PEMANFAATAN E-LEARNING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpbs.v9i1.20300Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan e-learning pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 3 Singaraja. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia kelas XI dan siswa kelas XI IBB 2 sedangkan objek penelitian ini adalah pemanfaatan e-learning. Data pemanfaatan e-learning pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 3 Singaraja dilihat dari aplikasi yang digunakan, penerapan e-learning dalam pembelajaran dan manfaat e-learning bagi guru. Data dikumpulkan dengan metode observasi, dokumentasi, wawancara dan angket. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian, yaitu pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 3 Singaraja menerapkan e-learning jenis blended learning dengan memanfaatkan aplikasi schoology, dan manfaat e-learning bagi guru, yaitu e-learning berfungsi sebagai supplement, e-learning berfungsi sebagai complement, e-learning dapat melengkapi pembelajaran konvensional, e-learning merupakan cara belajar yang sehat, e-learning dapat melatih kemandirian belajar peserta didik, dan e-learning menjadi sumber informasi belajar bagi peserta didik.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)