PENGGUNAAN TEKNIK MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG SISWA KELAS XI IPB 1 SMA NEGERI 1 SAWAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Authors

  • Ida Ayu Kade Sucia Pratiwi .
  • Prof. Dr. Ni Nyoman Padmadewi,MA .
  • Kadek Eva Krishna Adnyani,S.S.,M.Si .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v2i2.7983

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peningkatan penguasaan kosakata melalui penggunaan teknik make a match berbantuan media flashcard, dan (2) untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan teknik make a match berbantuan media flashcard. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPB 1 SMA Negeri 1 Sawan tahun ajaran 2015/2016, sebanyak 25 orang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dari penelitian ini dilakukan dengan metode (1) observasi, (2) kuesioner, (3) tes, dan (4) wawancara. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil tes penguasaan kosakata bahasa Jepang dengan menggunakan teknik make a match berbantuan media flashcard menunjukkan bahwa (1) terjadi peningkatan persentase dari 28% pada pre-test menjadi 76% pada siklus I. Selanjutnya pada siklus II diperoleh persentase 96% melebihi target persentase ketuntasan kelas yang ditetapkan yaitu 85% dan (2) siswa memberikan respon positif dari penggunaan teknik make a match berbantuan media flashcard dalam pembelajaran kosakata bahasa Jepang yaitu pembelajaran menjadi menyenangkan dan penguasaan kosakata lebih meningkat dari sebelumnya. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik make a match berbantuan media flashcard dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jepang siswa kelas XI IPB 1 SMA Negeri 1 Sawan.
Kata Kunci : make a match, flashcard, penguasaan kosakata, bahasa Jepang

本研究の目的は (1)教材「メークマッチ」を使用したフラッシュカード学習法による学習者の語彙力の向上を知ること、(2)及びこの教材と学習法を使用した際の学習者の反応を明らかにすることである。対象は2015年度サワン公立第一高等学校言語コース11年生1組の25名である。また、これは、2周期に渡る教室活動調査である。データは、(1)授業参観、 (2)アンケート、 (3)テスト、 (4)インタビューにより収集し、それを定性定量的記述法により分析したものである。(1)この研究の結果プレテストは標準値を越えた割合が28%、第一周期終了時では76%、第二周期終了時では96%に上昇し、目標の標準値85%を越えられた。(2)学習者の反応はこの教材、学習法に対して、良好であった。本研究にメゾッドによって、日本語を学習する興味を持つようになり、それと共に日本語の語彙力も高まったことが分かった。「メークマッチ」メゾッドに使用されたフラッシュカードは日本語の語彙力を向上させるためにとても有効である。
keyword : メークマッチ、フラッシュカード、語彙力、日本語

Published

2016-07-27

Issue

Section

Articles