PERAN GURU SEBAGAI FASILITATOR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMK NEGERI 1 SINGARAJA PADA MASA PANDEMI COVID 19
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbsi.v12i3.39957Keywords:
guru sebagai fasilitator, pembelajaran bahasa indonesia, pandemi covid 19Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMK Negeri 1 Singaraja pada masa pandemi Covid 19. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah dua guru di SMK Negeri 1 Singaraja, yakni Ketut Suartini, S.Pd. dan Ni Nyoman Murtini, M.Pd. Objek penelitian ini adalah peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran dan faktor yang menghambat peran guru sebagai fasilitator. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi. Metode observasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMK Negeri 1 Singaraja pada masa pandemi Covid 19. Instrumen data dalam penelitian ini menggunakan pedoman observasi. Tahapan analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMK Negeri 1 Singaraja pada masa pandemi Covid 19 sudah terlaksana, tetapi masih ada peran yang belum terlaksana dengan baik yakni bersikap sabar yang tergolong dalam peran kompetensi personal guru.
References
Arifin, Muhamad dan Khoirudin Asfani. 2014. Instrumen Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan Pengembangan. Universitas Negeri Malang. https://www.academia.edu/35055944/INSTRUMEN_PENELITIAN_KUALITATIF_KUANTITATIF_DAN_PENGEMBANGAN_pdf.
Darmadi, Hamid. 2014. Metode Penelitian dan Sosial/Teori Konsep Dasar dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Darmika. 2017. Penggunaan E-Learning dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri Bali Mandara. Universitas Pendidikan Ganesha. https://ejournal.undiksha.ac.id
Esi. 2017. Peranan Guru sebagai Fasilitator dan Motivator dalam Meningkatkan Hasil Belajar di Kelas XI SMK. Universitas Tanjungpura. https://jurnal.untan.ac.id
Gunawan, Imam. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5670/6/BAB%20III.pdf
Handarini, Oktafia Ika &. Siti Sri Wulandari. 2020. “Pembelajaran Daring sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19.”Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 8(3):496–503. doi: 10.2670.
Nurhidayah, Ita. 2020. Peran Guru sebagai Fasilitator Pembelajaran Daring pada MTs di Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang Tahun 2020. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Institut Agama Islam Negeri Salatiga
Rijali, Ahmad. 2018. Analisis Data Kualitatif. UIN Antasari Banjarmasin. https://jurnal.uin-antasari.ac.id
Samsudin. 2021. Peran Guru Profesional sebagai Fasilitator dan Komunikator dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Universitas Ibrahimy Situbondo. https://journal.ibrahimy.ac.id
Sindhunata. 2001. Pendidikan Kegelisahan Sepanjang Zaman. Yogyakarta: Kanisius
Wendra, I Wayan. 2019. Penulisan Karya Ilmiah (Penulisan Proposal Penelitian, Skripsi, dan Artikel). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha
Yusuf, Muri. 2016. Metode Penelitian (Kualitatif, Kuantitatif & Penelitian Gabungan). Jakarta: Prenada Media Group
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)