PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MEDIA KARTU BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN HURUF HIRAGANA PADA SISWA KELAS X IBB (ILMU BAHASA DAN BUDAYA) 1 SMA NEGERI 3 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2015/2016
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbj.v2i2.8198Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan penguasaan huruf hiragana setelah diterapkannya model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan media kartu bergambar dan (2) mendeskripsikan tanggapan siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan media kartu bergambar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IBB 1 SMA Negeri 3 Singaraja tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 30 orang siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan metode observasi, tes, dan angket. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan media kartu bergambar dapat meningkatkan penguasaan huruf hiragana bahasa Jepang siswa. Hal ini diketahui dari persentase ketuntasan klasikal sebelum diadakan tindakan yaitu 23,33% dan mengalami peningkatan pada siklus I dan siklus II berturut-turut yaitu 63,33% dan 83,33%. (2) Tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan media kartu bergambar tergolong sangat positif. Pada siklus I, rata-rata tanggapan siswa adalah 36,5 dan tergolong positif. Pada siklus II rata-rata tanggapan siswa adalah 41,3 dan tergolong sangat positif. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan media kartu bergambar dapat meningkatkan penguasaan huruf hiragana bahasa Jepang siswa dan memperoleh tanggapan sangat positif dari siswa.Kata Kunci : model pembelajaran Quantum Teaching, media kartu bergambar, penguasaan huruf hiragana
本研究の目的は、(1) 絵カード教材を使用するQuantum Teaching 学習法による学習者の平仮名を理解する能力の向上を知ること、(2)この学習法に対する学習者の反応を明らかにする。本研究の対象は、2015年度シンガラジャ公立第三高等学校10年生1組の30名である。本研究は、二周期に渡る教室実践活動調査である。データの収集は観察、テスト、アンケートで行い、それを定性的定量的記述法により分析した。研究の結果、(1) この学習法により、学習者の平仮名を理解する能力が向上した。この学習法を用いる前の予備テストの標準値を超えた割合が23,33% 、第一周期終了後と第二周期終了後は、それぞれ63,33% 、83,33%であった。(2) この学習法を使用した場合の 学習者の反応は良好であった。第一周期では36,5ポイントが良好、第二周期では41,3ポイントがたいへん良好の範疇であった。以上のことから、この絵カード教材を使用するQuantum Teaching 学習法は、学習者の平仮名を理解する能力を高めるために有効であり、学習者から興味を引き出すものであると言える。
keyword : Quantum Teaching 学習法、絵カード教材、平仮名を理解する能力
Published
2016-08-03
Issue
Section
Articles