Pengembangan Buku Ajar Dokkai Tingkat Menengah

Authors

Keywords:

Pengembangan buku ajar, membaca, Dokkai

Abstract

Pengembangan buku Ajar Dokkai berjudul “Yoku Wakatta Nihongo, Chukyu Reberu” bagi mahasiswa Prodi dilatar belakangi oleh diperlukannya buku pendamping yang memiliki tingkat kesulitan wacana lebih atas sedikit, dapat memotivasi dan menantang mahasiswa untuk terus belajar, berisi informasi yang menarik untuk diketahui. Fokus penelitian yakni tentang bagaimana proses pengembangan buku ajar, bagaimana kualitas buku ajar dilihat dari segi tingkat kevalidan (media dan materi buku ajar) serta keefektifan dilihat dari hasil uji coba pada mahasiswa yang dilakukan dalam pembelajaran dokkai.

Langkah pengembangan yang digunakan R and D oleh Sugiyono. Proses pengembangan dimulai dari potensi atau masalah dalam pembelajaran dokkai. Kemudian pengumpulan informasi melalui penyebaran angket dan wawancara. Kemudian, mendesain produk buku ajar sesuai dengan persyaratan secara didaktis, kontruktif dan teknik, membuat layout, cover, menulis soal latihan, dan dilanjutkan pada validasi desain. Terakhir, menguji cobakan buku ajar dokkai setelah direvisi berdasarkan masukan dari validator pada 25 orang mahasiswa untuk mengetahui bagaimana keefektifan buku dalam pembelajaran di kelas. .

Dari hasil validasi materi dan media diperoleh angka 87 .Kemudian dari hasil uji terbatas penggunaaan  buku pada angkatan 2020 dalam Mata kuliah Chukyu Dokkai diperoleh rata rata kelas 77,2. Sehingga dapat dikatakan bahwa buku ini layak untuk digunakan dalam pembelajaran dokkai

 

 

Author Biographies

Rusmiyati, Universitas Negeri Surabaya

Pengajar di Jurusan Bahasa dan Sastra Jepang, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya

Yovinza Bethvine Sopaheluwakan, Universitas Negeri Surabaya

Pengajar di Jurusan Bahasa dan Sastra Jepang, Universitas Negeri Surabaya

Miftachul Amri, Universitas Negeri Surabaya

Pengajar di Prodi Pendidikan Bahasa Jepang, Jurusan Bahasa dan Sastra Jepang, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya

References

A. Prastowo, “Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif,” Yogyakarta: Diva Press, 2012.

I. Magdalena, et al, “Analisis Pengembangan Bahan Ajar,” Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu

Sosial, vol. 2, no. 2, pp. 170-187, Jul, 2020.

Iskandarwassid, “Strategi Pembelajaran Bahasa, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009.

Jago Nulis Tim, “Rahasia Menulis Buku Ajar,” Yogyakarta: Deeppubish, 2016.

J.W. Cresswell, Research, Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran,”

Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2018.

M.L.G. Purwantini, D.M.S Mardani, and K.E.K Adnyani, “Pengembangan Buku Ajar Bahasa Jepang

Bagi Siswa SD Tunas Kasih Nusa Dua,” JPBJ, vol. 5, no. 1, pp. 12-20, Feb, 2019.

M. Akiko, “Chukyu Nihongo Onseikyozai Atarashii Mainichi no Kikitori 50 Nichi Jo,“ Japan:

Bonjinsha, 2014.

M. Akiko, “Chukyu Nihongo Onseikyozai Atarashii Mainichi no Kikitori 50 Nichi Ge,“ Japan:

Bonjinsha, 2014.

Sihotang, C. Subena, and A. Muin, “Pengembangan Buku Ajar Berbasis Kontekstual dengan Tema

Sehat itu Penting,” Jurnal Teknologi Informasi&Komunikasi dalam Pendidikan, vol. 3, no. 2, pp.

-7488, Des 2015.

Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D,” Bandung: Alfabeta, 2011.

NHK News, 10 Oktober 2021. [Online]. Available: https://www3.nhk.or.jp/news.

Nippon talk, 10 Oktober 2021. [Online]. Available: http://www.nippontalk.com.

Pinimg, 10 Oktober 2021. [Online]. Available: i.pinimg.com

Downloads

Published

2022-11-25