RELEVANSI CAPTION ENDORSEMENT SELEBGRAM SEBAGAI BAHAN AJAR DALAM PEMBELAJARAN TEKS IKLAN DI SMP
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpbs.v12i2.36120Keywords:
Caption Endorsement Selebgram, Bahan Ajar, Teks IklanAbstract
Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan relevansi caption endorsement selebgram sebagai bahan ajar pada materi teks iklan di SMP. Subjek penelitian ini adalah caption endorsement selebgram Fadil Jaidi, Rachel Vennya dan Hanna Maria Winanta. Sedangkan objeknya adalah relevansi caption endorsement selebgram sebagai bahan ajar teks iklan di SMP. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa caption endorsement selebgram memiliki relevansi dengan bahan ajar pada materi teks iklan di SMP kelas VIII. Hal ini dibuktikan oleh keterkaitan caption endorsement selebgram dengan kompetensi dasar pembelajaran teks iklan kelas VIII. Selain itu, keterkaitan dibuktikan dari aspek materi pembelajaran teks iklan, terutama tentang struktur dan kebahasaan.
References
Adam, M. A., & Hussain, N. (2017). Impact of Celebrity Endorsement on Consumers Buying Behavior. British Journal of Marketing Studies, 5(3), 79–121.
Afandi, Jimmy Prawira Samudra, Sherley, Veren, & Wisely Liang. (2021). Pengaruh Endorsement Influencer Instagram terhadap Keputusan Pembelian pada Generasi Z. Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial, 5(1), 15-28. DOI: http://dx.doi.org/10.30829/komunikologi.v5i1.9272
Aldajani, M. M., Al, M. M., & Mbbs, D. (2019). Impact of Celebrity Endorsement on Consumer Buying Behavior in Saudi Society . A Cross- Sectional Study from Jeddah. KSA, 7(2), 39–44. https://doi.org/10.15640/jmm.v7n2a5
Ayuningtyas, Felicia Neva. (2021). Strategi Promosi Endorsement oleh Digital Influencer dalam Etika Bisnis Islam. Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam, 4(3), 160-173 DOI: https://doi.org/10.26740/jekobi.v4n3.p160-173
Barita, Toras. (2015). Pengembangan Modul Berbasis Pendekatan Konstektual pada Materi Menulis Iklan di Kelas VIII SMP 2 Padangsidimpuan Sumatera Utara. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran, 3(1), 27–35. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bsp/article/view/4908
Budiman, R., & Erdiansyah, R. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser, Kualitas Pesan Iklan, Kreativitas Iklan terhadap Efektivitas Iklan Gojek Cerdikiawan. Prologia, 5(1), 88. https://doi.org/10.24912/pr.v5i1.8140
Cangara, Hafied. (2010). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Effendy, Onong Uchjana. (2018). Dinamika Komunikasi (6 ed.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Febriani, Nadia. (2021). Efektivitas Strategi Komunikasi Pemasaran Celebrity Endorsement di Instagram Terhadap Generasi Z. Jurnal Manajeman Komunikasi, 5(2), 238-258.
Hardilawati, Wan Laura. (2019). Endorsement Media Pemasaran Masa Kini. Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam, 7(1), 88–98. http://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/jim/article/view/920
Imamah, Nur Aini Azmi, Gede Artawan, & Ni Made Rai Wisudariani. (2019). Analisis Kualitas Buku Teks Cerdas Berbahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas XI Terbitan Erlangga. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha. 9(1), 1-12. DOI:https://doi.org/10.23887/jjpbs.v9i1.20256
Kosasih. (2017). Buku Teks Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kemendikbud.
Mappiara, Zahra Atika dan Munirah, & Muh. Arif. (2020). Analisis Bahan Ajar dalam Buku Teks Siswa Madrasah Tsanawiyah Kelas VII (Ditinjau dari Segi Isi dan Pengembangan Kognitif Anak). Jurnal Pendais, 2(1), 1-13.
Maulina, Fatia, dkk. (2018). Penggunaan Bahasa Persuasi Iklan Komersial di Televisi dan Implikasinya di SMP. Jurnal Kata, 6(1), 1–8. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/view/16398/11788
Moleong, Lexy J. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ningsih. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Majalah dengan Model Hannafin dan Peck pada Mata Pelajaran IPA di SDN 5 Kampung Baru Singaraja. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 6(2), 285–295. https://ejournal.undiksha.ac.id
Nurjaya, Gede. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Metode Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Untuk Meningkatkan Pemahaman dan Kemampuan Aplikatif Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(2), 102–111. https://ejournal.undiksha.ac.id
Omorodion, O., & Osifo, S. J. (2019). Celebrity Endorsement and Consumer Purchasing Behavior among Students of the University of Benin : A Case Study of the Nigerian Telecommunication Industry. Amity Journal of Marketing, 4(1), 18–32.
Pratama Aurellia Dewi Anggita & Leonard Adrie Manafe. (2021). Endorsement Sebagai Strategi Pemasaran Ditinjau dari Etika Bisnis pada PT Murbey Pasti Sukses. Jurnal Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen dan Kewirausahaan, 2(2), 293-301.
Putri, Gayatri Hutami dan Bhina Patria. (2018). Pengaruh Endorsement Selebriti Instagram terhadap Minat Beli Remaja Putri. Gajah Mada Journal of Profesional Psychology, 4(1), 33–41. https://jurnal.ugm.ac.id
Rahmawati, M., & Lestari, S. P. (2021). Pengaruh Penggunaan Selebgram Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Ekonomi Perjuangan, 2(2), 138–153.
Ramadhan, A., Naswandi, C. N., & Herman, C. M. (2020). Fenomena Endorsement di Instagram Story pada Kalangan Selebgram. Jurnal Kareba, 9(2), 102-104.
Rastika, I. (2017). Menguak Layar Bisnis Selebgram. Kompas. https://vik.kompas.com/selebgram/
Ridha, A., Perdana, A. H., & As’ad, A. (2018). Celebrity Endorser Pada Jejaring Sosialinstagram untuk Menarik Minat Pembelian Calon Konsumen. Jurnal Economic Resource, 1(1), 86–96. https://doi.org/10.33096/jer.v1i1.61
Sakinah. (2018). Meraih Popularitas Melalui Dunia Maya. Jurnal Etnografi Indonesia, 3(1), 48–71.
Sari Indah, & Fatehatun Nikmah. (2018). Kelayakan Isi Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas X Edisi Revisi 2016 Ditinjau dari Implikasi Pendekatan Saintifik pada Kurikulum 2013 Revisi. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 2(1),24-31. DOI: https://doi.org/10.20961/jdc.v2i1.21968.
Schouten, A. P., Janssen, L., & Verspaget, M. (2020). Celebrity vs . Influencer Endorsements in Advertising : The Role of Identification, Credibility, and Product-Endorser Fit. International Journal of Advertising, 39(2), 258–281. https://doi.org/10.1080/02650487.2019.1634898
Silva, Marianny Jessica de Brito, Salomão Alencar de Farias, Michelle Kovacs Grigg, & Maria de Lourdes de Azevedo Barbosa. (2020). Online Engagement and the Role of Digital Influencers in Product Endorsement on Instagram. Journal of Relationship Marketing, 19(2):133–63. DOI: 10.1080/15332667.2019.1664872.
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)