INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 2 SAWAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpbs.v9i1.20754Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan integrasi pendidikan karakter pada pembelajaran bahasa Indonesia yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi,dan respons siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif . Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sawan. Objek penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan respons siswa terhadap pengintegrasian pendidikan karakter pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Sawan. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui metode wawancara, dokumentasi, observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan pendidikan karakter diintegrasikan pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Sawan, baik dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Pada tahap perencanaan pembelajaran, guru mencantumkan nilai-nilai karakter yang akan diintegrasikan dalam pembelajaran pada RPP dalam sub komponen kompetensi inti dan penilaian sikap.Pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Sawan secara keseluruhan sudah mengintegrasikan nilai-nilai karakter. nilai-nilai karakter dintegrasikan pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Sawan melalui penilaian sikap. Evaluasi dilakukan melalui tes lisan dan pengamatan. Respons siswa terhadap pengintegrasian pendidikan karakter pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Sawan yaitu tergolong sangat positif (38, 40%), positif (26,86%), cukup positif (22,38%), kurang positif (5, 97%) dan sangat kurang positif (5,97%). Hasil penelitian ini mengimplikasikan pada tahap perncanaan, guru harus memahami hakikat pendidikan karakter sehingga sub komponen pada RPP dapat diintegrasikan dengan baik dengan pendidikan karakter.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)