letters, writing skills, Trends, Beginner of Japanese Students

Abstract

Bahasa Jepang memiliki tiga huruf dalam penulisannya, yaitu huruf Hiragana, katakana, dan kanji. Huruf Hiragana menjadi salah satu huruf yang diajarkan dari sejak SMA yang mempunyai kurikulum bahasa Jepang. Dalam menulis huruf Hiragana perlu memperhatikan bentuk dan urutan penulisan secara baik dan benar. Namun pada kenyataannya, masih banyak siswa yang menuliskan bentuk huruf Hiragana yang kurang sesuai bahkan terkadang tidak terbaca pada huruf-huruf tertentu. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ketidak sesuaian penulisan pada huruf Hiragana apa saja dan bagaimana kecenderungan ketidaksesuaian penulisan Hiragana yang dilakukan oleh siswa pemelajar pemula bahasa Jepang. Data penelitian ini diambil dari hasil jawaban siswa saat mengerjakan soal latihan menulis Hiragana. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini teridentifikasi ada 16 huruf Hiragana yang tidak sesuai yaitu huruf Hiragana い (i) ん (n), る (ru), か (ka), ふ (fu), ゆ (yu), な (na), め (me), ひ (hi), さ (sa), す (su), を (wo), あ (a), ほ (ho), の (no), dan お (o). Dan kecenderungan ketidak sesuaiannya ada pada bentuk huruf yang meskipun masih terbaca namun tidak sesuai bentuk nya karena ketidak sesuaian goresan. Oleh karena itu diharapkan pada saat melatih menulis Hiragana, pengajar selain memperhatikan urutan goresan juga memperhatikan bentuk goresan pemelajar.

Author Biography

Rike Febriyanti, Universitas Brawijaya

Pengajar di Prodi Pendidikan Bahasa Jepang, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya

References

A.S. W. Putri, “Kesalahan Bentuk Penulisan Huruf Hiragana Dalam Pembelajaran Bahasa Jepang

Pada Siswa Kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 4 Surabaya, Skripsi, Program Studi Pendidikan

Bahasa Jepang , Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya.

A.M. Yusuf, ”Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan,” Jakarta: Prenada

Media, 2016.

D. Rina, “Bahasa Sebagai Cermin Kebudayaan,” Jurnal Tarbiyah, no. 24, vol. 2, pp. 226–245, 2017.

E. Budiyati, and E. Rihyanti, “Aplikasi Pengenalan Dasar Huruf Hiragana Dan Katakana

Menggunakan Android Smartphone,” vol. 3, pp. 1–10.

R. A. T. R. Syahrum, “Penelitian Tindakan Kelas,” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, vol. 6, no.

, pp. 87–93, 2008.

清水克信. (2022). ひらがな|美文字の書き方. https://xnw8j5c806nbsiihai2ey01f.com/c03/ [Diakses 17 Juli 2022]

Downloads

Published

2022-11-25