Pengaruh Novel Katarsis Karya Anastasia Aemilia Terhadap Psikologis Pembaca
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpbs.v12i1.42975Keywords:
Novel Katarsis, Psikologis Pembaca, Usia 20 sampai 31 Tahun.Abstract
Karya sastra mempunyai arti sebuah hasil dari pemikiran atau ide yang dituangkan oleh seseorang melalui tahapan pembuatan karya. Novel merupakan bentuk hasil karya yang termasuk ke dalam prosa fiksi. Tujuan penelitian ini ialah (1) mengetahui pengaruh novel Katarsis terhadap psikologis pembaca usia 20 sampai 31 tahun, (2) mengetahui cara novel Katarsis memengaruhi psikologis pembaca, (3) mengetahui dampak yang ditimbulkan setelah membaca novel Katarsis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 20 orang pembaca novel Katarsis berusia 20 sampai 31 tahun. Pengaruh novel Katarsis terhadap psikologis pembaca adalah cemas berlebihan. Mayoritas pembaca memilih tingkah laku tokoh sebagai cara novel Katarsis memengaruhi psikologis pembaca. Sebanyak 80% pembaca memilih tidak ada dampak yang ditimbulkan setelah membaca novel Katarsis. Sebanyak 5% pembaca memilih dampak yang ditimbulkan ialah rasa ingin melukai diri sendiri (self injury), dan sebanyak 5% pembaca memilih dampak yang ditimbulkan ialah ingatan atau perasaan untuk membalas dendam.
References
Abadi, M., & Wijayanti J. (2019). Dampak Psikologi Novel Sang Alkemis Karya Paulo Coelho terhadap Pembaca. Asas: Jurnal Sastra, 8(2), 77-88.
Aemilia, A. (2013). Katarsis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Corey, G. (2019). Teori dan Praktek Konseling&Psikoterapi (Terjemahan: E. Koswara). Bandung: PT Refika Aditama.
Damayanti, D. T. & Darni. (2022). Rasa Bingungnya Tokoh Sunarsih Dalam Novel Thathit Bebuntut Udan Karya Tulus Setiyadi (Kajian Psikoanalisis Sigmund Freud). Jurnal Baradha: Jurnal Pengembangan Bahasa Sastra dan Budaya Jawa, 21(1), 1-20.
Dewi W. S. A. (2015). Analisis Psikologi Sastra Novel Katarsis Karya Anastasia Aemilia. Humanis, 10(3), 1—2. https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/1218
Endraswara, S. (2008). Metode Penelitian Psikologi Sastra. Yogyakarta: MedPress.
Kartika H.S., Apri, & Edy S. (2018). Kajian Kesusastraan (Sebuah Pengantar). Magetan: CV. AE Media Grafika.
Husaini, U. & Purnomo, S. A. (2008). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.
Izaty, F. (2019). Analisis Perilaku Tokoh Utama Dalam Novel Katarsis Karya Anastasia Aemilia Kajian Psikologi Sastra. Jurnal Senasbasa, 3(2), 364. https://doi.org/10.22219/.v3i2.3188
Jannah, M., Yacob, F., & Julianto. (2017). Rentang Kehidupan Manusia (Life Span Development) dalam Islam. International Journal of Child and Gender Studies, 3(1), 108. http://dx.doi.org/10.22373/equality.v3i1.1952
Junus, U. (1985). Resepsi Sastra Sebuah Pengantar. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kosasih, E.. (2012). Dasar-Dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Penerbit Yrama Widya.
Kusumadewi, A. F., Yoga, B. H., Sumarni, S., & Ismanto, S. H. (2020). Self-Harm Inventory (SHI) Versi Indonesia Sebagai Instrumen Deteksi Dini Perilaku Self-Harm. Jurnal Psikiatri Surabaya, 8(1), 21. https://doi.org/10.20473/jps.v8i1.15009
Minderop, A. (2010). Psikologi Sastra: Karya Sastra, Metode, Teori, dan Contoh Kasus. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Minderop, A. (2016). Psikologi Sastra. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Moleong, L.J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis TI. Pendidikan Akuntansi Indonesia, VIII(2), 1. https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949
Nopriani, H., & Distiyana. (2020). Poligami dan Perubahan Psikologi Tokoh Utama dalam Novel “Cinta di Tanah Haram” Karya Nucke Rahma. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 23-34.
Nurgiyantoro, B. (2019). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Yogyakarta University Press.
Purwiyanti, C.R. & Surana. (2021). Temperamennya Tokoh-Tokoh Dalam Novel Langit Mendhung Sajroning Pangangen Karya Tulus Setiyadi (Kajian Psikologi Kepribadian Ludwig Klages). Jurnal Baradha: Jurnal Pengembangan Bahasa Sastra dan Budaya Jawa, 20(4), 1-21.
Rahman, F. (2021). Psikologi Tokoh dalam Novel Pulang Karya Leila S. Chudori (Kajian Psikoanalisis Sigmund Freud). Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 176-194.
Ratna, N. K. (2020). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rozali, R., Mulyono,M., & Maharani, I.A. IRP. (2019). Fenomena Perilaku Psikopat dalam Novel Katarsis Karya Anastasia Aemilia: Kajian Psikologi Sastra. Jurnal Sastra Indonesia, 7(3), 175. https://doi.org/10.15294/jsi.v7i3.29841
Saddhono, K. & St. Y. Slamet. (2014). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Safari, T. & Nofrans E. S. (2009). Manajemen Emosi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Shofiah, N. (2017). Pertimbangan Pemilihan Teks Bacaan dalam Pengajaran dan Pembelajaran Membaca. Prosiding SENASBASA Seminar Nasional Bahasa dan Sastra, 1(1), 285. https://doi.org/10.22219/.v1i1.1732
Siswanto, Wahyudi, & Roekhan. (2015). Psikologi Sastra. Malang: Media Nusa Creative.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Tarigan, H. G. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.
Tsaniyatsnaini, Z. G. (2019). Kajian Sastra Novel “Lalita” Karya Ayu Utami Melalui Pendekatan Psikologi Sastra. Disastra: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 87-93.
Ulfa, D. L. (2020). Rasa Bingunge Paraga Utama Wanita Sajrone Novel Tembang Raras Ing Tepis Ratri Anggitane Sunaryata Soemardjo (Tintingan Psikoanalisis Sigmund Freud). Jurnal Baradha: Jurnal Pengembangan Bahasa Sastra dan Budaya Jawa, 13(4).
Wahidah, F., & Sudikan, S. Y. (2021). Pola Mimpi dalam Novel The Soul Moonlight Sonata dan The Soul Fantasia Karya Wina Bojonegoro (Kajian Teori Tafsir Mimpi Sigmund Freud). Jurnal Education and Development, 9(1), 300-300.
Waluyo, H. J. (2017). Pengkajian dan Apresiasi Prosa Fiksi. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Wiyatmi. (2011). Psikologi Sastra Teori dan Aplikasi. Kanwa Publisher.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)