Aplikasi Hey Japan: Learn Japanese dalam Pembelajaran Tata Bahasa Jepang Tingkat Dasar

Authors

  • Risti Maulidiah Permana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Via Luviana Dewanty Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sugihartono Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v10i1.68706

Keywords:

media, aplikasi, Hey Japan: Learn Japanese, Pembelajaran Tata Bahasa

Abstract

Mempelajari tata bahasa yang benar dalam bahasa Jepang menjadi salah satu hal terpenting. Pembelajar harus memahami tata bahasa yang tepat dan benar sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Berbagai aplikasi pembelajaran sudah tersedia salah satunya aplikasi Hey Japan:Learn Japanese. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dari penerapan media aplikasi Hey Jepang dalam pembelajaran tata bahasa Jepang dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan one group pretest-posttest design. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pre-test 41, 61 dan post-test 87,61, t-hitung 14,23 sedangkan t-tabel untuk db (25) dengan taraf signifikan 5% = 2,06 dan t-tabel dengan taraf signifikan 1% = 2,77. Dan dapat disimpulkan bahwa t-hitung lebih besar daripada t-tabel, maka hipotesis kerja (Hk) diterima. Hal ini membuktikan bahwa media pembelajaran berbasis aplikasi smartpohne ini dapat  dapat dijadikan alternatif sebagai media belajar bahasa Jepang khususnya pada pembelajaran tata bahasa  yang menarik, mudah digunakan dan fleksibel.

References

A. Azhar, “Media pembelajaran”. Jakarta : PT Raja grafindo persada, 2011.

A. N. Amaliya, “Perbandingan Efektivitas Teknik Cooperative Writing Dan Collaborative Writing Terhadap Hasil Belajar Sakubun Pada Mahasiswa Semester IV Uhamka Tahun 2015/2016”. Repository, Universitas Negeri Jakarta, 2016.

C. Quinn, “M-Learning. Mobile, Wireless, In-Your-Pocket Learning.” Linezine. Fall, 2000.

D. Kartika, “Perbandingan Gramatikal Kata Benda Bahasa Indonesia dan Bahasa Jepang” Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, dan Budaya, Vol 7(2). 2017.

D. Sutedi, “Penelitian Pendidikan Bahasa Jepang.” UPI Press : Bandung, 2018.

E. Lusiana. Evi., I. Yuka., M. Tomoya., H. Naoimi., F. Ayako., “Nihongo Kirakira Bahasa Jepang untuk SMA/MA”. Jakarta: The Japan Foundation. 2017.

G. N. Fadila, “Efektivitas Aplikasi “Takoboto” Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengingat Kanji Mahasiswa. ESTD. Perpustakaan UPI, 2019

I. Anggraeni, “Korelasi Penguasaan Pola Kalimat (Bunkei) Dengan Kemampuan Membaca Pemahaman (Dokkai)” ESTD. Perpustakaan UPI. 2015.

I. R Koro, & Rohani, “Manfaat Media Dalam Pembelajaran”, AXI OM : Jurnal Pendidikan dan Matematika, Vol 7(1), 2019.

M. H . Tamimuddin, “Mengenal Mobile Learning (M-Learning)” Desember 2007. [Online]Available:https://mtamim.files.wordpress.com/2008/12/mlearn_tamim.pdf

P. Wiratmojo, & Sasonohardjo. “Media Pembelajaran Bahan Ajar Diklat Kewidyaiswaraan Berjenjang Tingkat Pertama”. Lembaga Administrasi Negara : Jakarta, 2002.

S. D. Matra, “Duolingo Applications as Vocabulary Learning Tools”. Journal ofEnglish Literature, Linguistic, and Education Vol.1(1), 2020.

Sutrisno., & Istiyono. M., “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Pada Device Android. Journal Speed-Stra Penelitian Engeenering dan Edukasi, Vol. 1(2), 2009.

Z. H. A Musaddad, “Pengaruh Media Belajar Berbasis Aplikasi Android Terhadap Minat Belajar Mandiri Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Indonesia” DSpace. Universitas Islam Indonesia. 2016.

Downloads

Published

2024-02-24