EFEKTIVITAS KALIMAT TEKS BERITA DALAM SIARAN RRI SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpbs.v10i1.24551Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) tingkat efektivitas kalimat teks berita dalam siaran RRI Singaraja, dan (2) bentuk ketidakefektifan kalimat teks berita yang terdapat dalam siaran RRI Singaraja. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan subjek penelitian adalah kalimat teks berita. Objek penelitian ini adalah efektivitas dan bentuk ketidakefektifan kalimat yang terdapat pada teks berita. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan. Dari data penelitian dengan menganalisis 10 teks berita, hasil yang diperoleh terkait Tingkat efektivitas dari keseluruhan teks berita yang dianalisis memperoleh hasil 69% yang tergolong cukup efektif. Selanjutnya, dari hasil analisis teks berita, ditemukan bentuk ketidakefektifan kalimat teks berita yang terdapat dalam siaran RRI Singaraja yang dominan disebabkan oleh kesalahan ketidaktepatan makna kata, pleonasme, dan penggunaan bahasa asing. Hasil penelitian ini dapat memberikan dampak yang baik dalam mengatasi bentuk-bentuk ketidakefektifan kalimat yang terdapat dalam teks beritaDownloads
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)