Penerapan Metode Bermain Peran pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Fabel di Kelas VII 4 SMP Negeri 2 Singaraja

Authors

  • LUH PANDE AYU S .
  • Prof. Dr. I Made Sutama, M.Pd. .
  • Drs. Gede Gunatama, M.Hum. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v7i2.15103

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pembelajaran teks fabel siswa kelas VII 4 SMP Negeri 2 Singaraja dengan penerapan metode bermain peran yang meliputi aspek penerapan, respons, dan kendala-kendala yang dihadapi oleh guru bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Singaraja. Rancangan penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia dan siswa kelas VII 4 SMP Negeri 2 Singaraja. Objek penelitian ini adalah penerapan , respons, dan kendala-kendala penerapan metode bermain peran dalam pembelajaran teks fabel. Data yang diperoleh dikumpulkan dengan beberapa metode yakni: (1) metode observasi untuk mengamati proses pembelajaran berdasarkan aktivitas guru dan siswa selama belajar dengan metode bermain peran, (2) metode dokumentasi untuk mengumpulkan data berkaitan dengan keterampilan siswa memerankan teks fabel berdasarkan metode bermain peran, (3) metode wawancara untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru saat pembelajaran teks fabel siswa kelas VII 4 SMP Negeri 2 Singaraja dengan penerapan metode bermain peran,dan (4) metode kuisioner untuk mengetahui respons siswa dalam menggunakan metode bermain peran. Data observasi dan wawancara dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif,sedangkan data hasil angket kuisioner dengan teknik deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) penerapan metode bermain peran pada pembelajaran bahasa indonesia materi fabel kelas VII 4 SMP Negeri 2 Singaraja berlangsung dengan baik, (2) respons siswa terhadap penerapan metode bermain peran di kelas VII 4 SMP Negeri 2 Singaraja sangat positif (27,73) dan, (3) kendala-kendala guru dalam penerapan metode bermain peran pada pembelajaran bahasa indonesia kelas VII 4 SMP Negeri 2 Singaraja ialah yang pertama kurangnya kesiapan siswa kurang, pembelajaran yang membosankan, kurangnya motivasi guru terhadap siswa.
Kata Kunci : bermain peran, pembelajaran, teks fabel

This research has purpose to investigate the fable text of the fourth grade students at SMP Negeri 2 Singaraja in applying the role play method which consists of some aspects such as the application, responses, and some problems which are faced by the Indonesian teacher at SMP Negeri 2 Singaraja. The research designs are descriptive-qualitative and quantitative. The subjects of the study are the Indonesian teacher and the fourth grade students at SMP Negeri 2 Singaraja. The objects of the study are the application, responses, and some problems in applying the role play in the fable text material. The data which are got were collected in some methods, such as: (1) observation method to observe the learning process based on the teacher activity and the students during the learning in the role play, (2) the documentation method to collect the data which are related to the students’ skill in playing the fable text based on the role play method, (3) the interview method to know some problems which are faced by the teacher in teaching the fable text of the fourth grade students at SMP Negeri 2 Singaraja in applying the role play method, and (4) the questionnaire method to know the responses of the students in using the role play method. The observation data and interview are analyzed in the descriptive-qualitative technique, while the result of the quetionnaire is analyzed in the descriptive-quantitative technique. Based on the data analysis, it was found that (1) in applying the role play method of the fable text in the Indonesian subject, it can be done well, (2) the responses of the students in applying the role play method of the fourth grade students at SMP Negeri 2 Singaraja is very positive (27,73), and (3) the problems of the teacher in applying the role play method in Indonesian subject at the fourth grade students at SMP Negeri 2 Singaraja are, the first is the low of readiness of the students, the second is the learning which is boring, and the last is the low motivation of the teacher to the students.
keyword : role play, learning, the fable text

Published

2018-07-26

Issue

Section

Articles