IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM GAMES TOURNAMENT PADA MATERI TEKS PROSEDUR DI KELAS X SMAN 6 TANGERANG SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpbs.v12i2.42777Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari implikasi model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) pada materi Teks Prosedur. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian survei. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1, SMA Negeri 6 Tangerang Selatan. Hal yang menjadi fokus penelitian ini, yaitu keberhasilan dari penerapan model pembelajaran TGT dalam materi Teks Prosedur, meliputi tahap presentasi, tim, games, tournament, dan rekognisi tim yang diteliti melalui data kualitatif dan kuantitatif dari kuesioner yang diberikan. Hasil penelitian terkait Implikasi model pembelajaran TGT dalam materi Teks Prosedur terbukti cukup baik dengan adanya total skor yang dapat dilihat dari skala likert. Penerapan model pembelajaran ini cukup diminati oleh siswa, namun terdapat permasalahan yang ditemukan dalam penerapan pembelajaran ini, seperti kurangnya perhatian pendidik, kurangnya sumber belajar, dan kurangnya sikap baik dalam mengoordinasikan sebuah kelompok. Solusi yang dapat Peneliti berikan terhadap masalah yang ditemukan, yakni Pendidik harus lebih matang dalam menyiapkan model pembelajaran ini. Selain itu, diperlukan hubungan yang baik dengan peserta didik agar mereka dapat belajar aktif dalam memberikan gagasan serta dapat bekerja sama dengan teman kelompok lainnya, sehingga tujuan dari pembelajaran akan tercapai.
References
Amni, Z., Ningrat, Hadi Kusuma, & Raehanah. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Destinasi Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia,15(2), 2840-2848. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/25716/11835
Budiana, Moh. Erwin. (2021). Komparasi Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Game Tournament) dengan NHT (Number Head Together) terhadap Prestasi Belajar Matematika Pokok Bahasan Bilangan Pecahan pada Siswa Kelas IV SDN Sadah Kabupaten Lombok Tengah NTB. Jurnal Ilmiah Global Education, 1(1), 87-90. DOI: https://doi.org/10.55681/jige.v1i1.112
Dakhliah, Siti. (2019). Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Parepare. Jurnal Pendidikan BUM. 3(1), 767-782. https://jurnalpendidikanbum.com/index.php/jpbum/article/download/82/80
Febriyani, R. & Radhiatum, M. (2021). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah dengan Menggunakna Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament dan Tipe Student Teams Achievement Division. Jurnal Iqtirahaat, 5(1), 58-66. https://jurnal.staijm.ac.id/ojs/index.php/iqtirahaat/article/view/29/9
Hikmah, Msy, Yenny A. & Riyanto. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Dunia Hewan Kelas X SMA Unggul Negeri 8 Palembang. Jurnal Pembelajaran Biologi, 5(1), 46-56. DOI: https://doi.org/10.36706/fpbio.v5i1.7049
Inayati, I.& Sufathan, M. (2022). Implementasi Metode Team Games Tournament dengan Media Magnetic Board untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik MI pada Materi Zat Tunggal dan Zat Campuran. Jurnal Al-Adawat: Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah,1(1), 50-61. http://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/aldawat/article/view/2247
Kusumaningrum, P.C.A., Desak, P.P. & Wibawa, I.M.C. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V Gugus XV Kecamatan Buleleng Tahun Ajaran 2013/ 2014. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 2(1), 1-10. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.4532 .
Mahardi, I P.Y. S, Murda, I.N.& Astawan, I.G. (2019). Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbasis Kearifan Lokal Trikaya Parisudha Terhadap Pendidikan Karakter Gotong Royong dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(2), 98-107. DOI: https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20821
Margono, S. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Merti, Ni Made. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dengan Media Audio Visual Guna Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal of Education Action Research, 4(3), 315-321. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v4i3.27252
Muhammad Amin, Rahim, A. R., & Akhir, M. (2021). Keefektifan Media Video Tutorial Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VI SDN 143 Inpres Leko. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 1(2), 71-81. DOI: https://doi.org/10.51574/jrip.v1i2.31
Nitbani, Semuel. (2020). Perspektif Teori Kognitif Sosial dalam Pengembangan Pembelajaran dengan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT). Jurnal Lazuardi, 3(1), 328-343. https://ejurnalpendidikanbahasaundana.com/index.php/lazuardijournal/article/view/24
Octavia, Shilphy A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Primitta, Anggia. (2021). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Menggunakan Model Kooperatif Snowball Throwing dan Teams Games Tournament. Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 34-41. https://drive.google.com/file/d/1m7juQcH0GtdxvP6SWQm_pCQ7LTj1ncYa/view
Putra, I.G.N.P.A. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Game Tournament) dalam Pembelajaran Menulis dan Mengetik Aksara Bali pada Siswa Sekolah Menengah Atas/Kejuruan. Dharma Sastra: Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Daerah, 1(1), 55-65. DOI: https://doi.org/10.25078/ds.v1i1.501
Rahmat, F.L. A,.Suwatno, & Rasto. (2018). Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Teams Games Tournament. Sosio Didaktika: Social Science Education Journal, 5(1), 15-23. DOI: 10.15408/sd.v1i1.9518.
Ramli, M. (2015). Hakikat Pendidik dan Peserta Didik. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 5(1), 61-85. https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/tiftk/article/view/1825/1400
Riski, D. N. & Abdul Rachman. (2013). Penerapan.. Model.. Pembelajaran... Kooperatif ...Tipe.. (Team.. Games.. .Tournament) ..TGT ..Terhadap ..Motivasi.. Siswa ..Mengikuti.. Pembelajaran ..Bola ..Voli.. di ..Kelas.. X.. SMAN.. I.. Panggul ..Kabupaten.. Trenggalek..Jurnal.. Pendidikan. .Olahraga ..dan ..Kesehatan, 1(1), 161-165. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/2820 .
Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Rusnadi,N.M., Desak P.P., Arini, N.W. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 1(1), 1-10. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.897
Rusnelli. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Melalui Pembelajaran Model Pemisah (Withdrawal) pada Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kongbeng Tahun Pelajaran 2019/2020. Paedagogy, Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi, 1(1), 70-78. DOI: https://doi.org/10.51878/paedagogy.v1i1.340
Soleh, Dariyo. (2021). The Use of Project Based Learning Models through Google Classroom in Learning Writing Procedure Texts. Ide Guru, Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(2), 137-148. DOI: https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i2.239
Sukmadinata, Nana. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Supatminingsih, Tutik. (2020). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Media Sains Indonesia.
Sutrisna, S. (2022). Implementation of the Everyone is a Teacher Here Method to Improve Activeness and Learning Outcomes of Sociology Social Inequality Competence. Ide Guru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(2), 197-205. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i2.354
Suyanti, N.K. & Putri, N.W.S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Team Games Tourament (TGT) Berbantuan Microsoft Math terhadap Hasil Belajar AlJabar Linier Ditinjau dari Kemampuan Numerik di STIMIK Stikom Indonesia. Jurnal IKA, 15(2), 224-243. DOI: https://doi.org/10.23887/ika.v15i2.20197
Suyati. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Menggunakan Model Pembelajaran Resiprokal pada Mata Pelajaran B. Indonesia Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Rambutan Banyuasin. Pembahsi: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1), 58-65. DOI:10.31851/pembahsi.v9i1.4246
Triowathi, N. & Wijayanti, A. (2018). Implementasi.. Team.. Games.. Tournament.. (TGT).. dalam. Meningkatkan.. Kerjasama.. dan ..Hasil.. Belajar. IPA. .Jurnal ..Pijar ..Mipa, 13(2), 110-118. DOI: 10.29303/jpm.v13i2.752
Triyono, Urip. (2018). Bunga Rampai Pendidikan (Formal, Non Formal, dan Informal). Sleman: Deepublish.
Wajdi, M., Akib, T., Natsir, M., Hasan, E., & Abidin, A. (2021). Hubungan Antara Kecakapan Literasi Digital dengan Kreativitas Mengajar Guru dalam Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 1(3), 214-222. DOI: https://doi.org/10.51574/jrip.v1i3.259
Widhiastuti, R. & Fachrurrozie. (2014).. Teams ..Games ..Tournament. (TGT) ..sebagai ..Metode.. ..untuk.. Meningkatkan ..Keaktifan ..dan.. ..Kemampuan ..Belajar.. Jurnal ..Pendidikan.. ..Ekonomi ..Dinamika ..Pendidikan, 9(1), 48-56. DOI: https://doi.org/10.15294/dp.v9i1.3355
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Elis Susilawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)