PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAKU DAN NONBAKU DI KELAS X IPA 3 MAN KARANGASEM
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbsi.v12i3.40021Keywords:
bahasa indonesia baku dan non baku, media pembelajaran , tiktokAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia baku dan nonbaku pada siswa kelas X IPA 3 MAN Karangasem, serta mengetahui respons siswa kelas X IPA 3 MAN Karangasem terhadap penggunaan TikTok sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia baku dan nonbaku. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X IPA 3 MAN Karangasem. Objek penelitian yang digunakan adalah penggunaan aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia baku dan nonbaku. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui metode obsevasi, wawancara, kuesioner/angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, aplikasi TikTok dapat dikategorikan dapat membuat siswa menjadi lebih cepat dan lebih mudah memahami pembelajaran Bahasa Indonesia baku dan nonbaku dan dari respons siswa menunjukkan 88,9% siswa merespons positif yaitu siswa merasa senang terhadap penggunaan aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia baku dan nonbaku.
References
Aji, W. N. 2020. “Apliaksi Tik Tok sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Bersastra”. Jurnal Metavora.Vol.VINo.2
Chaer, Abdul. 2006. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Handayani. 2016. Media Pembelajaran Menulis Berita pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Gerokgak. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.
Haryoko, Sapto. 2009. “Efektivitas Pemanfaatan Media Audio-Visual sebagai Alernatif Optimalisasi Model Pembelajaran”. Jurnal Edukasi Elektro. Vol.5 No.1.
Ismaniati, Christina. 2012. “Pengembangan dan Pemanfataan Media Video Instruksional untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran”. Jurmal Majalah Ilmiah Pembelajaran Edisi Terbaru 2021.
Koyan, I Wayan. (2009). Statistik Dasar dan Lanjut (Teknik Analisis Data Kuantitatif). Singaraja: Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Program Pasca Sarjana Undiksha Singaraja.
Mana, Lira Hayu A. 2021. “Respons Siswa terhadap Aplikasi TikTok sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia”. Jurnal Inovasi dan Riset Akademik. Vol.2 No.4 .
Narbuko, dan Achmadi. 2005. Metodelogi Penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Pranoto, Suhartono W. 2010. Teori dan Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Susanti, Eka D.2019. Project Based Learning: Pemanfaatan Vlog dalam Pembelajaran Sejarah untuk Generasi Pro Gadget. Jurnal Sejarah dan Pengajarannya. Vol.13 (1)
Jatmika, Herka M. 2017. “Pemanfaatan Media Fisual dalam menunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. Vol.3 No.1
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)