Hasil Belajar Mahasiswa Baru Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang Yang Mengikuti Asahi Benkyoukai Tahun 2022

Authors

  • Najwa Nurul Fatikha Universitas Negeri Semarang
  • Ai Sumirah Setiawati Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v10i2.70224

Keywords:

hasil belajar, Asahi Benkyoukai, Japanese Club

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa baru yang mengikuti kegiatan asahi benkyoukai (kelompok belajar bahasa Jepang). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif menjabarkan hasil belajar mahasiswa baru setelah mengikuti kegiatan asahi benkyoukai berupa angka dan persen. Sampel yang digunakan yaitu 50 mahasiswa baru Angkatan tahun 2022. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa tes yang terdiri pilihan ganda dan uraian. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa 32 responden atau sebanyak 64% memperoleh nilai dengan kategori baik. Dengan demikian dapat diketahui bahwa kegiatan asahi benkyoukai sangat bermanfaat.

 

References

B. Vallerina, A. Kusuma, “Analisis Kesalahan Pengubahan Kata Kerja pada Sakubun Tema Mainichi No Seikatsu dari Bentuk Kamus ke dalam Bentuk -Masu pada Siswa Kelas XiI IPS1 SMA Negeri 1 Surabaya Tahun Ajaran 2020 / 2021, pp. 687–695, 2021.

D. D. Rachmawati, “Faktor Kesulitan Belajar Huruf Katakana Siswa SMA Selama Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj)”, Jurnal Hikari, vol. 6, no. 1, pp. 240–253, 2022.

D. Sutedi, “Evaluasi Hasil Belajar Bahasa Jepang (Teori dan Praktik)”, Bandung: UPI Press dengan Humaniora Utama Press, 2019.

E. I. H. A. N. Rini, “Perbandingan Konsep Persalaman “Terima Kasih” dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Jepang, pp. 85–92, 2014.

I. Rahmawati, F. Agustini, “The Implementation of Scouting Extracurricular in Building Students’ Character”, International Journal of Elementary Education, vol. 4, no. 3, 2020. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE

L. R. Wafa, R. Syamwil, “Analisis Pelaksanaan dan Hasil Belajar Kegiatan Ekstrakurikuler Batik Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Kaliwungu Kudus, vol. 4, no. 1, pp. 1–7, 2015. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ffe

M. Chairani, R. Juwita, R, “Pengaruh kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Peusangan”, Jurnal Sains Ekonomi dan Edukasi, vol. 7, no. 2, pp. 10–19, 2019.

M. F. Rais, Syafruddin, “Analisis Dampak Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Adabiah Padang”, Jurnal Pendidikan dan Olahraga, vol. 3, no. 6, pp. 7–14, 2020.

M. Y. Kardiansyah, L. U. Qodriani, “English Extracurricular and Its Role To Improve Students’ English Speaking Ability”, Retorika: Jurnal Ilmu Bahasa, vol. 4, no. 1, pp. 60–69, 2018. https://doi.org/10.22225/jr.4.1.522.60-69

R. Sartika, R., I. Basri, Agustina, “Hubungan Motivasi Belajar dan Keaktifan dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Padang, Journal of Materials Processing Technology, vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2018.

S. Waryanti, L. Diner, “Pengaruh Ekstrakurikuler Bahasa Jepang terhadap hasil Belajar Siswa SMAN 1 Ambarawa”, Chi’e: Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang, vol. 7, no. 2, pp. 91–98, 2016. https://doi.org/10.15294/chie.v7i2.30219

Downloads

Published

2024-07-28