PENERAPAN MEDIA VIDEO BREAKING NEWS DI TELEVISI GUNA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VIII SMP MUTIARA SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpbs.v9i2.20484Abstract
Penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMP Mutiara Singaraja ini bertujuan mengetahui (1) langkah-langkah pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan menggunakan video breaking news pada siswa kelas VIII SMP Mutiara Singaraja, (2) hasil peningkatan kemampuan siswa menulis teks eksplanasi melalui video breaking news pada siswa kelas VIII SMP Mutiara Singaraja, dan (3) respons siswa terhadap penerapan media video breaking news dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi di kelas VIII SMP Mutiara Singaraja. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru bahasa Indonesia kelas VIII SMP Mutiara Singaraja. Objek penelitian ini adalah proses pembelajaran serta peningkatan kemampuan menulis teks eksplanasi melalui media video breaking news, dan respons siswa. Data dikumpulkan dengan metode observasi, tes, dan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) proses pembelajaran terdiri dari beberapa langkah dan berjalan dengan baik sekaligus siswa aktif dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, (2) tercapainya ketuntasan hasil belajar menulis teks eksplanasi siswa, yakni pada siklus I memperoleh skor rata-rata 74,5%, sedangkan pada siklus II nilai ratarata siswa meningkat menjadi 82,6%, dan (3) respons siswa pada siklus I dan siklus II tergolong positif terhadap penggunaan media video breaking news untuk meningkatkan kemampuan dalam menulis teks eksplanasi. Rata-rata perolehan respons pada siklus I sebesar 41,46 dan pada siklus II sebesar 42,07. Dapat disimpulkan bahwa penerapan media video breaking news di televisi dapat meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VIII SMP Mutiara Singaraja. Kata Kunci: video breaking news, menulis, teks eksplanasi.Downloads
Published
2019-09-05
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)