PENGGUNAAN MEDIA VIDEO “FLORA DAN FAUNA” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA SISWA KELAS X BOGA A SMK MARSUDIRINI NEGARA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpbs.v9i1.20315Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengetahui (1) langkah-langkah penggunaan media video “Flora dan Fauna” untuk meningkatkan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi, (2) hasil penggunaan media video “Flora dan Fauna” untuk meningkatkan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi, (3) respons siswa terhadap penggunaan media video “Flora dan Fauna” untuk meningkatkan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia dan siswa kelas X Boga A SMK Marsudirini Negara. Objek penelitian ini, yaitu (1) langkah-langkah penggunaan media video “Flora dan Fauna”, (2) kemampuan hasil belajar siswa dalam menulis teks laporan hasil observassi, dan (3) respons siswa terhadap pengunaan media video “Flora dan Fauna”. Pengumpulan data penelitian ini menggunanakan metode (1) observasi, (2) tes, (3) angket, dan (4) wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif-kualitatif dan deskriptif-kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) terdapat tiga langkah tindakan dalam peningkatan pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi pada siklus II yaitu ejaan, kalimat, dan contoh, (2) kemampuan siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi meningkat dengan perolehan skor prasiklus yaitu 68,88 (kurang), menjadi 75,73 (cukup) pada siklus I dan menjadi 80,11 (baik) pada siklus II, dan (3) siswa memberikan respons positif terhadap penggunaan media video “Flora dan Fauna” untuk meningkatkan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa dengan skor rata-rata respons siswa 41,47 (positif) pada siklus I menjadi 44,85 (positif) pada siklus II.Downloads
Published
2019-09-05
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)