Semiotika Riffaterre dalam Puisi Ame ni mo Makezu
Keywords:
Ame ni mo makezu, semiotika Riffaterre, maknaAbstract
Puisi Ame ni mo Makezu karya Miyazawa Kenji merupakan salah satu puisi yang unik karena tidak dipublikasikan oleh sang penyair melainkan ditemukan sang bibi pada buku catatannya setelah ia meninggal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna pada puisi Ame ni mo makezu menggunakan teori semiotika Riffaterre. Metode yang digunakan untuk analisis data adalah yaitu deskriptif kualitatif. Data dihimpun menggunakan teknik studi pustaka. Melalui proses analisis ditemukan bahwa makna yang ingin disampaikan penyair melalui puisi adalah tentang keinginannya untuk dapat menebar kebajikan selama masa hidupnya dan bermanfaat bagi orang banyak. Ditemukan pula 6 metafora, 1 perumpaan epos, 1 kontradiksi dan 1 rima.
References
B. Nurgiyantoro, “Teori Pengkajian Fiksi,” Yogyakarta: Gajah Mada University, 2015.
D. W. Hudhana, and Mulasih, “Metode Penelitian Sastra: Teori dan Aplikasi,” Temanggung: Desa
Pustaka Indonesia, 2019.
E.G. Gita, “Metafora dalam Haiku Ame ni mo makezu karya Miyazawa Kenji,” Jurnal Zenodo.
J. Sumardjo and K.M. Saini, “Apresiasi Kesusastraan,” Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama,
M. Riffaterre, “Semiotic of Poetry,” Bloomington: Indiana University Press, 1978.
M. Nazir, “Metode Penelitian, “Jakarta: Ghalia Indonesia, 1988.
N.G.M. Luh, and B.H.S. Mustafa, “Yonezu Kenshi dan Lemon: Kajian Semiotika Riffaterre,”
Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra dan Budaya (SEBAYA) Ke-2, Denpasar, Universitas
Mahasaraswati, 2022.
R. D. Pradopo, “Semiotika: Teori, Metode, dan Penerapannya dalam Pemaknaan Sastra,”
Yogyakarta: Universitas Gajah Mada, 1999.
R. D. Pradopo, “Pengkajian Puisi,” Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada Press, 1018.
S.T. Istana, “Choumiryou dan Harapan Hidup Orang Jepang, “Endogami: Jurnal Ilmiah Kajian
Antropologi, vol.2, no. 2, pp. 147-148, Jul, 2019.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.