Realisasi Pembelajaran Dalam Jaringan Pada Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Savina Rachmah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Miftakhul Huda miftakhul.huda@ums.ac.id

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i3.38003

Abstract

Pembelajaran di SMP Negeri 1 Pace, masih jauh dari harapan. Banyak siswa yang kurang disiplin mengumpulkan tugas-tugas Bahasa Indonesia seperti yang diamanatkan pada pembelajaran daring pada saat pendemi ini. Tujuan penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan realisasi dan efektivitas pembelajaran daring pada materi sastra di SMP Negeri 1 Pace. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia dan siswa. Data dikumpulkan dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan realisasi pembelajaran daring di SMP Negeri 1 Pace menggunakan 4 aplikasi, antara lain:  whatsappyoutube, Si Prestasi, dan AZ Screen recorder, dengan media utama yang digunakan para guru berupa media power point. Efektivitas pelaksanaannya ditunjukkan dengan tingkat keberhasilan pelaksanaan pembelajaran daring di sekolah. Efektivitas evaluasi pelaksanaan pembelajaran daring ditunjukkan berdasarkan tingkat keberhasilan evaluasi pembuatan persiapan pelaksanaan pembelajaran daring, evaluasi pelaksanaan pembelajaran daring, dan evaluasi penilaian pembelajaran daring. Sesuai hasil penelitian, efektivitas evaluasi pelaksanaan pembelajaran daring telah mencapai 83,3% dengan kategori baik (B).

Kata Kunci: Daring; Pembelajaran; Sastra.

Downloads

Published

2021-09-30

Issue

Section

Articles