Pengembangan Buku Ajar Dokkai Tingkat Menengah
Keywords:
Pengembangan buku ajar, membaca, DokkaiAbstract
Pengembangan buku Ajar Dokkai berjudul “Yoku Wakatta Nihongo, Chukyu Reberu” bagi mahasiswa Prodi dilatar belakangi oleh diperlukannya buku pendamping yang memiliki tingkat kesulitan wacana lebih atas sedikit, dapat memotivasi dan menantang mahasiswa untuk terus belajar, berisi informasi yang menarik untuk diketahui. Fokus penelitian yakni tentang bagaimana proses pengembangan buku ajar, bagaimana kualitas buku ajar dilihat dari segi tingkat kevalidan (media dan materi buku ajar) serta keefektifan dilihat dari hasil uji coba pada mahasiswa yang dilakukan dalam pembelajaran dokkai.
Langkah pengembangan yang digunakan R and D oleh Sugiyono. Proses pengembangan dimulai dari potensi atau masalah dalam pembelajaran dokkai. Kemudian pengumpulan informasi melalui penyebaran angket dan wawancara. Kemudian, mendesain produk buku ajar sesuai dengan persyaratan secara didaktis, kontruktif dan teknik, membuat layout, cover, menulis soal latihan, dan dilanjutkan pada validasi desain. Terakhir, menguji cobakan buku ajar dokkai setelah direvisi berdasarkan masukan dari validator pada 25 orang mahasiswa untuk mengetahui bagaimana keefektifan buku dalam pembelajaran di kelas. .
Dari hasil validasi materi dan media diperoleh angka 87 .Kemudian dari hasil uji terbatas penggunaaan buku pada angkatan 2020 dalam Mata kuliah Chukyu Dokkai diperoleh rata rata kelas 77,2. Sehingga dapat dikatakan bahwa buku ini layak untuk digunakan dalam pembelajaran dokkai
References
A. Prastowo, “Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif,” Yogyakarta: Diva Press, 2012.
I. Magdalena, et al, “Analisis Pengembangan Bahan Ajar,” Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu
Sosial, vol. 2, no. 2, pp. 170-187, Jul, 2020.
Iskandarwassid, “Strategi Pembelajaran Bahasa, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009.
Jago Nulis Tim, “Rahasia Menulis Buku Ajar,” Yogyakarta: Deeppubish, 2016.
J.W. Cresswell, Research, Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran,”
Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2018.
M.L.G. Purwantini, D.M.S Mardani, and K.E.K Adnyani, “Pengembangan Buku Ajar Bahasa Jepang
Bagi Siswa SD Tunas Kasih Nusa Dua,” JPBJ, vol. 5, no. 1, pp. 12-20, Feb, 2019.
M. Akiko, “Chukyu Nihongo Onseikyozai Atarashii Mainichi no Kikitori 50 Nichi Jo,“ Japan:
Bonjinsha, 2014.
M. Akiko, “Chukyu Nihongo Onseikyozai Atarashii Mainichi no Kikitori 50 Nichi Ge,“ Japan:
Bonjinsha, 2014.
Sihotang, C. Subena, and A. Muin, “Pengembangan Buku Ajar Berbasis Kontekstual dengan Tema
Sehat itu Penting,” Jurnal Teknologi Informasi&Komunikasi dalam Pendidikan, vol. 3, no. 2, pp.
-7488, Des 2015.
Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D,” Bandung: Alfabeta, 2011.
NHK News, 10 Oktober 2021. [Online]. Available: https://www3.nhk.or.jp/news.
Nippon talk, 10 Oktober 2021. [Online]. Available: http://www.nippontalk.com.
Pinimg, 10 Oktober 2021. [Online]. Available: i.pinimg.com
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.