EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI QUIZLET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KANJI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbj.v9i1.54115Keywords:
Efektivitas, Kanji, QuizletAbstract
Menurut mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Riau, kanji merupakan mata kuliah yang cukup sulit dipelajari. Rata-rata nilai yang diperoleh mahasiswa Angkatan 2021 rombongan belajar A adalah 55,9. Rata-rata tersebut masih dibawah dari nilai yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan aplikasi Quizlet sebagai media pembelajaran kanji pada mahasiswa Angkatan 2021. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental dengan desain One-Group Pretest-Posttest. Sampel penelitiannya adalah mahasiswa Angkatan 2021 rombongan belajar B dengan jumlah mahasiswa 17 orang. Instrumen yang digunakan berupa tes. Berdasarkan dari paired sample test melalui SPSS Versi 26, hasil sig.(2-tailed) yang diperoleh sebesar 0,000 yang dimana lebih kecil dari 0,005.Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Quizlet efektif sebagai media pembelajaran kanji pada mahasiswa Angkatan 2021
References
A. D. Sudjianto, and A. Dahidi, Pengantar Linguistik Bahasa Jepang, Jakarta:Kesaint Blanc, 2009.
A. Lestari, S. Kasim, and J. M. Parenreng, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Quizlet Mobile Untuk Pembelajaran Linux Pada SMKN 10 Makassar”, INTEC: Information Technology Education Journal, vol. 1, no.1, pp. 52-60, 2022.
B. Barr, (2016). “Checking the effectiveness of Quizlet® as a tool for vocabulary learning”, ELF : The Center for English as a Lingua Franca Journal, vol. 2, no. 1, pp. 36-48, 2016.
C. E. J. C. Montolalu, and Y. A. R. Langi, “Pengaruh pelatihan dasar komputer dan teknologi informasi bagi guru-guru dengan uji-t berpasangan (paired sample t-test)”, d'CARTESIAN: Jurnal Matematika dan Aplikasi, vol. 7, no. 1, pp. 44-46, 2018.
M. Hasan, “Media Pembelajaran”, Klaten: Tahta Media Group, 2021. [online]. Available: http://eprints.unm.ac.id/20720/.
D. E. Sari, “Quizlet: Aplikasi Pembelajaran Berbasis Smartphone Era Generasi Milenial”, Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, vol. 29, no. 1, pp. 9-15, 2019.
I. Falahudin, “Pemanfaatan media dalam pembelajaran”, Jurnal Lingkar Widyaiswara, vo. 1, no. 4, pp. 104-117, 2014
M. Fakih, and N. Setiawati, “Efektivitas media pembelajaran (kartu kanji dan flash card) terhadap kemampuan membaca kanji”, Kagami: Jurnal Pendidikan dan Bahasa Jepang, vol. 9, no. 1, pp. 47-61, 2018.
R. Abdullah, “Pembelajaran dalam perspektif kreativitas guru dalam pemanfaatan media pembelajaran”, Lantanida Journal, vol. 4, no. 1, pp. 35-49, 2017.
R. Jennah, Media Pembelajaran, Banjarmasin: Antasari Press, 2009.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.