Analisis Kesalahan Bahasa Iklan di Kota Jakarta Utara dan Relevansinya Sebagai Bahan Ajar SMP
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i3.38504Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, (1) kesalahan berbahasa dalam teks iklan yang terdapat di Kota Jakarta Utara, (2) terdapat urutan kata atau frasa pada setiap data teks iklan dan menyatakan maknanya, (3) terdapat urutan kalimat untuk mengetahui fungsi SPOK , (4) unsur fungsi dari bahasa yang ditemukan dari analisis kesalahan berbahasa. Objek penelitian adalah kesalahan berbahasa dengan menemukan frasa, klausa, dan fungsi bahasa pada teks iklan di Kota Jakarta Utara. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode dokumentasi dan simak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) analisis temuan kesalahan berbahasa teks iklan produk dan jasa di Kota Jakarta Utara yang menghasilkan laras bahasa terdapat 10 data dokumentasi, dan 1 laras bahasa perniagaan, (2) frasa yang ditemukan terdapat 10 pada analisis kesalahan berbahasa, ditemukan terdapat 6 klausa dan 4 fungsi direktif, 8 fungsi informatif, 4 fungsi interaksional, 1 fungsi puitik.Kata Kunci: Analisis Kesalahan Bahasa; Bahan Ajar; Teks Iklan
Downloads
Published
2021-09-30
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)